Dunia tak selebar daun kelor, begitulah sebuah pepatah yang terkenal sejak zaman bahuela. Kenyataannya memang demikian. Allah menciptakan bumi dengan segala isinya dengan keindahan yang luar biasa.

Begitu juga dengan dunia anak-anak kita. Dunianya tak hanya terbatas oleh dinding kelas, rumah, tempat les musik, tempat les bahasa, dan mall tempatnya bermain.

www.stumbleabroad.net
www.stumbleabroad.net

Perlu untuk mengenalkan kepada anak tentang keanekaragaman satwa dunia yang sudah mulai langka. Tenang saja, kamu tak perlu mengajaknya keliling dunia. Cukup ajak si kecil berlibur ke Taman Safari Indonesia.

www.anythingbali.com
www.anythingbali.com

Taman Safari Indonesia yang paling terkenal tentu saja Taman Safari di Cisarua, Bogor. Namun sekarang ada taman safari lain di antaranya Taman Safari Indonesia 2 di Jawa Timur, Bali Safari & Marine Park, serta Batang Dolphins Center.

Berikut ini keunikan dari Taman Safari Indonesia yang berada di Cisarua, Bogor.

1Sejarah Taman Safari Indonesia

www.youtube.com

Pada tahun 1980 pemerintah berencana membuka kawasan konservasi satwa langka di lahan seluas 50 hektar. Lahan ini adalah perkebunan teh yang sudah tidak produktif.

Selanjutnya pada zaman Orde Baru ditetapkan sebagai tempat wisata di Indonesia oleh Menteri Pariwisata dan Telekomunikasi bernama Soesilo Soedarman.

Pada 16 Maret 1990 oleh Menteri Kehutanan bernama Hasyrul Harahap ditetapkan sebagai penangkaran satwa langka di Indonesia.

Taman Safari terus berkembang hingga luasnya mencapai 168 hektar. Taman ini juga mengikuti perkembangan zaman seiring dengan perbaikan fasilitas yang dilakukan terus menerus.

2Hal yang Spesial di Taman Safari

id.wikipedia.org

Selama ini kebun binatang yang sering kita lihat adalah hewan dipasung dalam sarang sehingga membuatnya tidak nyaman. Ia terlihat menderita dan bertubuh kurus.

Lain halnya dengan Taman Safari Indonesia. Kamu dapat melihat hewan-hewan secara bebas seperti pada habitat aslinya dari mobil pribadi atau bus pariwisata.

Taman Safari merupakan salah satu taman satwa terbesar, termodern, dan pertama di Indonesia. Kamu dan anak-anak dapat mengamati dari dekat dan berinteraksi langsung dengan setidaknya 2500 satwa langka dari seluruh penjuru dunia.

Kamu juga dapat memberikan edukasi kepada anak tentang mencintai hewan dengan memberi makan hewan-hewan di taman safari tersebut dari mobil.

Salah satu hal yang tak kalah menyenangkan di Taman Safari ini adalah safari malam. Namun, fasilitas safari malam hanya disediakan di akhir pekan atau long weekend.

Untuk menjaga keamanan keluarga dan hewan yang tinggal di Taman Safari, taatilah peraturan yang ditetapkan pengelola. Jangan bersikap ceroboh sehingga membahayakan keselamatan keluarga.

3Wahana Unik di Taman Safari

www.phunsukhwang.blogspot.com

Wahana unik yang pertama adalah kereta gantung yang berada di atas taman safari. Sangat menyenangkan bukan melihat kawanan Jerapah, Gajah, dan hewan-hewan lainnya dari tempat yang tinggi.

Wahana unik yang kedua adalah baby zoo. Kamu dapat berinteraksi secara langsung dengan hewan-hewan kecil seperti anak orang utan, anak macan tutul, anak monyet, anak singa, dan lain-lain.

Tak perlu takut dengan singa yang buas. Saat masih bayi mereka justru sangat lucu dan menyenangkan. Jangan lupa untuk berfoto bersama mereka untuk kemudian di up load di sosial media ya.

www.ewangsitfidelbella.wordpress.com
www.ewangsitfidelbella.wordpress.com

Beberapa aktivitas lain yang tak kalah menyenangkan adalah swimming with dolphin, naik gajah Sumatera, naik balon udara, Wild-Wild West, berkeliling kampung Afrika, taman burung, komedi putar, dan lain-lain.

Cukup lengkap bukan fasilitas di taman safari? Anak-anak tak hanya bersenang-senang, namun juga belajar banyak hal tentang keanekaragaman hewan agar kelak ia tumbuh menjadi pribadi yang mencintai alam sekitar.

SHARE