Bunga adalah tanaman yang memiliki keberagaman jenis dan manfaat. Keindahan pesona pada bunga membuat banyak orang antusias memelihara berbagai tanaman hias berupa bunga. Taman yang dipenuhi dengan bunga akan nampak sangat indah dan elok dipandang.

Di Indonesia terdapat beberapa taman bunga yang menjadi tempat destinasi wisata oleh masyarakat.

Bahkan warga negara asing juga antusias berkunjung ke Indonesia untuk menyaksikan pesona bunga-bunga yang ada di negara kepulauan ini.

Bunga adalah tanaman hias yang menghasilkan bunga itu sendiri. Karena ada juga tanaman hias yang tidak memiliki bunga.

Untuk kali ini kamu akan mengetahui lebih banyak tentang bunga apa saja yang bisa dipelihara dirumah dan mampu menjadi penambah pesona pada rumahmu.

1Melati

www.digaleri.com

Selain wanginya yang semerbak bunga melati juga memiliki penampilan yang elegan. Melati sangat terkenal di Indonesia, bahkan bunga melati menjadi salah satu bunga nasional Indonesia bersama dengan bunga anggrek bulan dan raflesia.

Melati tidak memerlukan perlakuan khusus. Ia bisa ditanam dihalaman secara langsung atau di pot bunga sekalipun. Kamu hanya perlu sesekali melakukan pemangkasan untuk mengendalikan ukuran tanaman.

Jangan lupa rutin menyiram bunga melati ya.

2Asoka

www.fotolepas.com

Bunga yang satu ini sangat ramai diwilayah pedesaan. Bunga yang memiliki nama latin Saraca indica ini perawatannya sangat gampang. Tumbuhan ini mampu hidup normal di tempat yang terik (dengan banyak sinar matahari) maupun tempat yang teduh.

Mungkin itulah sebabnya kenapa asoka banyak ditemui diberbagai daerah di Indonesia.

3Bougenville

id.wikipedia.org

Siapa yang tidak kenal bunga bougenville? Atau bunga ini juga lebih dikenal dengan nama bekennya alias bunga kertas. Penampilannya yang mirip kertas memang cocok untuk bunga ini sehingga dijuluki dengan nama bunga kertas.

Wah, ternyata bunga kertas ini berasal dari Amerika Selatan lho. Tetapi karena dia mudah beradaptasi dengan berbagai iklim, saat ini bunga bougenville cukup mudah didapatkan di Indonesia.

4Kembang Sepatu

commons.wikimedia.org

Entah dari mana asal nama kembang sepatu ini, padahal dari bentuknya saja bunga ini sangat jauh dari sepatu. Ya namanya juga Indonesia, semua punya julukan masing-masing.

Bunga sepatu adalah jenis tanaman yang sangat mudah ditanam dan dipelihara. Sangat cocok untuk kamu yang tertarik dengan tanaman hias sebagai tambahan koleksimu ditaman.

5Alamanda

www.kebunpedia.com

Bunga Alamanda merupakan kumpulan dari tanaman jenis Allamanda. Tetapi spesies yang populer di Indonesia adalah spesies Allamanda Cathartiva.

Bunga ini memiliki sebutan sebagai bunga terompet emas, bunga lonceng kuning ini merupakan bunga yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan.

Tanaman ini tumbuh secara bergerombol dan mudah berkembang dengan cepat bahkan di pot sekalipun. Walaupun tidak dapat mengeluarkan bau yang harum, tetapi bunga ini sangatlah enak untuk dipandang karena keindahannya.

6Begonia

www.gardeningknowhow.com

Banyak alasan kenapa begonia bisa menjadi salah-satu pilihan kita ketika hendak memilih kembang untuk ditanam di pot gantung. Selain perawatannya yang mudah, begonias juga sangat sering berbunga serta membuat kebun terlihat penuh dan utuh.

Sebenarnya begonia ini asli dari daerah tropis dan subtropis, namun ia juga bisa tumbuh dengan keadaan lingkungan yang sedikit berbeda.

Rupa tanaman ini mirip dengan mawar, dan bisa tumbuh tinggi dari 6 sampai 9 inchi. Varietas dan pilihan warnanya banyak. Lebih dari 10.000. Perawatannya juga cenderung mudah.

7Anggrek

jualanggrekmurah.wordpress.com

Yang satu ini tentu yang sangat ditunggu-tunggu. Anggrek sangatlah favorit dikalangan masyarakat Indonesia. Selain penampilannya yang elegan, anggrek juga memiliki banyak varian jenis.

Tanaman hias jenis anggrek juga sangat cocok ditempatkan di taman minimalis. Tanaman ini memiliki sifat menginang dan membutuhkan media sebagai tempat hidupnya. Anda bisa meletakkannya di taman minimalis dengan cara digantung.

Selain dari 7 tanaman hias bunga diatas sebenarnya masih banyak tanaman hias bunga lainnya yang tersebar diberbagai penjuru di Indonesia. Karena Indonesia memang sangat kaya dengan keberagaman keindahan alamnya.

So, jangan sungkan untuk menanam bunga ya.

SHARE