Apakah kamu ingin memiliki nuansa rumah bertema alam yang asri? Dengan letak rumah yang berada di wilayah perkotaan terkadang memang agak sulit mewujudkannya.

Rumah yang kamu impikan tersebut tidak harus dipenuhi pohon-pohonan rindang, untuk menghadirkan nuansa natural di rumah salah satunya bisa menggunakan tanaman yang bisa dijadikan pagar.

Terdapat beberapa jenis tanaman yang cocok dan dapat kamu jadikan sebagai pagar.

Ada tanaman ‘Teh-tehan atau Titian’. Sesuai namanya, tanaman ini memang sekilas mirip dengan teh. Ia termasuk tanaman semak.

Teh-tehan sangat cocok digunakan sebagai pagar rumah karena ia memiliki karakteristik daun yang lebat sehingga dapat menutup pemandangan.

Jika daunnya sudah tumbuh lebat tidak beraturan, rajinlah untuk memangakasnya secara teratur.

Selanjutnya ada ‘Teh-tehan Jepang’. Teh-tehan Jepang memiliki karakteristik yang hampir sama dengan Teh-tehan di atas.

Bedanya tanaman ini seringkali berbunga dan berbuah tapi tidak untuk dimakan. Warna daunya kuning indah jika mendapat panas matahari yang cukup.

Namun jika terlindung dari panas matahari akan berwarna lebih hijau.

Selain tanaman di atas, Bunga Soka juga cocok jika dijadikan tanaman untuk pagar. Akan terilhat sangat cantik dan indah jika ia dijadikan pagar dengan bunga-bunganya yang berwarna merah.

Tanaman ini merupakan jenis tumbuhan perdu dan mudah dipangkas. Ia perlu disiram secara rutin dan diberi pupuk kompos.

Selain bunga Soka, bunga Sepatu juga cocok dijadikan sebagai tanaman berbunga untuk pagar. Ia sangat menyukai sinar matahari.

Kamu dapat melakukan pencakokan untuk mengembangbiakannya.

Bambu hias juga bisa dijadikan tanaman untuk pagar. Tanaman jenis ini sangat mudah kita temui. Bambu yang cocok untuk pagar adalah bambu hias yang berukuran kecil-kecil.

Kamu dapat menanamnya dengan cara berjajar sehingga membentuk pagar yang indah dan seringlah dipangkas agar tetap tumbuh rapi.

Ada juga tanaman herbal yang dapat dijadikan tanaman pagar yakni Beluntas. Selain dapat dijadikan sabagai obat-obatan herbal dan jamu, ia bisa dimanfaatkan untuk pagar perkarangan rumah.

Tidak perlu perawatan khusus, ia bisa tumbuh dengan baik. Tapi agar tampil rapi, rawatlah dan perlu dipangkas rapi setiap sebulan sekali.

Kamu bisa memilih jenis tanaman di atas untuk dimanfaatkan sebagai tanaman pagar.