Apa yang ada dalam pikiranmu jika menyebutkan Kota Jakarta? Bayangan di kepala sudah tentu panas, macet, ruwet, dan sederet kehidupan keras lainnya. Rasanya sudah tak ada lagi tempat di Jakarta yang menyisakan kesejukan dan kesegaran.

Sudah bukan rahasia bahwa warga Jakarta berduyun-duyun berlibur ke Puncak Bogor di musim liburan hanya untuk mencari kesegaran. Namun, tahukah kamu bahwa Jakarta memiliki 300 taman?

Taman tersebut dapat menjadi alternatif pilihan tempat untuk me-refresh tubuh saat weekend setelah menghadapi rutinitas yang padat selama weekday.

Ada 3 pilihan tipe taman yang dapat disesuaikan dengan kantong dan kebutuhan liburan keluargamu.

1Taman Tengah Kota

www.ilalangbasah.wordpress.com

Taman tengah kota biasanya di desain sangat matang. Taman-taman ini sudah dilengkapi jogging track, WiFi, permainan anak-anak, bahkan food court. Namun jangan heran jika food court di taman ini membandrol harga yang cukup tinggi.

Lengkap dengan air mancur dan ada yang membangun kolam ikan. Biasanya pengunjung taman ini merupakan orang-orang yang cukup elit.

Tips agar tetap hemat berlibur ke taman tengah kota adalah, membawa bekal minum dan makan dari rumah.

Beberapa taman tengah kota yang terkenal diantaranya Taman Suropati, Taman Menteng, Taman Medan Merdeka, Taman Tribeca, Taman Barito, dan Taman Cattleya.

www.skyscrapercity.com
www.skyscrapercity.com

Taman Suropati didirikan pada tahun 1920 dan termasuk dalam jajaran taman-taman tertua di Jakarta. Taman ini terletak di kawasan Menteng yaitu pertemuan Jalan Imam Bonjol, Jalan Teuku Umar, dan Jalan Diponegoro.

id.theasianparents.com
id.theasianparents.com

Selain Taman Suropati, Menteng juga memiliki Taman Menteng yang berada di Jalan HOS Cokroaminoto. Baik Taman Menteng maupun Taman Suropati terdapat kolam air mancur lengkap dengan ikan-ikan.

Adapun kamu yang tinggal di Jakarta Barat pasti mengenal Taman Tribeca. Taman yang berada di kompleks mall elit Central Park Mall tentu saja sangat bersih, rapi, dan terawat.

Di Taman Tribeca terdapat banyak ikan-ikan koi dimana pengunjung boleh ikut memberi makan pada jam-jam tertentu. Namun makanan ikan tetap dari pengelola ikan.

Kamu dapat mengajak anak-anakmu memberi ikan disini. Anak-anak tentu senang melihat ikan-ikan koi berlarian dan berebut makanan.

Pada malam hari berkunjung di Taman Tribeca juga tak kalah seru. Di taman ini terdapat permainan air mancur yang diselingi kilauan sorot lampu yang sangat indah. Untuk menjangkau Taman Tribeca kamu dapat menggunakan Trans Jakarta.

www.flickriver.com
www.flickriver.com

Satu lagi taman yang berada di dekat mall, yaitu Taman Barito atau ada juga yang menyebutnya Taman Ayodya. Taman ini berada di dekat Blok M Mall sehingga sering digunakan sebagai tempat nongkrong karyawan-karyawan Blok M Mall.

2Taman Alam

www.ilalangbasah.wordpress.com

Taman alam di Jakarta yang terkenal adalah Taman Mangrove atau ada juga yang menyebut Hutan Mangrove.

Sejak SD tentu kamu sudah diajarkan bahwa tanaman Mangrove bermanfaat dalam mencegah abrasi karena ombak pantai.Taman Mangrove dapat menjadi alternatif berlibur bersama anak-anak sekaligus belajar Pengetahuan Alam.

Namun sebaiknya kamu membawa lotion anti nyamuk untuk menghindari gigitan nyamuk selama berjalan-jalan dan berfoto.

Ajaklah anakmu berlibur ke Taman Mangrove yang berada di Jalan Pantai Indah Utara I, Penjaringan, Jakarta Utara. Taman Mangrove sebenarnya memiliki nama Taman Wisata Alam Hutan Mangrove Angke.

3Taman Sejarah

www.pegipegi.com

Jenis taman satu ini dapat menjadi alternatif berlibur sekaligus belajar sejarah bersama anak-anak. Saksi bisu sejarah Jakarta masih berdiri kokoh di kawasan Kota Tua Jakarta.

Di kompleks Kota Tua Jakarta terdapat Taman Fatahillah yang merupakan bagian dari Museum Fatahillah.

Jangan membayangkan ada pohon rindang di sana. Oleh karena itu sebaiknya kamu berkunjung di pagi hari atau sore hari.

SHARE