Musim hujan memang asyik kalau ditemani sama makanan yang anget-anget, misalnya bakso.

Tetapi jadi ngga asyik kalau lagi makan bakso banyak nyamuk yang ikut nimbrung nyari makan. Bener ngga guys? Bukan asyik makan bakso nanti justru asyik berburu nyamuk. Haha.

Nah, untuk itu lagi-lagi kamu akan mendapat bocoran tips dan trik mengusir nyamuk dengan bahan-bahan alami yang tidak membahayakan bagi kamu dan lingkungan.

Meskipun sekarang sudah banyak obat nyamuk yang dijual dipasaran, tetapi akan lebih baik jika kamu mencoba dengan bahan yang alami.

Bahan alami tidak akan menimbulkan masalah baru dan tidak membawa aroma-aroma bahan kimia seperti yang terkandung pada obat-obatan yang sudah beredar saat iini.

Terdapat banyak jenis tanaman disekitarmu yang ampuh mengusir nyamuk. Tanaman ini sebenarnya sudah digunakan oleh nenek moyang kita dari tahun ke tahun.

Mereka biasanya menanamnya disekitar rumah atau mengoleskannya pada tubuh.

1Basil/Kemangi

id.wikipedia.org

Biasanya memang kemangi selalu dihidangkan bersamaan dengan ikan bakar dan sambal terasi. Tetapi ternyata kali ini kemangi dipercaya ampuh mengusir nyamuk lho.

Kamu bisa menanamnya didalam atau sekitar rumah, kamu juga bisa membuat spray dengan bahan dasar kemangi.

Tuangkan  4 ons air mendidih dalam 4 sampai 6 ons daunnya. Biarkan dulu selama beberapa jam, lalu tuangkan 4 ons vodka dengan air basil tersebut.

Simpan di kulkas dan cairan itu pun bisa disemprotkan. Dengan catatan, jangan sampai mengenai mata, mulut dan hidungmu ya.

2Lemongras

www.myessential8.com

Tanaman yang satu ini juga ampuh mengusir nyamuk, ia bisa tumbuh dengan tinggi dan subur jika dirawat dengan benar.

Lemongras bisa tumbuh tinggi sampai 4 kaki dan lebarnya 3 kaki. Tanaman sejenis rumput ini terdapat di Florida Selatan.

Ia bisa ditanam dalam pot atau di tanah, dengan kondisi drainase air yang baik. Selain aromanya, ia juga bisa jadi bahan masakan. Orang Asia biasa menyebutnya dengan lemongrass dan orang sunda menyebutnya sereh.

3Zodia

www.flickr.com

Tanaman asli papua ini memang agak jarang ditemui. Dengan kandungan zat evodiamine dan rutaecarpine nya tanaman zodia ampuh mengusir nyamuk-nyamuk yang beredar dirumah.

Cara menggunakan tanaman zodia adalah dengan meletakkannya di daerah yang dilalui angin, misalnya jendela atau kipas angin sehingga aroma zodia bisa menyebar keseluruh ruangan.

Tapi jangan letakkan tanaman ini pada ruang yang sempit dan sirkulasi terbatas, karena aroma zodia bisa menyebabkan pusing.

4Rosemary

www.innercalms.co.uk

Rosemary menghasilkan bau yang mirip dengan bau minyak telon. Dan bau ini ternyata sangat tidak disukai oleh nyamuk.

Tanaman pengusir nyamuk yang satu ini bisa tumbuh dengan baik dibawah sinar matahari, namun bila ingin digunakan untuk mengusir nyamuk, kamu bisa menanamnya didekat jendela.

5Citroso Mosquito

www.amazon.com

Citroso mosquito merupakan tanaman negri kincir angin. Tanaman ini memiliki aroma lemon yang sangat kuat, sehingga serangga atau nyamuk tidak akan berani memasuki wilayah yang memiliki aroma tanaman ini.

Selain menyukai sinar matahari, citroso mosquito juga tidak membutuhkan perawatan khusus dalam memeliharanya.

6Kecombrang

agriculturelifestyle.com

Kecombrang merupakan bunga yang cukup populer di Indonesia. Di daerah sunda tanaman ini dikenal dengan nama kantan atau honje.

Bunga, biji dan batang bunga kecombrang sebenannya lebih sering digunakan untuk penyedap masakan. Tetapi ternyata juga ampuh untuk mengusir nyamuk.

Warnanya yang bagus juga sangat cocok jika disandingkan dengan tanaman hias lainnya. Jadi selain mengusir nyamuk bunga ini juga bisa menjadi penghias rumahmu. Asyik kan?

7Akar Wangi

lingkunganitats.wordpress.com

Tanaman akar wangi merupakan salah satu tanaman pengusir nyamuk yang tidak cocok untuk ditanam dengan menggunakan media pot.

Tanaman sejenis rumput-rumputan ini seringkali tumbuh secara liar di daerah pekarangan rumah, salam seperti rumput yang lain.

Bau menyengat dari akar wangi ini konon terbukti ampuh dalam mengusir nyamuk tatkala sudah tercium. Bahkan, nyamuk sekelas aedes aegypti pun tidak menyukai sensasi aroma dari akar wangi.

8Selasih

modulbiologi.com

Selain dapat mengusir nyamuk, menggunakan daun selasih bisa juga kau manfaatkan sebagai lalapan atau bumbu masak.

Tanpa perawatan khusus, tumbuhnya tanaman selasih di sekitar pekarangan secara liar nyatanya terbukti dapat mengusir nyamuk dengan aroma khasnya.

9Lidah Buaya

necturajuicesurabaya.wordpress.com

Perlu diketahui bahwa lidah buaya bukanlah tanaman pengusir nyamuk, akan tetapi tanaman ini dapat digunakan sebagai penghilang bengkak dan gatal akibat gigitan nyamuk.

Cukup oleskan gel lidah buaya ke beberapa yang sudah terkena gigitan nyamuk, Inshaa Allah rasa gatal dan bengkak akan hilang dengan sendirinya.

10Suren

ethercahyadi.blogspot.com

Jika kecobrang adalah tanaman hias pengusir nyamuk, maka lain halnya dengan Suren. Suren adalah pohon pengusir nyamuk dan serangga yang cukup populer.

Di dalam daun dan kulit kayu pohon suren terkandung zat surenin, surenon dan surenoklaton yang mana memiliki kemampuan dalam mengusir nyamuk dan serangga secara efektif.

Tak heran jika beberapa petani daerah terkadang menanamnya di kebun agar hama di sekitar dapat terusir dengan pohon suren.

11Marigold

theflowerexpert.com

Di kawasan Guatemala dan Meksiko, terdapat salah satu bunga atau tanaman pengusir nyamuk paling ampuh yaitu marigold.

Masyarakat Indonesia sering menyebut tanaman dengan bunga tai ayam karena warnanya yang serupa dengan kotoran ayam.

Meskipun begitu, tanaman marigold nyatanya masih banyak ditanami di area pinggir jalan sebagai tanaman hiasan.

Agar tanaman marigold dapat bekerja secara efektif dalam mengusir nyamuk, usahakan untuk menanamnya di pekarangan rumah atau di dalam pot supaya aroma semerbak dari tanaman tersebut bisa menyebar ke seluruh penjuru rumah.

12Lavender

en.wikipedia.org

Mendengar kata Lavender, sepertinya bunga yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Usut punya usut, tayangan ikan lotion anti nyamuk di TV-lah yang membuat Lavender terkenal karena mengandung bahan tersebut.

Selain sebagai pengusir nyamuk, Lavender disebut-sebut juga dapat digunakan sebagai tanaman penghias halaman rumah.

Kandungan lynalil acetate dan linalool pada bunga Laveder menimbulkan sebuah bau yang mana nyamuk sangat tidak suka, sehingga sekawanan nyamuk pun akan merasa pusing lalu pergi ketika aromanya tercium.

Kawasan pegunungan Alpen, Swiss merupakan tempat asal muasal bunga Lavender berada.

Untuk membuat lotion anti nyamuk dari bunga Lavender, pertama-tama kita harus menyulingnya terlebih dahulu. Akan tetapi, kamu juga bisa loh menggunakannya secara langsung.

Caranya, gosokkan bunga Lavender ke area permukaan kulitmu yang tidak tertutup oleh pakaian atau apapun. Untuk kamu yang lagi suka bepergian di area banyak nyamuk, mungkin cara ini sangat cocok untuk dilakukan.

Lain halnya jika kita ingin mengurangi tingkat populasi nyamuk di rumah. Yang perlu kamu lakukan hanyalah menanamnya di sekitar rumahmu saja dan jangan lupa dirawat.

13Zodia (Evodia suaveolens)

belitung.tribunnews.com

Orang Papua terbiasa menggosok kulitnya dengan dedaunan tertentu sebelum masuk ke hutan. Maksudnya agar terlindungi dari serangan serangga, khususnya nyamuk.

Daun-daun tersebut berasal dari tanaman yang disebut zodia (Evodia suaveolens). Kita ketahui, zodia ini tanaman asli Indonesia yang berasal dari Papua.

Mengapa nyamuk takut pada zodia?

Tanaman zodia termasuk famili Rutaceae. Mengandung zat evodiamine dan rutaecarpine. Menurut Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), minyak yang disuling dari daun zodia mengandung linalool 46% dan apinene 13,26%.

Linalool inilah yang berfungsi sebagai pengusir nyamuk. Menurut penlitian Balittro (2004), daun zodia mampu menghalau nyamuk selama 6 jam, dengan daya halau  sebesar lebih dari 70 persen.

Selain efektif mengusir nyamuk, baru-baru ini para ilmuwan menemukan khasiat lain dari zodia, misalnya penyembuh sakit kepala, disentri, dan pembunuh sel kanker. Bunganya pun dapat dijadikan obat gosok untuk mengobati masuk angin.

Zodia akan mengeluarkan aroma harum bila daun-daunnya saling bergesakn, terutama jika daunnya ditiup angin. Jika kamu ingin menempatkannya di dalam ruangan, Letakkan 1-2 pot dalam ruangan.

Taruh di sekitar tempat angin masuk dalam ruangan, bisa juga di sudut ruangan tertentu, yang di dekatnya ada kipas angin. Aroma yang cukup wangi pun akan keluar.

Harap diperhatikan jangan terlalu banyak, karena untuk pertimbangan estetika dan belum tentu semua orang menyukai atau tahan terhadap aromanya (jika terlalu banyak).

Pada umumnya,  tanaman ini ditanam di pot, dan digunakan sebagai tanaman hias dalam ruangan (indoor plant).

Tidak ada salahnya jika kamu menanamnya di halaman rumah. Bahkan, bisa memberikan kesejukan tersendiri.

Tinggi tanaman  bisa mencapai 200 cm. Daunnya hijau agak kekuningan, pipih panjang tapi lentur, dan menyejukkan mata yang memandang.

Tanaman zodia dapat diperbanyak memalui stek ranting maupun biji. Ketika sudah berbunga dan berbiji, biji zodia akan jatuh dan tumbuh di sekitarnya.

Hanya saja, fase pertumbuhan membutuhkan perhatian tersendiri. Bila langsung kena sinar matahari, mudah mati.

Namun, jika kurang sinar matahari justru pertumbuhannya tidak sehat. Tanaman ini akan tumbuh subur bila dikembangkan di daerah yang cukup dingin.

14Geranium/Tapak dara (Polargonium sitrosa)

en.wikipedia.org

Geranium lazimnya adalah tanaman outdoor, namun tidak ada salahnya jika kamu menanamnya di pot untuk tanaman dalam ruangan sebagai pengusir nyamuk. Jenis tanaman ini mengandung zat yang mudah terbang memenuhi udara sekitarnya.

Tempatkan di dekat jendela sehingga aromanya terbawa angin mengarah ke dalam ruangan. Harumnya khas agak langu. Bau tersebut berasal dari kandungan yang dimiliki geranium, yakni zat citronella. Citronella inilah yang mampu mengusir nyamuk.

Tanaman geranium (Pelargonium citrosa) tumbuh merumpun, banyak anakan. Daunnya hijau, berbentuk menjangkar (menyerupai jangkar), tepi daun bergerigi.

Batangnya banyak mengandung air. Lazimnya diperbanyak dengan menggunakan stek anakan.

Tanaman geranium sekurang-kurangnya memiliki tiga varian, yakni Citrosa mosquito fighter, Cirosa queen of lemon, dan Citrosa lady diana. Citrosa mosquito fighter dahulunya cukup mudah ditemukan di daerah sekitar Bandung dan Sukabumi.

Tumbuh liar di sekitar sawah, daunnya digunakan oleh orang-orang kampong untuk diselipkan di antara pakaian dalam lemari.

Konon, kasiatnya selain mengusir nyamuk juga mampu mengusir ngengat. Selain itu akan memberikan aroma khas seperti kamper alami. Sekarang, tanaman ini kembali diburu orang, terlebih di zaman dimana pola hidup “back to nature” makin ngetren.

15Catnip (Nepeta cataria)

en.wikipedia.org

Catnip termasuk tanaman herbal yang berumur pendek, bentuknya seperti gulma dan tingginya bisa mencapai 50-100 cm.

Batangnya berbetuk persegi, daunnya bergerigi dan berwarna coklat-hijau. Bunganya berwarna putih, ungu pucat atau merah muda. Tanaman ini mekar pada musim semi dan musim gugur.

Catnip merupakan pengusir nyamuk yang efektif. Tanaman catnip mengandung zat kimia nepetalactone yang 10 kali lebih efektif dalam mengusir nyamuk dan serangga,

dibandingkan zat kimia Diethyl-meta-toluamide (DEET) yang merupakan salah satu bahan pembuat obat serangga.

Tanaman ini bisa menjadi alternatife obat anti nyamuk non toksik dan bisa digunakan untuk obat semprot tradisional.

Tanaman ini juga sangat disukai kucing, dan bisa membuat kucing merasa pusing. Bagian yang disukai kucing adalah bagian akarnya.

16Keamanan Penggunaan Obat Nyamuk Kimia

datdut.com

Menggunakan obat nyamuk memang sebaiknya berhati-hati. Sebab pada dasarnya obat nyamuk adalah racun yang berfungsi untuk mematikan ataupun mengusir nyamuk. Jika masuk tubuh, bisa menimbulkan efek yang tidak diinginkan.

Pada obat nyamuk semprot, bahan aktif yang digunakan adalah Propoxur, Transfluthrin dan Diethyltoluamide (DEET), satu kelompok senyawa organofosfat.

Bahan ini cukup sulit untuk terurai. Bahan lain yang digunakan adalah Synthetic Pyirethroid, yaitu Prallethrin dan Permethrin. Kedua bahan yang disebut terakhir ini lebih mudah terurai sehingga lebih aman terhadap lingkungan.

Dalam penggunaannya, bahan-bahan kimia tersebut dibuat untuk hampir pada semua jenis obat nyamuk, baik itu obat nyamuk elektrik, semprot, bakar dan lotion.

Losion atau pengusir nyamuk berbentuk spray biasanya ditambahkan zat DEET, dengan kadar dapat mencapai 100 persen.

Di satu sisi, bahan kimia ini menawarkan perlindungan terhadap nyamuk hingga 12 jam,tapi di sisi lain, menggunakan bahan kimia berisiko memberi dampak buruk bagi kesehatan.

DEET dapat mengiritasi kulit, bahkan pada beberapa kasus dapat menimbulkan reaksi kulit yang parah.

Terdapat beberapa laporan bahwa bahan ini juga berpotensi menyebabkan insomnia, gangguan fungsi kognitif, dan gangguan suasana hati, pada orang-orang yang terpapar DEET dosis tinggi.

Penelitian menunjukkan bahwa losion atau semprotan nyamuk yang mengandung DEET aman terhadap anak kecil di atas usia dua bulan hingga usia dewasa jika kadar DEET-nya hanya 10-30 persen. Mengenai dampaknya kepada anak-anak harus lebih diperhatikan lagi.

Obat nyamuk elektrik, semprot maupun bakar menyebarkan bahan anti nyamuk tersebut melalui udara. Cara ini sangat efektif, karena melalui udara, bahan-bahan terseut akan cepat tersebar ke seluruh ruangan.

Namun melalui udara pula, zat-zat tersebut sangat mudah masuk ke dalam tubuh manusia. Setiap hirupan nafas dapat memasukkan sejumlah bahan tersebut ke dalam paru-paru.

Harus dipahami bahwa meskipun obat nyamuk telah diformulasikan dengan berbagai bahan tambahan, seperti bahan pewangi, namun hal tersebut tidaklah menghilangkan efek buruk pada tubuh manusia.

Semua bahan tersebut di atas adalah bahan yang dapat mengganggu fungsi syaraf, sehingga dalam jangka panjang, penggunaannya dapat menimbulkan akibat buruk.

Salah satu yang sering dikritik adalah iklan obat nyamuk tersebut yang menampilkan seorang anak yang menghirup wangi ruangan setelah disemprot obat nyamuk.

Percayalah, jangan ditiru. Sebab wangi hanyalah aroma untuk menutupi bau yang tidak sedap, namun efeknya bagi tubuh, tetap sama saja tidak ada perubahan.

Bagaimana dengan obat nyamuk berbentuk lotion, apakah juga aman? Secara logika, ketika dioleskan di kulit, ada kemungkinan bahan penyusun obat nyamuk tersebut dapat terserap oleh tubuh.

Sebab pada kulit memang dapat menyerap berbagai zat yang dioleskan dipermukaannya. Apalagi pada kulit bayi. Karena itulah, penggunaan obat nyamuk berbentuk lotion sangatlah tidak dianjurkan untuk bayi di bawah usia 2 tahun.

Ancaman tingginya penyakit akibat gigitan nyamuk demam berdarah kini benar-benar sudah mengintai. Berbagai sumber data menyebutkan, jumlah pasien demam berdarah di sejumlah daerah setiap tahunnya menunjukkan tren yang semakin naik.

Berkaca dari hal tersebut, masyarakat pun merespon melalui tindakan pencegahan dengan giat menggunakan obat antinyamuk. Dari berbagai jenis antinyamuk, salah satu yang paling populer kita gunakan adalah lotion anti nyamuk.

Tetapi tahukah kamu, bahwa dalam lotion anti nyamuk, terdapat bahan kimia, yang tidak jarang menimbulkan iritasi kulit hingga yang paling parah menyebabkan kanker kulit.

dr Thomas Aquino da Gomez menjelaskan, apa sebenarnya zat berbahaya yang terkandung dalam lotion anti nyamuk.

Repellent atau lotion anti nyamuk dikenal sebagai salah satu jenis pestisida rumah tangga yang digunakan untuk melindungi kulit tubuh dari gigitan nyamuk.

Di dalamnya terkandung zat – zat kimiawi seperti DEET, permetrin, picaridin. DEET adalah bahan kimia aktif yang terdapat pada produk pembasmi serangga. Selain itu ada juga terdapat bahan yang berasal dari tumbuhan seperti citronella, cedar, dll.

Walaupun dalam promosi selalu dikatakan aman, namun tetap saja ada bahayanya, terutama pada jenis lotion anti nyamuk yang mengandung DEET > 30%.

Tidak hanya itu, Thomas menambahkan, efek samping yang paling cepat, saat terlalu sering menggunakan lotion antinyamuk dalam jangka waktu yang panjang, bisa saja kita terkena alergi pada permukaan kulit, iritasi,

dan eritema atau kemerahan pada kulit, atau paling parah penggunaan DEET > 30% dapat menyebabkan kanker kulit.

Maka, apa yang harus dilakukan? Tidak pakai obat antinyamuk, terkena demam berdarah. Memakai lotion anti nyamuk, terkena alergi atau iritasi.

Sebenarnya sederhana jawabannya, lotion antinyamuk yang beredar di sekitar kita, memiliki kandungan zat DEET yang berbeda-beda.

Nah, jadi usahakanlah untuk melihat komposisi bahan yang digunakan saat membeli lotion anti nyamuk dan pilihlah yang paling sedikit kadar DEET-nya.

Satu lagi, usahakan untuk membasuh bagian tubuh yang kita olesi lotion anti nyamuk setiap setelah bangun tidur, dan mandi di pagi hari, adalah cari paling simpel yang bisa kita lakukan untuk membilasnya.

Meski sampai saat ini belum ada efek samping dari pemakaian lotion obat nyamuk yang dilaporkan, namun tidak ada salahnya untuk waspada. Mencegah selalu lebih baik.

Maka itu untuk anak-anak, apalagi bayi, jangan sampai menggunakan obat nyamuk oles.

Untuk menghindari nyamuk, cara yang tebaik adalah dengan cara manual. Selambu adalah perangkat yang paling efektif.

Bahkan selambu kecil, berupa tudung, merupakan pilihan terbaik bagi bayi untuk melindunginya dari serangan nyamuk. Entah itu nyamuk demam berdarah aau jenis nyamuk lainnya.

17Kandungan Berbahaya Obat Nyamuk Kimia bagi Ibu Hamil

daralakhbar.com

Obat anti nyamuk merupakan salah satu produk yang mengandung bahan kimia aktif yang dapat mengganggu kesehatan terutama saluran pernapasan.

Bahan aktif dari obat nyamuk akan masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan atau kulit, kemudian masuk ke dalam peredaran darah dan menyebar ke seluruh sistem pernapasan serta susunan sistem saraf.

Bahan kimia yang terkandung pada obat nyamuk termasuk ke dalam golongan pestisida. Seperti yang diketahui bersama kalau pestisida merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk mengendalikan dan membasmi organisme pengganggu.

Efek samping dari zat kimia ini yaitu bisa memicu terjadinya kerusakan pada sistem saraf.

Pada waktu hamil sebaiknya menghindari penggunaan obat nyamuk, baik itu obat nyamuk semprot ataupun obat nyamuk oles.

Obat nyamuk semprot berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin karena mengandung minyak tanah. Efek samping yang ditimbulkan yaitu mengganggu kesehatan dan menyebabkan kerusakan ginjal pada janin.

Obat nyamuk semprot yang terhirup bisa mengakibatkan kerusakan sistem saraf pada ibu hamil dan janin di dalam kandungan sehingga sangat berpotensi janin terlahir cacat.

Selain obat nyamuk semprot, ibu hamil juga tidak dinajurkan untuk menggunakan obat nyamuk oles atau lotion

karena obat nyamuk jenis tersebut bersifat korosif dan akan terserap oleh kulit sehingga bisa menyebabkan racun bagi tubuh dan membahayakan kesehatan janin.

Penggunaan obat anti nyamuk yang berbentuk semprot, lotion (oles), obat anti nyamuk bakar dan listrik sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil.

Untuk menghindari serangan nyamuk sebaiknya menggunakan alat yang lebih aman bagi kesehatan. Ibu hamil bisa memasang dan menggunakan kelambu atau kasa anti nyamuk di setiap ventilasi kamar dan seluruh ruangan di rumah.

Penggunaan kasa anti nyamuk akan meminimalisir gangguan dan gigitan nyamuk.

Selain itu, untuk menghindari gigitan nyamuk sebaiknya kamu menciptakan suasana lingkungan yang bersih. Hindari genangan air sebagai tempat bersarang nyamuk.

Lingkungan yang sehat dan bersih akan mencegah pertumbuhan dan perkembangbiakan nyamuk yang bisa membahayakan kesehatan.

Untuk menghindari gigitan nyamuk atau mengobati gatal bekas gigitan nyamuk, ibu hamil bisa menggunakan kayu putih.

Polutan. Polutan hasil dari kumparan obat nyamuk yang dibakar sangat berbahaya sekali terhadap kesehatan paru-paru. zat polutan ini sangat berbahaya sekali dibanding dengan polutan yang terkandung dari asap kendaraan motor.

Zat Nikotin. Para ilmuan dari negara asing ini telah meneliti dampak negatif dari obat nyamuk bakar yang akan dibakar selama kurang lebih 8 jam di tempat tertutup.

Bahaya dari zat nikoton yang terkandung di dalam obat nyamuk bakar ini sederajat dengan meroko sebanyak 100 rokok.

Jadi kesimpulannya jika satu kali membakar obat nyamuk bakar efeknya sama dengan 100 batang asap rokok, apalagi kalo membakar 2 obat nyamuk bakar dan seterusnya.

Jika ibu hamil ini terus menerus menghisap asap dan aroma dari obat nyamuk bakar ini maka akan membahayakan kesehatan ibu yang sedang hamil

dan juga tentunya janin yang sedang di dalam kandungan, seperti kurang gizi, kelahiran yang cacat, jantung yang lemah, kelahiran prematur, dan lain sebagainya.

Zat S-2. Zat yang ditemui didalam obat nyamuk bakar dipercaya sebagai zat karsinogen. Zat kimia ini memang sangat bagus sekali dalam membunuh nyamuk.

Namun asap yang muncul dan sedikit demi sedikit kamu menghisapnya maka akan menjadi penyakit yang sangat berbahaya seperti kanker. Jika hal ini terjadi pada ibu hamil, kemungkinan besar bayi di dalam kandungan akan terganggu.

Octachlorodipropyl Eter. Saat zat tersebut dibakar , maka akan menimbulkan zat berupa bischloromethyl zat ini adalah penyebab umum timbulnya penyakit kanker paru-paru akut.

Jika hal ini menimpa pada ibu yang sedang hamil kemungkinan besar janin yang dikandungnya akan mati atau keguguran, jika tidak mati maka akan lahir dengan membawa penyakit kanker.

Jadi sekali lagi para ibu yang sedang hamil harus ekstra hati-hati dalam melakukan hal, karena jika ada kesalahan sedikit saja akan menjadi kesalahan yang sangat fatal.

Jadi, teruslah berhati-hati dan dahulukan cara alami sebelum memutuskan untuk menggunakan obat kimia anti nyamuk.

SHARE