Bingung menghabiskan akhir pekan di mana? Jika kamu penggemar hal-hal berbau romantis seperti sastra, pastinya kamu tahu tempat ini. Ya, Taman Ismail Marzuki. Kalau akhir pekan kamu bingung mau dihabiskan kemana, coba deh kunjungi tempat ini.

Taman Ismail Marzuki atau kerap disebut TIM merupakan area yang sangat spesial, terutama bagi para penggemar sastra, pagelaran seni hingga teater.

jktgo.com
jktgo.com

TIM sendiri berasal dari nama komposer besar Indonesia di tahun 1940-an, Ismail Marzuki. Letaknya di Jalan Cikini Raya no.73. Banyak area dan gedung yang bisa kamu sambangi loh.

TIM diresmikan  oleh Gubernur Pemerintah Daerah Propinsi DKI Jakarta Jenderal Marinir Ali Sadikin, tanggal 10 November 1968 silam.

Dibangun di  tanah seluas sembilan hektare, TIM pada awalnya dikenal sebagai ruang rekreasi umum ‘Taman Raden Saleh’ (TRS) yang merupakan Kebun Binatang Jakarta sebelum dipindahkan ke Ragunan. Namun berubah fungsi seiring berjalannya waktu.

Jika kamu belum pernah ke TIM, cobalah untuk me-list TIM jadi objek weekend kamu. Berikut kamu ulas hal-hal yang dapat membuat malam minggumu tidak membosankan:

1Planetarium dan Gedung Seni

www.expedia.com

Jika kamu mengunjungi kompleks TIM, di bagian depan kamu akan disambut oleh Planetarium. Wisata pendidikan untuk kamu yang ingin mengetahui angkasa dan bintang apa saja yang ada di langit. Planetarium di Taman Ismail Marzuki adalah planetarium tertua di Indonesia.

Kemudian, terdapat gedung pertunjukan Graha Bhakti Budaya (GBB). Gedung ini memiliki daya tampung penonton sebanyak 1.600. Biasanya, gedung ini digunakan untuk pertunjukkan seni yang bersifat massal dan akbar.

Selain itu, kamu juga aka menemukan gedung Galeri Cipta II dimana gedung ini difungsikan untuk pameran seni lukis, patung, diskusi dan seminar serta pemutaran film pendek.

Kamu juga dapat mengunjungi Teater Halaman atau studio pertunjukkan seni. Di area ini, area yang dikhususkan untuk pertunjukkan seni para seniman muda, baik teater maupun puisi. Teater ini memiliki kapasitas penonton yang fleksibel.

Selain itu, kamu juga dapat menjumpai Teater Jakarta atau Grand Teater yang merupakan gedung pagelaran modern, baru dan berkelas. Di sini banyak dilakukan pementasan besar loh.

2Teater Kecil

litac-consultant.com

TIM ternyata memiliki gedung teater studio yang diberi nama Teater Kecil. Gedung ini bisa dibilang gedung yang elegan dan modern di antara gedung di kompleks TIM lainnya. Secara arsitektur, gedung ini sangat tertata rapi dan tempat duduk penonton yang apik.

Tak lupa pula soundsystem dari gedung ini yang ciamik. Kualitas suara terlebih suara akustik bisa dibilang yang terbaik di antara gedung TIM.

Menjadi sangat spesial karena gedung ini sejak awal dikhususkan untuk konser musik dan pertunjukan musik akustik.

Selain itu, gedung ini juga digunakan untuk pementasan drama dan teater yang lebih privat.

3Jiwa Seni Tinggi Orang Jakarta

pemilu.tempo.co

Kompleks ini seaka tidak pernah sepi dari pengunjung. Selalu saja ada komunitas yang menghabiskan waktu di sana hanya untuk sekadar mengobrol atau unjuk gigi lewat karya seninya.

Di sini juga terdapat toko buku tua, bioskop, dan gedung musik. Pemandangan para pemuda yang sedang bermusik, menari dan menyanyi tanpa panggung sepertinya sudah jadi makanan sehari-hari kompleks ini. Bahkan beberapa komunitas tari dan musik terbiasa menggelar kelas rutin di depan gedung.

foto.okezone.com
foto.okezone.com

Kompleks TIM memang tidak bisa disandingkan secara jumlah dengan pusat perbelanjaan di Jakarta. Meski begitu, fasilitas di sini tidaklah buruk.

Diharapkan, seniman Jakarta dan Indonesia tidak berhenti menelurkan karyanya dengan dibangunnya kompleks TIM ini. Ayo, jajal weekend-mu disini.