Banyak hal yang masih tersembunyi di balik tata surya yang di tempati manusia. Tentu kita tahu sejak lama susunan tata surya kita. Tentu kamu juga tahu bahwa beberapa tahun lalu terdapat berbagai fakta baru.

Namun, jangan terlalu yakin dulu kalau kamu sudah mengetahui semua tentang tata surya ini. Banyak fakta detil dan kecil yang tidak pernah atau tidak akan kamu dapatkan di bangku sekolah.

Nah, berikut beberapa fakta yang tersembunyi tentang tata surya kita. Bukan karena informasi tentang ini disembunyikan. Namun, karena tidak pernah ada yang menanyakannya.

Mari jelajahi tata surya!

1Planet Terpanas

theguardian.com

Kamu mungkin akan menjawab dengan cepat jika ditanya planet terpanas di tata surya kita. Kamu pasti menjawab Merkurius bukan? Well, kamu salah sekali. Planet terdekat dengan matahari tersebut bukanlah planet terpanas di tata surya.

www.businessinsider.com
www.businessinsider.com

Jawaban yang benar adalah Venus. What? Jarak Venus 30 juta mil lebih jauh dari matahari dibandingan jarak Merkurius ke matahari. Jadi bagaimana mungkin bisa seperti itu?

Sederhana. Ini tentang atmosfer. Kamu perlu tahu bahwa adanya atmosfer pada sebuah planet memungkinkan energi panas matahari ‘bertahan’ di planet tersebut. Nah, masalahnya Merkurius tidak punya atmosfer.

Sedangkan Venus punya atmosfer yang sangat tebal. Atmosfer itulah yang menjaga energi matahari tetap di dalam planet Venus. Dan membuat Venus punya suhu rata-rata 468 ⁰C.

2Jupiter Adalah Sang Pelindung

imgur.com

Selain sebagai planet terbesar, ternyata Jupiter juga melindungi seluruh planet kecil lainnya. Seperti sebuah magnet seukuran Jupiter, ia dapat menarik apapun ke planet Jupiter itu sendiri.

themonitordaily.com
themonitordaily.com

Hal ini karena gravitasi Jupiter yang sangat kuat. Pernah suatu kali ada komet yang mengarah ke bumi, komet ini ditemukan oleh Pierre-Simon Laplace. Namun, ketika melewati Jupiter, komet tersebut berubah arah.

Arah gerak komet tersebut berubah menuju Jupiter.

3Pluto

astronomynow.com

Sejak pertama kali kita mengenal tata surya dalam mata pelajaran SD. Salah satu dari kita pasti punya cita-cita untuk ke Pluto. Planet terjauh, sekaligus terkecil. Sayang sekali bahwa Pluto dianggap bukan lagi planet saat ini.

Karena luas Pluto lebih sempit dari setengah Amerita Serikat. Luasnya hanya 2253 kilometer persegi. Kecewa? Masih ingin ke Pluto?

4Massa Tata Surya

savvyspreads.com

Matahari tentu saja adalah bagian terpenting dalam tata surya ini. Namun kamu pasti akan kaget bahwa sebenarnya massa matahari sendiri adalah 99,86% massa seluruh tata surya ini.

Jadi, sekarang baru terasa bukan bagaimana pentingnya matahari?

5Terdapat Batuan dari Mars di Bumi

theverge.com

Ternyata ada batuan di Bumi yang berasal dari Mars dan bukan manusia yang membawanya ke bumi. Analisa terhadap meteorit di Antartika, gurun Sahara, dan beberapa tempat lain di Bumi menunjukkan hal yg mencengangkan.

Batu-batu tersebut berasal dari Mars. Buktinya misalnya adalah terdapat gas yang identik dengan gas pada atmosfer Mars.

6Gunung Tertinggi di Tata Surya

www.space4case.com

Kalau kamu pendaki gunung sejati, kamu mungkin tertantang untuk mendaki salah satu gunung yang ada di Mars. Gunung yang diberi nama Olympus Mons ini mempunyai jarak lintas dari satu sisi ke sisi lainnya sepanjang 600 km.

www.popsci.com
www.popsci.com

Dan tingginya? Setinggi 25 km! Sekarang kamu masih berpikir bahwa gunung Everest adalah yang paling menakjubkan?

7Bumi ada di ‘Dalam’ Matahari

commons.wikimedia.org

Kalian mungkin akan mengira bahwa atmosfer matahari yang dinamakan heliosfer sama seperti Bumi, sama jangkauannya. Sayang sekali hal itu sama sekali salah.

Heliosfer terbentang jauh sejauh 10 miliar mil. Jadi, kita sebenarnya hidup di dalam matahari.

Masih banyak lagi fakta yang tidak pernah kamu ketahui tentang tata surya ini. Kamu bisa menjelajahinya sendiri dengan mesin penjelajah, Google. Selamat menjelajah!