Tentu kita tidak asing dengan Tanaman Obat Keluarga atau biasanya disingkat dengan istilah TOGA. Tanaman Obat Keluarga (TOGA) adalah tanaman yang ditanam di halaman rumah, kebun ataupun ditanam di dalam pot.

Tanaman-tanaman tersebut dimanfaatkan sebagai budidaya tanaman yang berkhasiat sebagai obat untuk memenuhi kebutuhan keluarga akan obat-obatan.

Selain untuk obat keluarga, tanaman obat ini juga berfungsi sebagai pemanfaatan lingkungan di sekitar rumah dan kebun.

Jadi tak ada salahnya jika kamu mencoba untuk memanfaatkan lingkunagn sekitar rumah dengan menanami tanaman-tanaman obat.

Di jaman modern ini, tanaman obat masih cukup digemari olah masayarakat. Terutama sebagian besar adalah kelompok masyarakat yang menyadari dengan benar fungsi macam-macam tanaman obat yang ada.

Pemanfaatan TOGA sebagai obat tidak memberikan efek samping yang banyak daripada obat-obat kimia. Karena tanaman ini mengatasi masalah kesehatan secara tradisional.

Umumnya gejala gangguan kesehatan yang memanfaatkan TOGA antara lain demam, sakit perut, batuk dan gatal-gatal. Bagian tanaman-tanaman yang dimanfaatkan untuk obat adalah daun, batang, akar, umbi, biji dan buah.

Jika kamu ingin menanam TOGA di perkarangan rumahmu, kamu perlu tahu apa saja macam-macam TOGA dan manfaatnya. Nah berikut beberapa macam Tanaman Obat Keluarga dan manfaatnya.

1Temulawak

assets.jamuheritage.com

Temulawak merupakan tanaman obat asli khas Indonesia yang telah dimanfaatkan sejak lama oleh leluhur kita. Tanaman ini sudah kita kenal selama ini sebagai obat untuk mengobati perut kembung dan maag.

Selain itu temulawak juga dapat untuk mengobati sakit kuning, pegal-pegal dan meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas tubuh.

2Jahe

assets-a1.kompasiana.com

Jahe merupakan salah satu rempah yang sering dijadikan bumbu dapur. Selain itu ternyata jahe juga digunakan untuk resep pengobatan tradisional.

Jika kamu masuk angin, kamu dapat mengobatinya dengan wedang jahe. Dimana minuman dari jahe ini sangat berkhasiat bagi kesehatan.

Cara membuat minuman dari jahe  cukup mudah, seibu jari jahe tua dicuci, dimemarkan. Rebus dengan 2 gelas air dan beri sedikit gula aren. Didihkan sekitar ¼ jam lalu saring. Minum dalam keadaan masih hangat.

Selain untuk masuk angin jahe digunakan untuk obat batuk, sakit kepala, mual, panu, dll.

3Belimbing Wuluh

i1111.photobucket.com

Belimbing wuluh biasanya tumbuh liar di perkebunan warga atau ditanam sebagai tanaman pagar atau di halaman rumah.

Buahnya yang asam sering dijadikan campuran minuman, rujak ataupun sayur asam. Selain itu belimbing wuluh kerapkali juga digunakan sebagai obat tradisional.

Manfaat belimbing wuluh antara lain untuk mengobati batuk, rematik, sariawan, penyakit gondongan, sakit gigi, darah tinggi bahkan bisa dijadikan obat jerawat tradisional.

4Ciplukan

ciplukan.net

Mungkin kamu pernah menemui tanaman liar ini. Tanaman ciplukan sangat umum kita jumpai di daerah persawahan ataupun tumbuh di kebun.

Tapi tahukah kamu, ternyata tanaman ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari daun, buah dan batangnya dapat dimanfaatkan untuk obat tradisional.

Terdapat beberapa kandungan di dalam ciplukan seperti vitamin C, asam palmitat, alkaloid, chlorogenic acid, polifenol dan lain sebagainya yang terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

Perlu kamu ketahui bagian-bagian dari tanaman ciplukan yang bermanfaat untuk pengobatan penyakit antara lain akar ciplukan berkhasiat mengobati diabetes melitus.

Buahnya untuk mengobati sakit tenggorokan, sariawan dan gusi berdarah. Selanjutnya daun ciplukan berkhasiat untuk mengobati bisul.

Pada dasarnya semua bagian tumbuhan ciplukan tersebut cara pengolahannya hampir sama yaitu dengan merebusnya terlebih dahulu kemudian tinggal meminumnya.

Namun khusus untuk buahnya, kamu dapat merebusnya terlebih dahulu atau dapat memakannya secara langsung.

5Beluntas

daunbeluntas.com

Tanaman ini banyak kita jumpai di pedesaan. Karena mempunyai banyak cabang dan daun yang rimbun, kebanyakan orang pedesaan memanfaatkan tanaman beluntas untuk dijadikan pagar hidup.

Tanaman ini hidup dengan cara yang liar dan dapat mudah tumbuh meski tak sengaja dibudidayakan. Meski demikian, ternyata beluntas dapat digunakan sebagai obat herbal yang cukup ampuh.

Beluntas bermanfaat untuk mengurangi pegal linu, menghilangkan bau badan, menghilangkan keputihan, mengatasi rematik dan perut kembung.

6Jeruk Nipis

pohonrindang.com

Buah yang memiliki rasa sangat asam ini sangatlah kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Begitu banyak resep tradisional warisan nenek moyang dimana jeruk nipis merupakan bahan utamanya.

Begitu juga pengobatan modern, ekstrak jeruk nipis biasa dijadikan sebagai obat untuk beberapa penyakit, selain itu juga untuk produk kecantikan dan bahkan produk pencuci peralatan dapur.

Manfaat jeruk nipis untuk pengobatan antara lain sebagai obat kumur pada penderita sakit tenggorokan, mengatasi disentri, sembelit, haid tak teratur, suara serak, batuk, bau badan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Masih banyak lagi tanaman-tanamn yang dapat dijadikan sebagai obat keluarga.

Setelah kamu mengetahui beberapa TOGA di atas, mungkin kamu berminat untuk menanam atau membudidayakan beberapa tanaman untuk dijadaikan Tanaman Obat Keluarga. Tidak ada salahnya jika mencoba, semoga bermanfaat.