Tentunya setiap manusia ingin sukses. Entah itu sukses dalam hal pekerjaan, pendidikan, maupun kehidupan berkeluarga atau berumah tangga.

Nah, untuk menuju kesuksesan tersebut biasanya akan ada banyak rintangan yang harus kamu lewati. Tak heran kalau dalam prosesnya, kamu bakan menemukan kegagalan. Tapi itu bukan masalah, karena kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda.

Asalkan kamu terus mencoba dan mencoba lagi, niscaya kamu akan mencapai keberhasilan. Dalam proses menjadi sukses, ada 5 hal yang harus kamu perhatikan.

1Bidang yang Digeluti

sungic.com

Kalau kamu sudah memilih satu bidang yang akan kamu jalani, maka sebisa mungkin kamu kenali dan pahami bidang tersebut secara mendalam. Misalnya, kamu bergelut di bidang musik, maka bukan hanya membuat lagu saja yang harus kamu tahu.

Kamu juga harus memahami bagaimana cara mempromosikannya, tahu siapa pendengar kamu, tahu kapan waktu yang tepat untuk memasarkan lagumu, dan tahu hal-hal lain mengenai musik.

Hal ini kamu lakukan supaya kamu memahami arah dan strategi agar mencapai kesuksesan.

2Orang-orang Potensial

linkedin.com

Tidak ada orang yang suskes tanpa bantuan atau campur tangan orang lain. Oleh karena itu setelah mengenal bidang yang kamu geluti, langkah selanjutnya adalah kamu harus mengenal orang-orang yang bermain di bidang tersebut.

Carilah orang-orang yang sudah punya pengalaman. Jangan malu untuk meminta pendapatnya. Ingat pepatah; malu bertanya sesat di jalan.

Kamu tentu tidak mau kesuksesan yang harusnya tinggal beberapa langkah lagi digapai, tiba-tiba sirna hanya karena kamu lebih mempercayai nalurimu sendiri tanpa minta pendapat orang lain yang lebih ahli.

Jika kamu ingin hebat, maka berkumpulah dengan orang-orang hebat. Jika kamu ingin menjadi orang besar, maka duduklah bersama orang-orang yang selalu berpikir besar.

Maksudnya menjadi orang besar yaitu tidak hanya sibuk memikirkan diri sendiri, tapi juga berpikir mengenai kontribusi yang bersifat besar, seperti kontribusi pada masyarakat dan negara.

3Medan yang Kamu Hadapi

globalgenes.org

Melalui perkenalan dengan orang yang potensial, biasanya kamu akan tahu banyak hal, salah satunya adalah memahami medan yang akan kamu hadapi.

Kamu akan mudah memahami rintangan apa saja yang ada di sekitarmu sehingga kamu akan lancar ketika menyusun strategi, menyusun rencana-rencana jangka pendek dan panjang.

Hal yang paling sulit dilakukan, salah satunya yaitu menyesuaikan diri dengan kondisi medan. Bagi sebagian orang, adaptasi merupakan proses yang sulit ketika kita tidak memiliki strategi apapun sebagai persiapan.

4Potensi Diri

areadewasa.com

Ketika kamu sudah mengenal medan, orang-orang potensial, dan bidang yang kamu geluti, bukan berarti kamu bisa segera yakin akan segera memperoleh kesuksesan.

Hal yang paling penting untuk sukses adalah kamu harus mengenal potensi dirimu sendiri. Coba gunakan analisis SWOT (strengths, weaknesses, opportunities and threats) untuk membantumu memahami kapasitas dan kemampuanmu.

andrewcussons.com
andrewcussons.com

Jangan sampai kamu tidak paham sama sekali dengan kapasitas pribadi. Kamu harus sudah selesai dengan dirimu sendiri ketika kamu ingin membuat hal besar.

Kamu harus sudah menuntaskan konsep diri sebelum menyusun konsep untuk orang lain atau lingkungan sekitarmu.

5Tetapkan Langkah

limapuluhkotakab.go.id

Setelah keempat faktor di atas sudah kamu kenal dengan baik, maka sebagai senjata terakhir adalah kamu harus mengenal caranya menggapai keempat faktor tersebut. Kalau kamu punya visi, maka kamu harus punya misi untuk menggolkan visi tersebut.

Susunlah peta hidupmu sedetil mungkin, bersama dengan analisis risiko yang sekiranya akan kamu hadapi di tengah jalan.

Percayalah, kalau kamu sudah berhasil melakukan 5 hal di atas, maka kamu akan semakin mudah menjalani proses menuju kesuksesan. Hadapi kegagalan dengan hati yang lapang dan terus optimis.

Jangan tunda, mulailah sekarang juga!

SHARE