Jika kita bicara mengenai kesehatan mungkin ada sebagian orang yang tidak menyukai konsumsi obat sebagai sarana pengobatan atas penyakit yang mereka derita. Biasanya orang orang tersebut lebih memilih pengobatan herbal menggunakan tanaman.

Ada banyak alasan mengapa sebagian pasien lebih memilih obat herbal. Salah satunya adalah obat herbal tidak memiliki efek samping apapun bagi penderita. Walaupun efek dari penyembuhan dengan tanaman herbal sedikit lebih lambat jikan dibandingkan dengan obat kimia.

Oleh karena itu, tidak jarang juga mereka memilih untuk menanam sendiri tanaman herbal tersebut. Hal ini disebabkan semakin sedikit orang yang mau menanam tanaman herbal karena lebih memilih untuk menggunakan obat kimia.

Tanaman herbal yang ditanam sendiri biasanya adalah jenis tanaman yang dapat digunakan untuk bumbu memasak. Selain itu tanaman herbal yang berfungsi sebagai bumbu tersebut sangat mudah untuk dikembang biakkan.

Berikut contoh tanaman herbal yang sering ditanam pada area sekitar rumah yang juga berfungsi sebagi bumbu dapur.

1Lengkuas

Lengkuas merupakan jenis tanaman yang berfungsi sebagai penyedap rasa dari masakan. Akan tetapi lengkuas juga dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi tumor, limfa, sakit kepala, rematik, radang, dan juga diare.

Selain itu lengkuas juga mengandung anti bakteri dan anti jamur, sehingga dapat kamu gunakan untuk mengatasi masalah jamur pada kulit seperti panu dan kutu air. Caranya cukup dengan mengoleskan lengkuas yang telah dipotong atau di tumbuk kasar beberapa kali.

2Asam

Banyak orang yang telah mengetahui manfaat dari tanaman herbal yang satu ini. Selain berfungsi sebagai bumbu masakan jenis sup, asam juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah nyeri saat menstruasi serta bau badan yang menyengat.

Caranya adalh dengan mencampurkan beberapa butir asam dengan kunyit yang telah diambil sarinya. Kemudian dimasukkan kedalam air. Rebus hingga mendidih kemudian tambahkan gula merah secukupnya. Minum dua sampai tiga kali sehari selama beberapa hari.

3Temulawak

Curcunanaxanthorrhiza atau yang biasa kita sebut dengan temulawak ini memiliki menfaat untuk menambah nafsu makan, mengobati penyakit hepatitis B, anemia atau kurang darah dan juga mengurangi jerawat.

Temulawak mengandung antioksidan tinggi dan anti keracunan empedu atau anti radang serta mencegah kanker.