Kamu mungkin pernah melihat dinding-dinding dengan ‘hiasan’ taman hidup di lobby hotel atau perusahaan. Terlihat sangat indah kan?

Nah, kamu pun bisa membuat taman indah di dinding rumahmu. Dinding tanaman hidup atau yang biasa dikenal dengan taman vertikal.

Taman vertikal merupakan taman yang berdiri atau menempel di struktur bangunan rumah. Taman vertikal ini adalah salah satu solusi untuk mebuat taman yang indah di area terbatas.

Ia juga menjadikan rumah tampak lebih indah dengan memanfaatkan dinding rumah yang kosong.

Kamu dapat memilih tanaman yang merambat untuk digunakan membuat tanaman hidup di dinding.

Selain tanaman yang merambat, kamu  juga dapat menggunakan jenis tanaman yang menggantung.

Beberapa contoh tanaman untuk membuat dinding tanaman hidup antara lain Ivy, Philodendron, dan Liliy. Lumut pun juga bisa kamu tambahkan untuk memperindah taman tersebut.

Tidak hanya itu, untuk membuat sebuah taman vertikal, kamu bisa menggunakan beberapa media.

Yang pertama Pot. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah pot dengan ukuran tanaman yang akan tumbuh supaya pot tidak pecah nantinya.

Jika ingin hemat gunakan saja kreasi pot yang terbuat dari bahan plastik.

Yang kedua adalah Rak. Rak berfungsi sebagai penyangga pot dan agar taman terlihat rapi. Ketika memilih rak, carilah yang terbuat dari besi supaya lebih kuat.

Jangan lupa catlah rak tersebut terlebih dahulu dengan cat anti karat.

Selanjutnya media yang kamu perlukan adalah papan penyangga. Pilihlah papan penyangga dengan bahan yang cukup kuat, tahan karat namun lentur seperti fiberglass atau PVC.

Hal yang perlu kamu perhatikan lagi adalah media tanam. Masukkan media tanam seperti bahan organik maupun anorganik ke dalam pot.

Untuk bahan organik dapat berupa sabut kelapa, arang kayu dan pupuk kompos. Sedangkan bahan anorganik adalah pasir, tanah liat dan kerikil.

Pastikan juga ketahann tembok, rak dan papan penyangga tersebut harus kuat.

Jadi terdapat dua cara dalam membuat tanaman dinding, pertama menumbuhi dinding dengan tanaman rambat langsung dan yang kedua dengan menggunakan media untuk membuat taman.