Jika ada pertanyaan seperti ini, pasti kamu akan menyebutkan sebuah taman laut paling indah di Indonesia yang sudah banyak diketahui orang.

Yap! Taman laut Bunaken. Tetapi ternyata tidak hanya Bunaken lho taman laut yang indah di Indonesia. Masih ada beberapa lagi taman laut yang masuk nominasi taman terindah di Indonesia. Mau tahu lebih jauh? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1Taman Laut Banda

rivanputra.wordpress.com

Taman Laut Banda terletak di Kabupaten Maluku Tengah, di gugusan Pulau Neira, pulang Gunung Api, Pulau Sjahrir, dan Pulau Hatta.

Taman Laut Banda yang merupakan salah satu taman laut terindah di dunia memiliki 310 jenis karang pembentuk terumbu, sekitar 871 spesies ikan, serta populasi hiu dan kerapu, termasuk beberapa jenis ikan dan kerang purba yang disuakakan seperti ikan napoleon.

Karena keindahannnya, pada tahun 2006 Taman Laut Banda dipilih menjadi Kawasan Warisan Dunia untuk surga bawah laut Indonesia.

2Taman Laut Raja Ampat

rivanputra.wordpress.com

Kepulauan Raja Ampat terletak di barat laut kepala burung papua dengan empat pulau utama yaitu Misool, Salawati, Bantata dan Waigeo. Dengan luas area 4 juta hektar tanah dan laut, Taman Laut Raja Ampat dinobatkan menjadi taman laut terbesar di Indonesia.

Perairan ini menjadi rumah bagi 537 spesies koral (75% dari total spesies koral di dunia), lebih dari 1000 spesies ikan karang, dan 700 jenis moluska.

Beberapa jenis ikan yang dapat kamu jumpai saat menyelami perairan Raja Ampat antara lain adalah ikan pari manta, wobbegong, snapper, tuna, dan barracuda.

3Taman Laut Kepulauan Togean

rivanputra.wordpress.com

Taman Laut Kepulauan Togean memiliki empat tipe terumbu karang yaitu Karang Cincin (Atol), Karang Tompoh (Patch Reef), Karang Tepi (Fringing Reef), dan Karang Penghalang (Barrier Reef) yang terdiri atas sekitar 262 spesies terumbu karang.

Taman laut kepulauan togean juga menjadi rumah bagi sekitar 596 jenis ikan, 555 jenis moluska, seperti ikan kupu-kupu, paus pilot, ikan pari manta, hiu karang abu-abu, ikan trevally mata besar, kima raksasa, lola (trachus niloticus), dan dugong.

Bila sedang beruntung, kamu dapat menjumpai penyu sisik dan penyu hijau yang sudah tergolong langka.

4Taman Laut Bunaken

lagudaerah.org

Dengan luas 75.265 ha yang terdiri dari 97 % laut dan 3 % daratan, Taman Laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter.

Salah satu pemandangan terindah di Taman Laut Bunaken adalah underwater great walls yang menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan Bunaken.

SHARE