Bagi kamu yang suka atau memiliki hobi yang berkaitan dengan tanaman hias atau bunga, barangkali bisa mencoba menanam beberapa jenis bunga yang memiliki warna yang cantik dan bentuk yang indah serta perawatan tanamannya yang tidak begitu sulit.

Beberapa diantaranya seperti berikut ini.

1Melati

pernikdunia.com

Bunga melati begitu terkenal di seantero negeri ini. Bahkan terdapat jenis melati putih yang memiliki nama latin Jasminum sambac, ditetapkan sebagai salah satu bunga nasional Indonesia bersama dengan anggrek bulan dan Raflessia arnoldi.

Melati memiliki kelopak mata putih dan baunya sangat harum. Tanaman ini sangat mudah perawatannya dan paling tahan terhadap hama. Melati juga tidak memerlukan perawatan khusus. Kamu hanya perlu melakukan pemangkasan untuk merapikan rantingnya.

2Bougenville

deviantart.com

Bougenville atau sebagian masyarakat menyebutnya dengan bunga kertas karena kelopaknya yang bertekstur seperti kertas. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan. Namun kita mudah mendapatinya di Indonesia karena tanaman ini mudah berkembang di kawasan beriklim tropis.

Perawatannya juga mudah dan tidak perlu ada perlakuan khusus untuk menanamnya.

3Asoka

farizahaqie.blogspot.com

Bunga dengan nama latin Saraca indica ini perawatannya cukup mudah. Tamaman ini bisa hidup di tempat yang terik ataupun yang teduh. Jenis bunga Asoka ini beraneka ragam. Ada yang hanya memiliki satu warna kelopak dalam satu pohon dan ada yang bermacam-macam warnanya.

4Kembang Sepatu

fotografindo.com

Bunga ini dapat tumbuh dengan mudah pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Hanya saja, tanaman ini dapat tumbuh besar. Sehingga disarankan bagi kamu yang ingin menanamnya bisa menggunakan pot.

Walau namanya kembang sepatu, namun bunga ini memiliki bentuk yang tidak mirip sama sekali dengan sepatu. Bunga ini memiliki nama latin Hibiscus rosasinensis. Di dataran Melayu lebih dikenal dengan bunga raya dan di Jawa sering disebut worawari.

5Kemuning

ahli-farmasi.blogspot.com

Bunganya tidak terlalu besar. Tanaman ini memiliki warna bunga putih dan bau khas yang harum. Kemuning dapat tumbuh dengan baik pada daerah dengan jumlah panas matahari yang cukup.

6Kenanga

zonapos.tk

Bunga dengan nama latin Cananga odorata ini merupakan salah satu tanaman asli Indonesia. Bahkan ditetapkan sebagai tanaman identitas Propinsi Sumatera Utara. Bunga kenanga memiliki kelopak berwarna hijau dan selalu berubah menjadi kuning sebelum akhirnya gugur.