Siapa bilang syahadat tidak bisa batal? Hayoo, tidak ada yang tahu kan? atau jangan-jangan kita tanpa sadar telah jadi kafir? Kalau kita tidak hati-hati dalam berperilaku dan berkelakuan syahadat yang dulu kita ucapkan bisa batal lho.

Kalau syahadat kita batal, tentu semua amalan kita juga hangus, rugi banget kan? Secara syahadat merupakan salah satu syarat diterimanya amal kita. Maka dari itu, penting sekali kita tahu apa penyebab syahadat kita bisa batal, yuuk disimak guys.

Dalam kitab Berjudul“Al-Qaulul Mufid fi Adillati At-Tauhid karya Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab Al-Washabi, penyebab syahadat ada 10 perkara.

1Syirik

mkismangemolong.wordpress.com

Syirik merupakan dosa yang besar, dosa yang tidak diampuni oleh ALLAH Swt. Syirik itu sendiri  adalah menduakan ALLAH, mengakui adanya kekuatan, kekuasan, Tuhan selain ALLAH Swt.

Syirik dibagi menjadi 2 macam, syirik besar dan kecil. Syirik besar itu mengakui adanya Tuhan selain ALLAH, sedangkan syirik kecil itu mengakui adanya kekuatan selain dari ALLAH, contoh mengakui pohon yang punya kekuatan, batu , jimat, guna-gunaa dan sejenisnya.

Dari awal memang kita mengucap syahadat dengan yakin, tapi kalau sudah melakukan perbuatan syirik, berarti ya batal guys syahadat kita.

2Murtad

akarimomar.wordpress.com

Sudah jelas sekali, namanya murtad saja keluar dari agama islam, otomatis syahadat juga batal, semua amalan yang dilakukan selama menjadi islam akan sia-sia, tidak dihitung dan tiada gunanya.

3Tidak Mengkafirkan Orang Kafir

bintangchans.blogspot.com

Jika kita masih sedikit percaya atau masih ragu-ragu kepada kebenaran agama lain, maka bisa membatalkan syahadat lho, ALLAH dan RasulNYA saja sudah terang-terangan dengan menyebut mereka kafir.

Karena sudah jelas guys, mereka yang beragama lain menentang ALLAH, jadi jangan ragu dengan kejelasan mereka.

4Meyakini Hukum Thagut

justpaste.it

Jika kita meyakini hukum selain islam ini lebih baik, meyakini hukum selain islam lebih bagus atau meyakini hukum islam tidak bisa diterapkan ke dalam semua kehidupan baik di jaman sekarang, maka ini termasuk hal yang membatalkan syahadat.

Hukum thagut adalah hukum yang dibuat oleh manusia, dan sekarang banyak sekali yang menggunakan hukum ini. Padahal kalau di bandingkan dengan hukum ALLAH, sungguh tidak sebanding.

Hukum manusia lebih banyak merusak, hukum yang diciptakan oleh ALLAh jelas bikin sejahtera.

5Membenci Sunnah Rasul

buletin.muslim.or.id

Wah ini juga gawat guys, bagaimana mungkin kalau ngaku islam tapi benci sunnah rasul.

Sunnah rasul itu tidak ada yang menyesatkan lho, kalau ngaku islam harus cinta rasul donk, tidak bisa tidak, karena sunnah rasul itu bentuk teladan untuk perilaku orang islam sendiri.

6Mengolok-Olok Agama

marsylicious.blogspot.com

Kalau orang ngaku islam mengolok-olok agama nya sendiri, itu namanya bukan islam lagi namanya.

Orang islam wajib meyakini dan mengamalkan hukum dan agama islam. Kalau berani mengolok-olok agama islam, itu sama saja mengolok-olok ALLAH. Hayooo ? berani sama ALLAH?

7Sihir

fadhilza.com

Sudah jelas sekali, sihir merupakan kegiatan yang dibantu terang-terangan sama syetan. Berarti sudah membuat persekutuan dengan syetan, namanya syetan itu sudah dilaknat oleh ALLAH, masak mau ikut-ikutan dilaknat?

8Membantu Orang Kafir Memerangi Kaum Muslim

youtube.com

Kalau orang ngaku islam tapi malah membantu orang kafir memerangi kaum islam ini sama saja penghianat kelas kakap guys. Syahadat orang kayak begini sudah tidak berguna.

Contoh nyata dalam kehidupan kita nih, sewaktu kita milih pemimpin, tapi yang kita pilih justru orang kafir, yang sudah jelas memusuhi islam. Hayoo, hati-hati ya kalau urusan apapun dengan orang kafir, bisa batal dan tidak diakui lho syahadat dan amalan kamu.

9Meyakini Boleh Keluar dari Syariat ALLAH

news.okezone.com

Wah ini juga bisa membatalkan syahadat lho, sudah jelas syariat yang dicontohkan Rasulullah adalah syariat yang benar, kalau keluar dan membuat syariat sendiri, otomatis tidak percaya Rasulullah, batal pula syahadat kita.

Banyak di jaman sekarang, ngaku islam tapi ngaku juga sebagai utusan ALLAH alias ngaku sebagai nabi akhir jaman, parahnya ada yang ngaku sebagai malaikat jibril, haduh, capek dweh.

10Tidak Mau Mempelajari dan Mengamalkan Agama

didipsasmitoadi.blogspot.com

Hayoo, ada tidak dari kita yang masih enggan sholat, enggan puasa? atau malah maksiat? Kalau masih ada segera diperbaiki ya guys. Karena namanya syahadat bukan cuma sekedar pengakuan, tapi harus bin wajib dipelajari dan diamalkan.

Syahadat itu penggabungan antara janji dan sumpah guys, jadi bukan sembarangan mengucap 2 kalimat doang.

Yup itu tadi 10 pembatal syahadat, mari bercermin diri kita masing-masing, siapa tahu syahadat kita sudah batal, astghfirullah, semoga bermanfaat ya.