Wah, siapa sih yang ngga risih dengan kedatangan tikus. Selain tikus adalah hewan yang menggelikan, zaman sekarang tikus juga menjadi hewan yang kotor karena terlalu lama bermain di got atau selokan.

Oleh karena itu kebanyakan orang lebih memilih mengusir tikus dari pada memelihara tikus. Wkwkwk. Apalagi kalau kamu pernah sesekali bertatap muka dengan tikus Jakarta, tentu akan meninggalkan kesan tersendiri dihati kamu. Haha.

Iyap! Tikus memang sulit mendapat penerimaan dikalangan manusia. Alasannya ya seperti yang sudah disebutkan diatas. Tapi kalau kamu mau uji coba memelihara tikus Jakarta yang hitam dan besar itu, silahkan saja. No problem guys! Hehe.

So, buat kamu yang sudah tidak tahan dengan populitas tikus, tidak perlu khawatir ya. Kali ini kamu akan mendapatkan beberapa tips dan trik untuk mengusir tikus, tanpa membunuhnya lho. Wah, selain alami ternyata cara ini juga ramah lingkungan.

1Daun Pappermint

heropurba.blogspot.com

Cara yang ini cukup mudah untuk dilakukan, kamu hanya perlu membeli seikat daun mint kemudian ambil sarinya. Setelah itu semprotkan cairan sari daun mint ke daerah-daerah kekuasaan tikus atau jalur yang sering dilalui tikus.

Tikus sangat membenci aroma daun mint, jadi kamu bisa mencoba cara ini dirumahmu.

Atau jika kamu menginginkan cara yang lebih hemat, kamu bisa menanamnya di sekitar rumah bahkan didalam rumah. Bagaimana? Mudah bukan?

2Buah Durian

www.yokeepo.com

Waw! Durian yang lezat itu ternyata mampu mengusir tikus. Bagaimana bisa? Yap! Ternyata tikus ngga suka sama aroma durian. Eh jangan meletakkan buah durian yang masih utuh ya, kan sayang isinya.

Caranya adalah cukup dengan membeli buah durian, lalu makan isinya dan sisakan kulit durian untuk diletakkan di jalur yang sering tikus lalui. Inget ya, kulitnya bukan isinya. Hehe.

3Bawang Putih

www.lookup.co.id

Lagi-lagi bawang putih! Mungkin bawang putih layak dijuluki dengan tanaman seribu khasiat. Hehe. Jangan-jangan karena inilah bawang putih menjadi peran gadis baik di film bawang merah dan bawang putih.

Lho kok jadi bahas film!

Bawang putih sangat ampuh mengusir tikus lho, jangankan tikus vampire aja takut. Haha.

Caranya iris secara tipis-tipis bawang putih kemudian bungkus menggunakan kain kasa dan letakkan di tempat yang sering dikunjungi tikus.

4Biji Cengkih

caratono.blogspot.com

Tanaman asli Indonesia ini memiliki bau yang has yang tidak disukai tikus. Cara penggunannya dengan membungkus cengkih-cengkih kering dengan kain kasa, lalu di gantungkan di tempat-tempat yang sering dilalui tikus.

5Kecil-kecil Cabe Rawit

caraberkebun.com

Mungkin tikus ngga suka pedas ya, jadi tikus takut dengan cabe.

Cara penggunaannya juga mudah, olah cabe dengan menghancurkannya dan campur air secukupnya. Kemudian semprotkan di daerah persembunyian tikus, lalu setelah itu tikus akan ngacir dari rumah kamu.

6Buah Mengkudu

www.petanihebat.com

Daging buah mengkudu mengandung asam kaprat (C10), asam kaproat(C6) dan asam kaprilat (C8) yang membuatnya mengeluarkan bau yang sangat tajam dan menyengat.

Cara mengusir tikus dengan mengkudu adalah dengan menaruh potongan-potongan buah mengkudu yang sudah masak di jalur lalu lalang tikus.

Nah, ternyata banyak buah dan tanaman yang bisa kamu manfaatkan untuk mengusir tikus dirumah. Sebenarnya inti dari obat pengusir tikus adalah memanfaatkan tanaman dengan bau yang tajam. Karena ini akan mengganggu sirkulasi udara yang tikus butuhkan.

Mungkin karena itulah akhirnya tikus memilih berpindah tempat untuk mendapatkan udara yang lebih bersih. Hehehe.

SHARE