Syahadat merupakan kalimat yang sangat penting bagi umat islam, dimana syahadat ini merupakan kalimat awal yang harus dilafalkan bagi siapapun yang ingin masuk dan mengakui islam sebagai agama yang benar.

Ada kalanya syahadat bisa menjadi batal, syahadat masih setengah-setengah atau juga belum tahu bagaimana bentuk, pentingnya dan resiko syahadat.

Hal ini dikarenakan pemeluk islam kadang memang malas untuk belajar, padahal syahadat ini merupakan salah satu kunci keselamatan.

Bagi kamu, pemeluk agama islam, cek syahadat kamu dengan baca 3 hal ini dulu.

13 Poin Syahadat

mozaik.inilah.com

Syahadat terdiri dari 2 kalimat, yaitu “ASYHADU AN LAA ILAAHA ILLALLAH, WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASULULLAH.” yang artinya aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain ALLAH dan aku bersaksi bahwa nabi muhammad itu utusan ALLAH.

Kedua kalimat ini merupakan titik awal perubahan seorang yang melafalkannya, orang yang melafalkannya tidak hanya cukup mengatakan saja, tapi harus diikuti dengan kepercayaan yang tulus dari hati dan dengan dibuktikan dengan perbuatan.

Tidak bisa hanya dilafalkan saja, karena 3 itu merupakan satu bentuk kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, tidak dikurangi satu ataupun setengah.

Kesaksian itu sendiri lebih tinggi dari berjanji dan bersumpah, saksi merupakan gabungan antara janji dan sumpah, maka namanya bersaksi tidak bia diremehkan sebelah mata.

Oleh karena itu syahadat belum lengkap dan belum bisa dikatakan syahadat jika hanya sekedar ucapan tanpa keyakinan dan perbuatan.

2Kedudukan Penting Syahadat

faisalchoir.blogspot.com

Syahadat mempunyai kedudukan yang sangat penting bagi pemeluk agama islam. Yang pertama dan terpenting adalah syarat dan kunci diterimanya amalan, sebanyak apapun amalan tanpa bersyahadat maka semua akan sia-sia,  tidak dicatat oleh malaikat.

Dengan bersyahadat manusia juga mempunyai kunci untuk masuk surga, karena surga hanya bisa dinikmati bagi orang yang sudah mengakui ALLAH dan Rasulnya.

Kedudukan syahadat tidak bisa dipandang sebelah mata, syahadat yang tidak lengkap bisa jadi itu merupakan salah satu bentuk meremehkan dan tidak tahu betapa pentingnya syahadat bagi manusia.

3Resiko Bersyahadat

muslimahcorner.com

Resiko mengucap syahadat tidak tanggung-tanggung, orang yang sudah yakin dengan agama islam, harus menjalankan apa yang sesuai dengan perintah agama islam.

Baik kewajiban maupun larangan, karena setiap peraturan mengandung konsekuensi masing-masing.

Jika manusia tidak mau patuh, tidak mau taat pada aturan islam atau tidak mengerjakan kewajiban agama, malah melakukan hal yang dilarang, padahal ia mengaku islam agamanya, maka resiko yang harus diterima adalah siksa neraka yang dahsyat.

Berbeda dengan manusia yang sungguh-sungguh mau beriman dan melaksanakan dengan perbuatan, kenikmatan surga lah balasan yang ia dapat.

3 hal diatas merupakan tulisan singkat dari syahadat, jika dijabarkan tentang syahadat, sungguh sangat banyak sekali.

Kita sebagai pemuda yang beriman tentu dari 3 hal tersebut saja mengingatkan kita untuk terus cek syahadat kita, jangan-jangan syahadat kita tidak lengkap, ada yang kurang atau justru kita meremehkan.

Wallahu’alam bishawab, semoga sedikit ini bermanfaat.