Ada salah satu lirik lagu lawas, dimana lirik tersebut menyatakan bahwa masa paling indah adalah saat-saat di SMA.

Ya memang sih, karena di masa-masa SMA tersebut, dahulu kita bisa menjadi sosok remaja yang sedang mencari jati diri, dan mulai ingin melangkah pada hal-hal baru.

Pergaulan semakin luas, namun kadang justru yang agar terlantar adalah masalah akademik, sehingga prestasi menurun.

Tak kalah dengan masa SMA, ternyata masa SMP itu juga memiliki kenangannya tersendiri lho!

Walau mungkin tak banyak yang merasakan, namun ketika ditanya tentang masa SMP yang masih lucu-lucunya dulu, pasti banyak orang yang akan langsung bernostalgia sambil senyum-senyum sendiri.

1Saat SMP, Kamu Berubah Jadi Sosok yang Sangat Haus Ilmu dan Prestasi

albayanpekalongan.blogspot.com

Jika pada saat SD dulu kamu menjadi sosok yang ikut saja apa kata guru atau orangtua, saatnya belajar ya belajar, atau justru malah asyik mainan sendiri, berbeda saat kamu mulai masuk SMP.

Persaingan yang semakin ketat di sekitarmu, akan memaksamu mendadak berubah jadi sosok yang haus ilmu, senang belajar, dan mengejar prestasi.

Kamu mulai sadar diri meminta kepada orangtuamu tambahan jam les di luar sekolah, dan kamu mulai sadar diri kapan waktunya harus belajar.

Karena di usia awal remaja kala itu, rasa malu mulai menghampirimu, saat ternyata prestasimu dikalahkan oleh teman dekatmu. Iya kan? Hehehe.

2Saat SMP, Mulai Paham Apa Itu Naksir, Tapi Masih Malu-malu

www.fanpop.com

Berbeda dengan pertumbuhan anak-anak zaman sekarang yang terlampau pesat, di masa SMP kamu dulu, pasti andalan untuk saling berkomunikasi dengan teman dekat adalah telepon umum atau surat.

Jika di rumah takut ketahuan orangtua, maka kamu lebih senang datang ke wartel atau telepon umum untuk menelepon temanmu, atau menulis secarik surat untuknya.

Ya, kamu hanya sekedar suka namun tidak benar-benar berani mengungkapkannya.

Malah kebanyakan hanya mampu memandang dari jauh, saat di dekati justru kabur. Hehehe.

3Saat SMP, Mulai Senang Mengamati Tingkah Orang Dewasa

bisikan.com

Di masa awal remaja tersebut, kamu dulu pasti senang mengamati dan meniru tingkah orang dewasa di sekitarmu.

Yang laki-laki suka memperhatikan dan meniru bagaimana kakak laki-laki atau bahkan Ayahnya berpakaian, dan berkomunikasi, pun dengan yang perempuan, mulai suka coba-coba berdandan.

Rasa ingin tahu itulah yang seharusnya orangtua pahami, kalau orangtua mampu mendampingi dan memahamkan, pasti saat ini anak-anaknya telah tumbuh dengan baik.

Iya kan?

4Saat SMP, Teman Setia Adalah Game dan Buku Diari

marsitariani.wordpress.com

Bagi anak laki-laki, bermain Play Station atau PS zaman dulu adalah sebuah kesenangan yang tiada duanya, mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam demi menyelesaikan ‘pertandingan’ tersebut.

Berbeda dengan anak perempuan, buku harian atau diari adalah favoritnya. Karena dengan buku tersebut, anak perempuan bisa leluasa bercerita apapun tanpa diketahui siapapun.

Hayo ngaku, yang masih menyimpan buku diarinya siapa saja ini? Hehehe.

5Saat SMP, Pasti Kamu Suka Sekali Dengan Radio Kan?

www.kotakami.com

Radio di masa SMP adalah sebuah benda menarik yang sayang untuk ditinggalkan. Darinya kala itu kita bisa mendengar banyak lagu dan berita informasi.

Dan yang tak ketinggalan adalah kita bisa berkirim salam pada orangtua, saudara, sahabat, teman, atau bahkan orang yang kita taksir.

Hmm, dengan kembali pada nostalgia masa SMP itu, rasanya jadi mengingatkan bahwa kita ternyata telah tumbuh semakin tua ya? Hehehe.