Kamu pasti tidak asing lagi dengan obyek wisata taman safari. Sebuah taman yang menjadi pusat dan rumah bagi para binatang. Indonesia memiliki dua taman safari di dua kota yang berbeda. Taman safari pertama terletak di kawasan Puncak Bogor.

Kemudian, taman safari kedua ada di Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Lagi-lagi taman ini berlokasi di dataran tinggi. Ketinggiannya sekitar 800 mdpl.

Taman yang terletak di lereng Gunung Arjuna ini didirikan di atas lahan seluas 340 hektar. Ada tiga zona di Taman Safari Prigen yang paling menarik. Tiga zona tersebut adalah zona baby zoo, kehidupan satwa, dan rekreasi.

Seperti apa keunikan tiap zonanya? Yuk, intip bersama!

1Zona Baby Zoo

Zona baby zoo merupakan zona yang menyajikan 14 pertunjukan satwa. Biasanya, para siswa sekolah atau anak-anak senang mengunjungi tempat ini.

Setiap pengunjung zona baby zoo diperbolehkan melihat satwa dari dekat. Bahkan mereka boleh menyentuh dan mnggendongnya. Pasalnya, di zona baby zoo hampir semua binatang masih berwujud anakan.

ladyonthemirror.blogspot.com
ladyonthemirror.blogspot.com

Beberapa binatang yang ada di zona baby zoo antara lain kanguru, harimau benggala, marmoset, simpanse, dan bekantan.

Para pengunjung zona baby zoo gemar sekali berfoto bersama binatang yang masih anak-anak. Termasuk binatang buas.

Selain itu, di zona baby zoo ini kamu bisa menyaksikan pertunjukan aneka satwa. Bagi kamu yang suka lumba-lumba, di sini juga ada lho, atraksi lumba-lumba.

Ada lagi atraksi yang namanya Animal Education Show. Nah, di tempat ini kamu akan dipertunjukan atraksi menarik yang bersifat edukasi seputar lumba-lumba, gajah, harimau, orangutan, dan burung pemangsa.

Lokasi berikutnya di zona baby zoo yang tak kalah menarik yakni Temple of Terror. Kamu akan melihat pertunjukan teatrikal menegangkan.

Pernah menonton tokoh stuntman menyemburkan api? Di sini kamu bisa melihatnya kembali bersama puluhan satwa lainnya.

2Zona Kehidupan Satwa

diarysivika.com

Zona kehidupan satwa merupakan lokasi dimana aneka satwa dibiarkan hidup di alam bebas. Kamu bisa menyaksikan semua jenis satwa dari berbagai belahan benua. Ada satwa dari Benua Asia, Amerika, Afrika, dan Eropa.

Uniknya, ragam satwa yang ada di sini hidup dalam habitat sesuai daerah asalnya.

vacationspotindonesia.wordpress.com
vacationspotindonesia.wordpress.com

Saat melintas dengan kendaraan, kamu harus hati-hati, karena biasanya ada kawanan binatang yang mendadak lewat di depan mobil.

Kalau tidak punya mobil pribadi, pengelola taman safari menyediakan bus safari untuk berkeliling taman. Bus tersebut disediakan gratis.

Ada aturan tertentu ketika kamu berada di zona kehidupan satwa. Kamu boleh memberi makan tapi hanya pada satwa herbivora.

Sementara di kawasan tertentu yang isinya binatang buas, kamu dilarang membuka jendela, apalagi sampai turun dan memberi makan.

Lalu tatkala kamu melintas di habitat beruang, kamu tidak boleh membunyikan klakson dan berhenti terlalu lama.

3Zona Rekreasi

sugianto-wisatatamansafari.blogspot.com

Setelah seharian berkeliling wahana aneka satwa, mungkin zona rekreasi bisa menjadi pilihan terakhirmu untuk istirahat sejenak. Zona rekreasi merupakan wahana berbagai macam permainan, seperti bom-bom car, sepeda layang, dan lain-lain.

Bagi kamu yang suka tantangan dan uji nyali, mengunjungi puri misteri adalah pilihan tepat. Tapi, yang punya lemah jantung, hati-hati ya kalau masuk ke puri misteri.

mydenista.blogspot.com
mydenista.blogspot.com

Wahana permainan ekstrim juga boleh kamu coba. Ada banyak permainan ekstrim diantaranya, Shooting Target, Paint Ball War Game, dan Flying Fox. Dijamin deh, pengalaman kamu akan seru di zona ini.

Kamu ingin menunggang unta dan gajah? Di sinilah tempatnya. Kamu bebas berpetualang bersama dua binatang besar tersebut.

Jangan lupa mengunjungi tempat 4D cinema. Rasakan sensasinya saat kursi penonton bergerak-gerak dan gambar terlihat nyata di depanmu.

Wahana terakhir yang akan mengakhiri perjalanananmu di taman safari yakni wahan air. Nikmati kesegaran air di waterpark sambil melepaskan penatmu.

Demikianlah tiga zona di taman safari yang wajib kamu kunjungi. Sempatkan untuk mampir ke pusat kuliner dan souvenir sebelum meninggalkan Taman Safari Prigen.