Begitu sayangnya Allah terhadap umat muslim, hingga Dia menjamin akan menggantikan segala keburukan manusia dengan kebaikan jika kita mau bertaubat dengan sungguh-sungguh.

Maka, ketika kita berbuat salah, jangan pernah ragu untuk meminta maaf, bartaubat pada Allah Swt. Jangan pernah takut jika Allah tidak akan mengampuni. Salah. Justru bila kita berjalan mendekat pada-Nya, Dia akan berlari mendekat ke arah kita.

Ketika kita sudah bertaubat, sleanjutnya bagaimana ciri orang yang taubatnya diterima oleh Allah?

1Hidupnya Jauh dari Perbuatan Maksiat

bahasa.aquila-style.com

Inilah wujud dari firman Allah, yaitu bahwa Dia akan menggantikan kemaksiatan dengan ketaatan bagi umatnya yang mau bertaubat dengan sungguh-sungguh dan tidak akan mengulangi perbuatan buruknya.

2Merasa Bahagia dan Selalu Dekat dengan Allah

asamulchias.wordpress.com

Orang yang taubatnya diterima, hatinya akan terasa damai dan tenang sehingga kebahagiaan akan muncul.

Hal ini bisa terlihat dari bagaimana ia berbicara dan bertingkah laku. Sebab cerminan hati terletak pada akhlaknya sehari-hari.

3Selalu Dekat dengan Orang Sholeh

viaberita.com

Orang yang sudah bertaubat dengan sebenar-benarnya (taubatan nasuha) dan diterima oleh Allah pasti memiliki keyakinan untuk menjauhi orang-orang ahli maksiat.

Ia telah mantap dengan kata hatinya untuk tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama. Berbekal niat tersebut, ia kemudian mencari sahabat-sahabat baru yang baik dan taat terhadap Allah.

4Kurang Puas dengan Amalan

tuntunanshalat.com

Orang yang taubatnya diterima Allah, akan merasa sangat puas dengan harta yang diperolehnya di dunia walaupun pas-pasan.

Kemudian ia akan merasa selalu kurang dalam berbuat sholeh untuk mengumpulkan bekal di akhirat kelak.

5Sibuk dengan Urusan Akhirat

flickr.com

Orang yang taubatnya diterima, hati dan pikirannya selalu dipenuhi dengan perbuatan yang bisa lebih membuat dia dekat dengan Allah SWT.

Perbuatan dan aktivitas positif dan produktif akan memenuhi kepala dan jiwanya, sehingga waktu hidupnya berubah 180 derajat dihabiskan dengan kegiatan yang lebih bermanfaat.

6Menjaga Lisan

deherba.com

Karena ia sudah berjanji untuk menapaki hidup di jalan Allah, maka ia akan berhati-hati dalam berbicara.

Ia akan selalu menyesali kesalahan-kesalahan yang pernah diperbuat sehingga Allah murka kepadanya. Ia akan selalu bertafakur dan lisannya tidak pernah berhenti berdzikir.

SHARE