Presiden Joko Widodo akhirnya melantik dan mengambil sumpahnya terhadap para pengurus Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) di Istana Negara pada hari Rabu, 20 Januari 2016.

KEIN diketuai oleh ekonom yang juga Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional (MPP PAN), Sutrisno Bachir. Ialah sosok pengusaha asal Pekalongan yang menjadi tokoh nasional sebab posisinya saat ini sebagai ketua KEIN.

Back

1. Apa saja Tugas KEIN?

Sutrisno mengatakan bahwa tugas KEIN nanti akan mengawasi sektor usaha, terutama menyangkut masalah industri. Apalagi, dalam paket kebijakan ekonomi tahap pertama pada bulan September, deregulasi dilakukan oleh pemerintah.

Apakah pemerintah bisa menjalankan kebijakan yang dibuat dengan baik ataukah tidak? Pemerintah khususnya Presiden, harus bisa menemukan ada atau tidaknya hambatan-hambatan yang terjadi di lapangan.

Dengan adanya KEIN, diharapkan ada hubungan dekat antara pemerintah dan investor, sebab tidak semua investor punya kedekatan dengan pemerintah.

KEIN dikhususkan pada bidang ekonomi dan industri. Langkah ini diperlukan, karena situasi keadaan ekonomi dunia yang melambat berimbas ke Indonesia.

hariansib.co
Back