Taman Bunga Nusantara (TBN) merupakan salah satu taman rekreasi yang sangat terkenal di Indonesia bahkan penjuru dunia. Dibuka secara resmi pada tahun 1995.

Varietas bunga dari seluruh dunia bisa kamu lihat di TBN. Taman ini adalah taman display pertama yang berdiri di Indonesia.

Ada banyak lokasi menarik di area TBN yang bisa kamu kunjungi. Lokasi tersebut biasanya dimanfaatkan sebagai tempat pemotretan berbagai acara, seperti pre-wedding.

Saking banyaknya lokasi, mungkin kamu malah tidak sempat menjelajahi semuanya. Tapi, enam lokasi ini wajib kamu datangi. Sayang sekali, jika kamu lewatkan tempat-tempat penuh pesona ini.

Yuk, simak! Lokasi mana saja yang paling memukau di TBN.

1Taman Perancis

everythingspossible.wordpress.com

Tidak perlu jauh-jauh ke Perancis ya, guys, kalau ingin menikmati keindahan taman khas Perancis. Rancangan taman yang satu ini memang mengadopsi rancangan taman pada masa Renaissance.

Ciri khusus Taman Perancis di abad ke-17 yakni mengutamakan keserasian, kerapian, dan keseimbangan bentuk taman, bukan banyaknya tebaran bunga.

Taman Perancis cenderung memoles berbagai tanaman perdu untuk dipangkas sangat rapi.

Pangksan perdu yang dibuat untuk membingkai bunga aneka rupa ini dinamakan parterre. Arti parterre adalah sulaman di atas tanah.

Jika kamu ingin menikmati pemandangan Taman Perancis secara keseluruhan, lihatlah dari menara pandang.

2Taman Mawar

daunbuah.com

Mawar memang menjadi bunga favorit banyak orang. Bunga yang dikenal sebagai bunga paling romantis ini mampu beradaptasi dengan empat musim sekaligus. Luar biasa bukan?

Itulah sebabnya, kamu bisa melihat bunga mawar hampir di seluruh belahan bumi. Mawar terindah yakni mawar yang berasal dari daratan Cina.

Di Negeri Cina, bunga mawar mampu beradaptasi saat musim salju sekalipun. Mawar akan kembali berbunga ketika musim panas tiba dengan keindahan tiada duanya.

id.fixabay.com
id.fixabay.com

Nah, bunga-bunga mawar tersebut juga dilestarikan dan dirawat di TBN. Ada taman khusus bunga mawar dengan aneka warna dan rupa. Perawatan ekstra dilakukan mulai dari menanam, menyiram hingga memberikan pupuk.

3Taman Labirin

gambarlucumu.com

Taman ini dibuat khusus untuk kamu yang ingin bermain teka-teki di dalam taman. Konsep taman labirin diadopsi dari rancangan legenda minotour pada zaman kekuasaan Raja Minos dari Mesir.

Pola tamannya melambangkan Koin Cretan. Koin ini erat kaitannya dengan legenda Theseus yang mencari Putri Adreane di jalan tak berujung. Sang putri diculik oleh monster minotour.

Dengan koin itu, Theseus akhirnya berhasil menemukan Adreane yang disembunyikan di jalan tak berujung.

Hanya dengan mengeluarkan kocek Rp 1000, kamu sudah bisa menelusuri taman labirin. Jangan takut tersesat, karena kamu sudah dibekali peta.

4Taman Bali

everythingspossible.wordpress.com

Ini dia taman asli punya Indonesia. Taman Bali didirikan sebagai bentuk apresiasi Bangsa Indonesia karena Bali telah diakui oleh dunia internasional.

Keindahan dan keunikan Taman Bali menjadikannya sangat mudah dikenali oleh bangsa asing.

Beberapa bangunan khas yang ada di Taman Bali yaitu, Candi Bentar, Bale Bengong, dan Bale Kul Kul. Bunga-bunga khas Bali juga menghiasai tempat ini, misalnya bunga kamboja, sepatu, dan helikonia.

5Taman Mediterania

travelanggi.wordpress.com

Bagi kamu yang belum pernah pergi ke gurun pasir, Taman Mediterania ini wajib kamu singgahi. Rancangan tamannya menyerupai lokasi yang ada di daratan Mediterania. Tanaman yang ditanam berupa kaktus dan yucca.

Bangunan khas Mediterania juga ditampilkan di sini, di antaranya rumah Mediterania. Atap bangunan tersebut menggunakan kaca sehingga tanaman-tanaman dapat tumbuh dengan baik sesuai daerah asalnya.

Hamparan gurun pasir dan batu juga ada di Taman Mediterania ini. Konsep tersebut mengadopsi dari model pantai di Mediterania yang dikelilingi pasir putih.