Bagi kamu yang suka bertanam namun terkendala dengan media tanam atau lahannya, sepertinya kamu memang perlu membaca artikel berikut ini.

Ya, tanaman yang ditanam di media pot atau polybag memang sangat tepat dijadikan solusi bagi warga yang bermukim di wilayah padat penduduk dan jarang atau sama sekali tak ada lahan tanah.

Beberapa tanaman yang bisa ditanam di media pot atau polybag diantaranya adalah tanaman organik berupa sayuran maupun buah-buahan.

Namun untuk saat ini, memang banyak orang yang lebih memilih menggunakan polybag untuk tanaman sayuran saja dibandingkan buah-buahan, karena beberapa alasan masing-masing.

Yang pertama harus diperhatikan jika ingin mulau bercocok-tanam dengan menggunakan polybag atau pot adalah media tanamnya.

Media tanam yang dimasukkan dalam polybag haruslah tanah yang memang memenuhi kualifikasi sebagai media tanam.

Selain unsuh haranya yang melimpah sebagai sumber gizi tanaman, juga masalah kepadatannya, tekstur, dan tentunya jauh dari zat kimia yang mampu mengganggu pertumbuhan tanaman.

Beberapa media tanam yang dimaksud biasanya tanah yang diambil dari lapisan bagian atau top soil. Tanah yang baik, tidak terlalu berpasir juga tidak terlalu lempung.

Sehingga dengan media tanam tersebut, aka nada ruang gerak bebas bagi akar dalam menyerap unsure hara dan berkembang, selain itu air juga dengan mudah akan cepat mengalir dan meresap.

Setelah itu, yang jangan sampai dilakukan adalah penambahan pestisida yang hanya akan menumpuk racun pada tanaman yang nantinya akan dikonsumsi oleh manusia ini.

Untuk menghindari gangguan hama, tanpa menggunakan pestisida pun, kalian juga bisa menghalaunya dengan meletakkan pada sebuah tempat yang aman dari gangguan para hewan hama.

Rajin-rajinlah mengecek tanaman, kalau-kalau ada tanaman gulma yang tumbuh, langsung cabut agar tak menjadi parasit bagi tanamanmu.

Letakkan tanaman pada tempat yang kaya sinar matahari, bisa terkena air hujan, namun jangan lupa untuk tidak terlalu memanggangnya di bawah sinar matahari, secukupnya saja.

Selamat berkebun!