Sebagai seorang wanita, tentunya buat kamu-kamu yang sudah menikah, maka kamu harus tahu sejak dini tanda-tanda awal kehamilan.

Kenapa harus tahu sejak dini?

Banyak alasan yang menyebabkan kita perlu tahu, baik itu terkait keselamatan janin maupun asupan yang perlu kita perhatikan. Tahukah kamu? Bahwasanya masa-masa awal kehamilan adalah masa-masa di mana otak dibentuk.

Berikut adalah tanda-tanda awal kehamilan yang perlu sama-sama kita ketahui.

1Telat Haid

tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com

Untuk Kamu yang sudah menikah, penting sekali bagi kamu mencatat kapan kamu haid. Kenapa hal ini penting dilakukan? agar kamu tahu pola haid kamu, apakah haid kamu di tanggal yang sama, maju atau mundur.

Kenapa kamu perlu tahu pola? Ini disebabkan agar jika kamu telat haid, mudah untuk kamu mengidentifikasi apakah keterlambatan haid ini disebabkan karena waktunya yang mundur ataukah kamu sedang hamil.

Keterlambatan haid menjadi salah satu indikator karena saat hamil sudah tidak terjadi pelepasan sel telur, yang selama ini kita kenal dengan istilah haid atau menstruasi.

2Mual di Pagi Hari atau di Sepanjang Hari

akuremaja.com

Jika kamu mual-mual saat pagi hari atau mual sepanjang hari, ditambah lagi kamu terlambat haid, berarti kamu harus mulai waspada. Bisa jadi kamu hamil.

Hampir 70% wanita mengalami mual di awal-awal kehamilan. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar. Kondisi muntah-muntah ini biasanya terjadi pada usia 8 hingga 12 minggu.

Seiring bertambahnya usia kehamilan, maka mual-mual dan muntah-muntahmu berangsur-angsur akan segera berkurang. Hal terpenting yang perlu dilakukan adalah menjaga agar tubuh tidak dehidrasi.

3Sering Buang Air Kecil

gigisusu.net

Saat wanita hamil, intensitas buang air kecilnya akan semakin meningkat. Walaupun dalam kondisi si ibu belum tahu bahwa dirinya hamil.

Peningkatan intensitas buang air kecil ini di mulai di awal trimester pertama kehamilan, yaitu saat kehamilan berusia 6 minggu dan akan berakhir saat trimester kehamilan berakhir.

4Pembengkakan Pada Payudara

irniirmayani.blogspot.com

Pembengkakan pada payudara merupakan hal biasa yang dialami oleh wanita hamil. Pembengkakan ini disebabkan perubahan fisiologis tubuh yang erat kaitannya dengan perubahan hormon.

Jika pembengkakan diikuti dengan rasa nyeri berlebih pada payudara, mungkin kamu perlu mengkonsultasikannya ke dokter, karena bisa jadi terjadi infeksi.

5Perubahan Bentuk Tubuh

qurbo.net

Selain perut yang semakin membesar dan payudara yang membesar pula, bagian tubuh lain pada wanita hamil juga ikut membesar. Misalkan saja pada bagian paha ataupun lengan atas.

6Mudah Lelah

mimpipoenya.blogspot.com

Pada wanita hamil muda jangan heran jika kamu akan sering merasa lelah. Salah satu penyebanya adalah terjadinya peningkatan hormon progesteron.

Selain karena perubahan hormon, rasa lelah pada wanita hamil juga disebabkan karena menurunnya kadar gula dan tensi darah pada awal kehamilan.

Jika kamu merasa lemah, diikuti dengan rasa malas yang berlebihan. Berarti perlu diwaspadai kalau kamu hamil, tentunya dengan memperhatikan tanda-tanda kehamilan lainnya.

7Perubahan Mood

sharetipsdancara.blogspot.com

Wanita yang sedang hamil akan mudah sekali mengalami perubahan mood. Kadang kala merasa bahagia, namun sewaktu-waktu bisa mendadak marah dengan sebab yang tidak jelas.

Perubahan mood yang berubah-rubah ini salah satunya disebabkan karena perubahan hormon dan keberadaan makhluk hidup lain di dalam tubuh.

Demikianlah tanda-tanda kehamilan yang kamu perlu ketahui sebagai wanita yang sudah menikah dan akan menjadi seorang ibu. Dengan mengetahui lebih dini, semoga kita bisa memberikan yang terbaik untuk buah hati kita.