vovworld.vn

Ini Tempat yang Membuat Pulau Komodo Diakui Sebagai Keajaiban Alam Dunia

Posted on

Tidak usah ditanya lagi tentang kekayaan alam yang dimiliki Indonesia. Dari kekayaan alam itu tentu saja manifesnya adalah kekayaan wisata alam yang amat menakjubkan di banyak tempat.

Salah satu wisata alam yang paling membanggakan orang Indonesia adalah pulau yang berada di ujung barat Nusa Tenggara Timur, apalagi kalau bukan Pulau Komodo.

Obyek wisata di pulau Komodo yang diberi nama Taman Nasional Komodo ini kini telah menjadi primadona baru dalam dunia wisata. Labelnya pun nggak tanggung-tanggung, salah satu pemenang 7 keajaiban alam dunia!

Walaupun masih sebagai pemenang sementara, tapi di antara 7 kandidat lainnya, Taman Nasional Komodo lah yang paling tinggi nilai pollingnya.

Bukan hal aneh memang, karena di Taman Nasional Komodo terdapat hewan paling langka di dunia, yakni sang naga komodo. Jadi, naga bukan lagi mitos dari Tiongkok, tapi dengan bentuk yang mirip ada di pulau Komodo.

Bukan hanya hewan komodonya yang terbaik, wisata alam lain di Taman Nasional Komodo juga tidak kalah kerennya. Yang terkenal adalah hutan savana yang serasa di daratan Afrika. Ada juga hutan tropis yang menjadi kebanggaan Indonesia.

Nah, untuk lebih jelasnya dan buat kamu yang penasaran seperti apa sih rasanya liburan ke Taman Nasional Komodo, berikut kami tuliskan review dari berbagai tempat menarik di Taman Nasional Komodo.

Berjumpa Sang Naga di Pulau Rinca

trivia.id
trivia.id

Boleh dibilang, inilah tujuan paling utama kebanyakan para wisatawan yang datang pertama kali ke Pulau Komodo. Pasti semua penasaran dengan hewan langka yang disebut naga atau kadal raksasa ini.

Pulau ini adalah pulau tidak berpenghuni, terkecuali para pawang dan pengelola wisata. Kamu bisa mengunjungi Pulau Rinca mulai dari jam 7 Pagi sampai dengan jam 5 sore WITA.

Agar lebih aman dan nggak kesasar, kita akan dipandu oleh para petugas yang disebut ranger. Di pulau Rinca sendiri terdapat kurang lebih sebanyak 2000 ekor komodo yang akan kamu temui dengan mudah di banyak titik.

rolandtravel.co.id
rolandtravel.co.id

Para ranger dengan cakap akan menjelaskan seluk beluk hewan ini, mulai dari kawin, bertelur, sampai dengan berburu mangsa.

Dikatakan bahwa komodo ini hanya sekali dalam sebulan saja dalam memangsa hewan besar lain. Tapi sekali memangsa, hewan yang dimangsa langsung habis sama sekali tidak berbekas!

Banyak juga wisatawan yang tidak puas mengamati hewan-hewan ini dalam waktu seharian, maka disediakan penginapan yang ingin menginap di Pulau Rinca.

Indahnya Padang Rumput dan Hutan Savana

alidesta.wordpress.com
alidesta.wordpress.com

Padang rumput dan hutan savana inilah yang paling mendominasi dari Taman Nasional Komodo, yakni sekitar 70% dari total wilayah di pulau Komodo.

Tumbuhan yang ada di padang rumput dan hutan savana ini seperti Setaria adhaerens, Chloris barbata, Heteropogon contortus, Themeda gigantea, dan Themeda gradiosa yang diselingi oleh pohon lontar (Borassus flobellifer).

usphotoworks.wordpress.com
usphotoworks.wordpress.com

Salah satu spot hutan savana paling banyak dikunjungi adalah Gili Laba. Disana selain menikmati padang savana, kamu juga akan disuguhkan pemandangan sunset dan sunrise yang oke punya.

Pantai Merah (Pink Beach) yang Mengesankan

farahtraveller.blogspot.com
farahtraveller.blogspot.com

Sesuai dengan namanya, keindahan pantai ini terkenal karena terumbu karang di sekitar pantai yang berwarna merah muda. Ikan-ikan dan kekayaan laut lain juga sangat menarik untuk dinikmati, kamu bisa snorkeling atau menyelam diving lebih dalam.

Trekking di Pulau Padar

zettamedia.co
zettamedia.co

Bagi kamu yang mencintai petualangan dan tantangan lebih, Pulau Padar akan adalah tempat yang tepat untuk kamu telusuri. Banyak orang yang trekking di Pulau Padar dan mengaku puas dengan medannya.

Konturnya cukup menarik, diselingi tanah tandus, bebatuan, kerikil serta medan yang sedikit licin menjadi tantangan dan sensasi tersendiri sebelum mencapai puncak bukit.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *