Tanaman hias di dalam ruangan. Sudah bisa membayangkan Guys? Ya pokoknya tanaman hias,bukan yang tanaman jadi-jadian seperti bunga plastik itu lho. Nah tanaman hias ini diletakkan di dalam ruangan.

Tanaman hias yang ditaruh di dalam ruangan itu punya manfaat yang tidak sembarangan lho Guys. Apa saja sih? Check it out deh Guys, pasti kamu jadi pengen deh punya tanaman hias yang ditaruh di dalam ruangan. Hehe.

1Mengurangi Debu

popeti.com

Manfaat tanaman hias dalam ruangan dapat meningkatkan tingkat kelembaban Guys. Nah, kadar kelembaban yang meningkat ini bisa mengurangi debu dan mampu menekan kemungkinan terserang penyakit akibat udara dingin hingga 30%.

2Menyembuhkan Sakit Kepala

infojajan.com

Karbon dioksida yang tinggi dalam ruangan dapat menyebabkan sakit kepala. Tanaman hias dalam ruangan memproduksi oksigen dan menurunkan kadar karbon dioksida, sehingga kita lebih banyak menghirup udara yang lebih segar dan sehat.

3Menghilangkan Kantuk

mencegahpenyakit.com

Karbon dioksida berlebih dalam ruangan dapat membuat kamu cepat lelah dan mudah mengantuk. Selama proses fotosintesis, tanaman menyerap karbon dioksida dalam ruangan dan melepaskan oksigen, sehingga kadar oksigen dalam ruangan lebih banyak.

4Menghilangkan Stres

pegipegi.com

Setiap warna memiliki efek berbeda secara psikis. Melihat benda-benda berwarna hijau seperti tanaman, dapat membuat pikiran lebih segar dan bebas stress. Wow!

5Meredakan Hidung Mampet

tumbuh-kembang.co.id

Beberapa jenis tanaman, seperti eucalyptus, dapat menghilangkan dahak dan meredakan sistem pernapasan. Jalur tenggororokan pun menjadi bebas hambatan dan meredakan hidung mampet saat kamu diserang flu.

Tanaman juga berkhasiat sebagai antiseptik alami. Hisap aroma daun eucalyptus, tapi jangan sesekali memakannya lhoh Guys. Kita pun akan terbebas dari hidung mampet.

6Melembabkan Kulit

harnas.co

Tanaman menjadi filter alami bagi udara dan dapat meningkatkan kelembaban udara dalam ruangan, sekalipun kita tinggal di lingkungan dengan iklim yang kering. Hal ini baik untuk menjaga kondisi kulit agar tidak kering.

Naah, gimana tuh? Manfaatnya saja sudah seperti itu? Masih kurang apa cobaa?
Eits, setelah kita bahas manfaatnya yang menarik ini, kita bakal membahas apa saja sih tanaman hias yang biasa diletakkan di ruangan. Apa saja hayoo? Simak lagi yuk!

naturechoiceindonesia.wordpress.com
naturechoiceindonesia.wordpress.com

Palem, tanaman keluarga sawit yang juga dikenal sebagai Arecaceae atau Palmae, sangat populer dan sangat mudah untuk melihat. Dikenal sebagai pembersih udara alami.

Palem khusus menargetkan dan menghapus formaldehida, benzena dan karbon monoksida (yang sangat membantu jika seseorang dalam lingkungan perokok). Tambah lagi nih Guys manfaatnya.

lintasnews.com
lintasnews.com

Lidah Buaya, aloe vera, yang di Indonesia dikenal sebagai lidah buaya. Tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka dan mulai dikembangkan sebagai bahan industri kosmetik, farmasi.

Dan makanan-minuman kesehatan ini ternyata mempunyai kemampuan sebagai penyerap polutan. Aloe vera mampu menetralisir racun benzena, formaldehida (formalin), dan berbagai bahan kimia lainnya.

Sansevieria atau lidah mertua, lidah mertua merupakan salah satu tumbuhan yang mampu menyerap racun (polutan) berbahaya di udara.

Tanaman Sansevieria atau Lidah Mertua mampu bertindak sebagai pembersih udara dengan menyerap dan menetralisir polutan (racun) dari udara.

Tanaman penyerap racun yang merupakan sebuah genus dengan nama Sansevieria ini mempunyai bentuk yang khas sehingga mudah dikenali.

100gambarbunga.blogspot.com
100gambarbunga.blogspot.com

Bunga Krisan, bunga krisan atau seruni adalah bunga warna-warni. Dalam bahasa Inggris dikenal juga sebagai Florist’s daisy atau Hardy garden mum. Di dalam pot mampu tumbu hingga 90 cm.

Selain wangi, tanaman ini mampu menghilangkan benzena (dari lem, cat, plastik dan deterjen), formaldehida, dan bahan kimia lainnya dari udara.

alamendah.org
alamendah.org

Apu-apu, kapu-kapu, atau kayu apung (Pistia stratiotes). Nah, buat Kamu yang punya akuarium di sudut rumah, tanaman hias satu ini bisa meringankan bebanmu lhoooh. Yups, au-apu.

Apu-apu menjadi salah satu tanaman air yang multifungsi. Selain sebagai penghias (tanaman hias air), apu-apu berfungsi juga sebagai pembersih dari pencemaran air. Selain itu, tumbuhan air apu-apu, termasuk salah satu tanaman hias yang mudah perawatannya dan bandel.

Gimana Guys? Pasti sudah kenal tanaman itu semua bukan? Untuk rumah dan ruangan pribadimu, boleh dicoba kok! Semoga bermanfaat.

SHARE