Di usia pernikahan kamu yang baru hitungan bulan, kamu mungkin saja mengalami beberapa hal aneh yang jarang atau bahkan belum pernah sama sekali kamu alami. Kalau kamu merasakan beberapa tanda-tanda ini, bisa saja itu tanda bahwa kamu hamil.

1Payudara Terasa Lebih Lunak dan Sakit Seperti Bengkak

Tanda hamil di minggu pertama hingga minggu ketiga tidak dapat dirasakan secara jelas. Namun, di minggu keempat kamu mungkin akan mengalami kram ringan saat buang air kecil atau timbul bercak darah seperti saat mestruasi.

Hal itu disebabkan karena sel telur menempel dan tertanam pada uterus. Selain itu, kamu mungkin akan merasa sakit pada payudara. Perubahan hormon menyebabkan payudara menjadi lebih lunak, terasa penuh, terasa sakit saat disentuh, dan terasa berat.

Tidak nyaman? Masih banyak tanda hamil yang akan membuatmu lebih sebel.

2Terengah-engah, Mudah Lelah, dan Super Moody!

itproportal.com

Kamu tiba-tiba merasa lelah hanya dengan rutinitas ringan harian? Seperti misalnya menaiki tangga dan membersihkan rumah. Hal itu mungkin tanda kamu hamil. Janin yang tumbuh membutuhkan oksigen, kondisi ini mengurangi oksigen yang tersisa dalam tubuh.

Dalam kondisi tersebut, dibutuhkan oksigen lebih untuk metabolisme, sehingga secara otomatis akan terjadi pengaturan pernapasan untuk memenuhi kebutuhan oksigen. Kelelahan dan keletihan ini akan sangat terasa pada trimester pertama dan ketiga.

Hormon kehamilan juga akan berpengaruh pada emosi dan perasaanmu. Tiba-tiba kamu jadi gampang sebal, marah, kecewa dan menyalahkan apapun. Dan yang paling menyenangkan, kamu bisa jadikan ini buat menuntut pasanganmu untuk lebih sabar dan perhatian!

3Morning Sickness

womenshealthmag.com

Pada minggu keenam kehamilan, kamu akan lebih sering ke kamar mandi untuk buang air kecil. Saat kehamilan, tubuh memproduksi cairan lebih banyak, oleh karena itu kandung kemih bekerja lebih keras sehingga akan lebih banyak juga cairan yang harus dibuang.

theorganicprepper.ca
theorganicprepper.ca

Lebih dari itu, perut akan terasa mual atau biasanya disebut nausea, dan siap-siap ke kamar mandi karena kamu bisa saja tiba-tiba merasa ingin muntah sewaktu-waktu sepanjang pagi, siang, atau malam. Rasa mual ini akan lebih sering terjadi saat memasuki trimester kedua.

azaleaortho.com
azaleaortho.com

Kamu bisa mengurangi rasa mual dengan mengonsumsi makanan yang cocok dengan selera dan kondisi perutmu. Sakit kepala dan pinggang bagian belakang juga mungkin akan kamu alami pada masa awal kehamilan.

4Mengidamkan Makanan Tertentu Secara Tiba-tiba

tips-wanitaa.blogspot.com

Seperti mendapat wangsit dari langit, tiba-tiba Kamu ingin makan mangga muda, jeruk asam, soto lamongan, sate kuda dan mungkin banyak lagi makanan-makanan aneh dan sangat spesifik yang bakal Kamu minta.

Perubahan hormon saat proses kehamilan juga ikut mengubah selera makan dan bahkan juga membuat Kamu sangat sensitif pada bau-bauan makanan atau masakan tertentu.

5Telat Menstruasi

i.huffpost.com

Kamu telat mentruasi! Ya, periode mentruasi yang berubah adalah tanda hamil yang paling ditunggu. Jika sebelumnya mentruasimu selalu terjadi secara on time, kali ini keterlambatan menstruasi adalah gejala umum dan salah satu kepastian bahwa Kamu hamil.

Namun, jika biasanya periode menstruasi Kamu tidak menentu, jangan bingung dan berkecil hati. Pastikan kehamilanmu dengan berbagai alat test kehamilan komersial atau konsultasikan dengan dokter secara langsung.

Tanda-tanda diatas bukan keanehan, tetapi sebuah kepastian mengenai kehamilanmu. Selamat mempersiapkan diri menjadi Ibu!