Waktu berbuka puasa pasti sangat identik dengan takjil. Jajanan yang dimakan orang yang berbuka puasa, untuk mengawali makan buka, sebelum makan makanan yang berat.

Takjil biasanya sangat laris di bulan Rmadhan. Mengingat di bulan ini umat Islam menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Banyak masyarakat yang tak hanya berburu namun juga membuka kesempatan usaha untuk menjual berbagai takjil di waktu tersebut.

Nah, berbicara tentang takjil, yuk intip berbagai macam jajanan takjil favorit umat Islam di Indonesia berikut ini!

1Kolak

andinbukanandien.blogspot.com

Minuman yang mengenyangkan satu ini memang menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia. Tak hanya saat bulan Ramadhan, namun di hari-hari lain juga.

Selain rasa manisnya yang digemari, kolak juga tak hanya sebagai penunda lapar namun juga dapat membantu menghangatkan badan.

Jika ingin sensasi dingin, penikmat kolak bisa menyajikan dengan es, karena memang kolak bisa disajikan baik dalam kondisi hangat maupun dingin.

Kolak terbuat dari campuran pisang, ketela, kolang-kaling, nangka, tape, atau kacang hijau dengan santan manis yang lezat.

2Es Blewah

www.garinga.biz

Salah satu minuman favorit untuk mengawali buka puasa selain air putih adalah es blewah. Es blewah digemari karena selain rasa manisnya yang cukup juga praktis.

Sensasi segar yang ditawarkan es blewah juga mampu menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa.

3Es Teh

onehallyu.com

Baru-baru ini, semakin marak penjual es teh di outlet-outlet kecil yang menjualkan es teh dalam gelas cup siap minum.

Dari tren tersebut kemudian mempengaruhi juga kebiasaan masyarakat Indonesia. Alhasil es teh yang dijual di outlet-outlet pinggir jalan mulai menjadi lirikan para pemburu takjil di Indonesia ini.

4Gorengan

www.jendelasarjana.com

Siapa yang tak gemar dengan makanan yang satu ini? Walaupun memang jika dikonsumsi berlebihan tidak baik bagi kesehatan, nyatanya masyarakat Indonesia masih menggemarinya sampai sekarang.

Gorengan mulai dari tempe, tahu isi, dadar jagung, molen, dan sebagainya itu menjadi incaran para pemburu takjil di bulan puasa.

Selain rasa gurihnya yang menggoda selera, gorengan juga bisa menahan lapar, bagi mereka yang belum ingin segera makan berat saat berbuka puasa tiba.

Nah itulah tadi empat jajanan takjil paling favorit alias digemari oleh masyarakat Indonesia, dan sering diburu saat menjelang berbuka puasa di bulan Ramadhan.

Kamu kah salah satu pemburu jajanan di atas itu? Atau kamu salah satu yang biasanya mencoba mengambil peluang usaha dari berjualan jajanan tersebut? Hehehe.

SHARE