Menyiapkan rencana perjalanan atau itinerary tidak kalah pentingnya dengan menentukan tanggal dan lokasi liburan. Perencanaan jadwal yang matang akan sangat membantumu menghemat waktu dan uang.

Menulis jadwal perjalanan mungkin akan memerlukan sedikit usaha untuk berpikir, mengorbankan waktu selama beberapa hari demi persiapan yang sempurna.

Memang kesannya repot, tapi hal itu justru akan membuatmu menikmati liburan secara maksimal. Nah, berikut ini langkah-langkah menyusun jadwal perjalanan liburan agar perjalananmu nanti berjalan lancar.

1Cari Informasi Mengenai Lokasi Tujuan

haiineola.com

Gali sebanyak-banyaknya informasi mengenai penginapan, lokasi wisata, rute, tempat makanan halal, tempat ibadah, dan hal-hal penting lainnya untuk memudahkanmu ketika sampai di tujuan nantinya.

2Transportasi

id.wikipedia.org

Kamu juga harus memperhitungkan transportasi yang akan digunakan. Misalnya, jika liburan dengan pesawat terbang, masukkan hari dan waktu penerbangan ke dalam itinerary.

Pemilihan jenis transportasi ini akan mempengaruhi budget dan waktu perjalanan juga. Jika menggunakan pesawat, kamu perlu biaya yang mungkin saja lebih besar dari menggunakan bus. Tapi waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tujuan lebih sedikit.

Tulis juga berapa lama waktu yang diperlukan dari dan ke tempat tujuan, check-in bagasi dan perjalanan dari bandara ke tempat penginapan. Kapan waktu kedatangan, siang atau malam.

Tentukan juga apakah kamu akan beristirahat dulu sesampainya di hotel atau cukup menaruh koper dan langsung berwisata. Berapa lama waktu istirahat.

3Acara Spesial

wiranurmansyah.com

Banyak orang merencanakan liburan ke suatu tempat dan dalam waktu tertentu karena ingin melihat atau ikut acara khusus, misalnya pesta adat atau perayaan.

Jika salah satu tujuan wisatamu adalah menikmati momen tersebut, maka tulislah kapan acara berlangsung.

Kapan acara dimulai dan kapan berakhir, di mana lokasinya. Jangan lupa mencari tahu bagaimana rute menuju ke tempat acara berlangsung.

4Siapkan Rencana B

businessplanuniversity.com

Pertimbangkan kemungkinan-kemungkinan tak terduga. Biasanya, hal-hal yang terdapat dalam faktor ini adalah aktivitas tambahan jika ada sisa waktu kosong dari jadwal perjalanan.

Rencana B ini juga digunakan ketika tiba-tiba kamu mengalami hal tak diinginkan dalam perjalanan. Persiapanmu akan semakin matang dengan menyusun rencana B. Tidak ada salahnya, kan?

5Anggaran Biaya Liburan

cermati.com

Tidak semua orang memasukkan biaya liburan dalam itinerary, namun hal ini sebenarnya penting dilakukan.

Kamu bisa selalu memeriksa dan mengatur berapa banyak uang yang harus keluar untuk berlibur. Cara ini berguna untuk menghindari defisit dan tabunganmu tidak akan terkuras habis.

Biaya yang harus ditulis yaitu mulai dari transportasi dari dan ke lokasi, termasuk transportasi lokal, uang bensin (jika menggunakan kendaraan pribadi), makan, tiket ke lokasi wisata, hingga souvenir yang ingin dibeli.

6Buat Timeline

ndahsaja.com

Timeline adalah jadwal perjalananmu dari mulai berangkat sampai pulang lagi ke rumah. Timeline bisa disebut juga sebagai rundown atau juklak (petunjuk pelaksanaan). Ada banyak cara untuk membuat timeline, salah satunya dengan menggunakan smartphone.

Ponsel pintar bisa kamu gunakan untuk menambahkan informasi harian, waktu dan alarm ke kalender.

Kamu juga bisa memasukkan info seputar pengeluaran uang, nomor telepon travel, tempat mana saja yang sudah dan belum dikunjungi, dsb.