Bagi pasangan suami-istri yang telah menikah, kehamilan ini adalah sebuah momen yang sangat ditunggu-tunggu. Saking dinantinya, sampai-sampai setiap saat selalu mengecek apakah gejala kehamilan sudah muncul atau belum.

Jangan sampai kamu tidak memiliki informasi sama sekali mengenai tanda kehamilan. Apa gunanya? Tentu supaya kamu bisa menjaga kesehatanembrio di dalam rahim.

Semakin awal dan cepat kamu mengetahui tanda-tanda tersebut, maka semakin cepat pula penanganannya jika terjadi sesuatu.

Kalau kamu penasaran, apa saja sih tanda-tanda wanita sedang hamil pada masa-masa awal, berikut 14 ciri awal kehamilan yang umumnya terjadi pada wanita hamil.

1Perubahan Bentuk tubuh

healthool.com

Bukan hanya perut yang membesar ketika seorang wanita menunjukkan tanda kehamilan. Namun beberapa daerah lain seperti paha, dada, kaki dan lengan biasanya akan ikut mengalami pembengkakan.

2Sering Buang Air Kecil Sering dan Konstipasi

holisticwellness.ca

Jangan heran ketika kamu sedang hamil, frekuensi buang air kecil pun akan bertambah. Hal tersebut terjadi akibat janin yang tumbuh di dalam rahim akan menekan kandung kemih.

Kandung kemih menjadi lebih cepat dipenuhi urin, sehingga keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih sering daripada biasanya.

3Mudah Lelah

jateng.tribunnews.com

Di awal kehamilan, perasaan lelah akan sering kamu alami. Kalau rasa lelah mulai mendera, ibu hamil cenderung ingin lebih banyak berbaring di tempat tidur dan enggan beraktivitas.

Rasa lelah tersebut terjadi karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan adanya makhluk baru, yaitu embrio calon bayi. Tanda lelah ini juga sering dikaitkan dengan peningkatan hormon progesteron.

4Mual (Morning Sickness)

youtube.com

Gejala kehamilan yang paling umum yaitu morning sickness atau mual yang biasanya terjadi pada pagi hari. Rasa mual muncul karena peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin) dalam tubuh.

Peningkatan hormon HCG inilah yang kemudian menyebabkan efek perih pada lapisan perut sehingga menimbulkan rasa mual. Rasanya hampir mirip dengan maag, tapi lebih perih dan lebih sakit lagi.

Biasanya rasa mual ini akan hilang sendiri seiring usia kehamilan yang memasuki trimester kedua. Kalaupun sampai muntah, biasanya hanya cairan asam yang keluar.

Sejumlah peneliti menduga, gejala mual ini terjadi sebagai imun bagi wanita hamil agar tidak mudah makan sembarangan sehingga melindungi bayi dari racun berbahaya yang boleh jadi dikandung oleh makanan tertentu.

5Terlambat Haid

tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com

Gejala yang satu ini yang paling jelas terlihat, yaitu ketika para wanita sudah mulai terlambat datang bulan. Namun tidak semua keterlambatan tersebut diartikan sebagai kehamilan lho ya. Bisa saja karena hormon yang tidak stabil, stres, atau karena pola diet.

6Perubahan Mood

abcnews.go.com

Seperti wanita yang akan datang bulan, wanita hamil juga memiliki mood yang mudah berubah. Ketika di satu waktu kamu merasa sangat bahagia, boleh jadi beberapa menit kemudian kamu merasa kesal, sebal, dan ingin marah hanya karena masalah sepele.

Apabila kamu menemukan tanda-tanda seperti ini, tidak perlu khawatir. Perubahan mood ini termasuk hal normal dan terjadi karena hormon mengalami perubahan secara drastis di dalam tubuhmu.

7Muncul Bercak Darah atau Flek

abiummi.com

Bercak darah biasanya muncul sebelum menstruasi yang akan datang, dan terjadi antara 8-10 hari setelah ovulasi.

Munculnya bercak darah ini disebabkan oleh implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim.

Sudah jadi hal umum di masyarakat ketika bercak darah atau flek ini keluar, maka disangka sebagai menstruasi. Padahal kalau dihitung siklusnya, waktu menstruasinya masih lama.

8Kram Perut

dailymoslem..com

Nah, keluarnya bercak darah tadi biasanya diikuti oleh kram perut yang cukup menyakitkan. Kram perut pada kondisi awal kehamilan akan terjadi secara teratur.

Tapi kondisi kram perut ini pada umumnya hanya sampai kehamilan trimester kedua, sampai letak uterus berada ditengah dan disangga oleh panggul. Setelah itu perutmu akan kembali normal.

9Sembelit

deherba.com

Gejala sembelit juga terjadi akibat peningkatan hormon progesteron. Tentunya selain mengendurkan otot-otot rahim, meningkatnya hormon progesteron juga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus.

Maka kemudian pada masa awal kehamilan, para wanita ada yang mengalami sembelit atau susah buang air besar akibat kendurnya otot dinding usus.

10Mengidam atau Menolak Makanan Tertentu

nonobahasainggris-smp.blogspot.com

Kamu yang sebetulnya bisa memakan makanan jenis apapun menjadi tiba-tiba alergi atau tidak mau makan tanpa alasan jelas.

Tiba-tiba saja, secara mendadak kamu hanya menginginkan jenis makanan tertentu yang sebelumnya mungkin bukan makanan favoritmu. Atau sebaliknya, kamu tiba-tiba tidak mau sama sekali memakan makanan yang selama ini jadi kegemaranmu.

11Sensitif Pada Bau

harnas.co

Sama seperti selera makanan, kamu juga tiba-tiba menjadi tidak tahan dengan segala macam bau atau bau-bau tertentu. Bisa bau badan, aroma makanan, atau yang lainnya.

Bahkan saking tak tahannya, kamu bisa sampai mengalami mual dan muntah karena alergi yang datang tiba-tiba. Tapi tenang saja, hal ini hanya muncul pada masa kehamilan saja. Setelah itu, kamu akan normal kembali kok.

12Positif Tes Kehamilan

health.kompas.com

Apakah hasil uji test pack benar-benar menunjukkan tanda bahwa kamu positif hamil? Ternyata belum tentu lho.

Kamu akan mendapat jawaban yang jelas dan akurat setelah benar-benar mengeceknya ke dokter kandungan dan melakukan pemeriksaan USG.

13Ada Janin yang Berkembang Di Dalam Rahim

collagecenter.com

Kalau sudah memeriksakan diri dengan USG kemudian hasilnya menunjukkan titik kecil yang bergerak-gerak di dalam kantung kehamilan, maka sudah jelas bahwa kamu sedang hamil, sebab ada embrio yang berkembang di dalam rahimmu.

Dengan cek USG, kamu bisa lebih dini dan cepat mengantisipasi sesuatu, termasuk dalam menjaga janinmu agar terus sehat sampai masa bersalin.

14Cemas

gayahidup.republika.co.id

Kebanyakan semua bumil masih cemas pada kehamilan awal. Semua wanita senasib karena kehamilan trisemester satu memang masih rawan keguguran.

Para wanita yang mengalami kehamilan pertama akan menjadi lebih sering ke kamar mandi untuk melihat celana dalam takut muncul flek-flek.

Padahal sebenarnya mereka tidak perlu cemas. Sebab menurut salah satu penelitian, penyebab keguguran adalah kelainan kromosom dan genetik bukan karena melakukan ini atau tidak melakukan itu. Jadi tidak perlu cemas berlebihan.

Kondisi Ibu yang stress sangat tidak baik untuk janin.

15Payudara Bengkak dan Lembut

nbcnews.com

Nyeri atau kesemutan di payudara adalah salah satu gejala kehamilan yang paling umum. Di awal kehamilan, payudara akan mengisi dan berubah bentuk karena mempersiapkan diri untuk menghasilkan ASI.

Payudara pun bisa menjadi sangat lembut dan sensitif selama beberapa bulan. Namun perlu dicatat, menurut ahli laktasi,

Teresa Pitman, tidak semua wanita mengalami perubahan ini, terutama jika mereka telah menggunakan pil KB. Selain payudara yang membengkak, salah satu tanda lainnya adalah dengan area aerola warnanya menjadi lebih gelap.

16Pusing dan Sakit Kepala (Headaches)

penyakitdemamberdarah.com

Gangguan pusing dan sakit kepala yang sering dirasakan oleh ibu hamil diakibatkan oleh faktor fisik; rasa lelah, mual, lapar dan tekanan darah, rendah.

Sedangkan penyebab emosional yaitu adanya perasaan tegang dan depresi. Selain itu peningkatan pasokan darah ke seluruh tubuh juga bisa menyebabkan pusing saat ibu berubah posisi.

17Sering Meludah (Hipersalivasi)

alodokter.com

Tanda kehamilan ini terjadi akibat pengaruh perubahan hormon estrogen, biasanya terjadi pada kehamilan trimester pertama. Kondisi ini biasanya menghilang setelah kehamilan memasuki trimester kedua

18Naiknya Temperatur Basal Tubuh

dailysocial.id

Jika terjadi kehamilan atau ovulasi, maka suhu basal tubuh ibu akan meningkat. Kondisi ini akan bertahan selama terjadinya kehamilan. Kondisi ini tidak akan turun ke kondisi sebelum terjadinya ovulasi.

19Sakit Punggung

daralakhbar.com

Biasanya, seorang wanita hamil tidak punya masalah dengan sakit punggung. Namun kini, punggung bagian bawah terasa nyeri. Jika wanita tersebut benar hamil, gangguan ini akan menetap hingga melahirkan kelak.

20Gejala PMS

dedaunan.com

Seorang wanita yang hamil merasakan gejala PMS yang sama seperti yang dirasakan setiap bulan. Perut kembung, sakit pinggang, nyeri pada payudara, bahkan nafsu makan yang meningkat. Tapi, kok belum haid juga, ya?

21Waspada Saat Hamil Muda

dinifauziah.com

Ada hal-hal yang harus para wanita kenali dan waspadai juga sejak pertama mengetahui bahwa sudah memasuki masa kehamilan pertama.

Ada namanya kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik terjadi ketika embrio berada di luar rongga rahim. Jika dibiarkan, ini sangat berbahaya karena dapat mengancam jiwa wanita yang mengalaminya.

Gejala yang muncul biasanya terjadi setelah usia kehamilan berada pada minggu 6-10, yang berupa rasa nyeri yang sangat pada perut bagian bawah, perdarahan, rasa sakit yang tiba-tiba di area panggul dan akan semakin sering terjadi, hipotensi, dan denyut nadi yang meningkat.

Cermati juga jika mulai muncul hal-hal di luar kewajaran seorang wanita yang hamil muda. Misalnya, tanda-tanda awal keguguran.

Segera hubungi dokter untuk mendapatkan pertolongan ketika seorang wanita hamil mengalami kram seperti pada masa haid, namun dengan tingkat nyeri yang intens dan berlangsung lebih lama.

Rasa nyeri dapat menjalar dari pinggang menuju area atas kemaluan. Umumnya, perdarahan berwarna merah muda yang disertai kontraksi dapat terjadi.

Selain itu, ada juga kontraksi palsu atau kontraksi braxton hicks. Pada wanita hamil, sering terjadi kontraksi palsu (Braxton hicks) dimana kondisi rahim mengencang dan juga mengendur. Rasanya dapat digambarkan seperti ketika mengalami kram perut saat haid.

Kontraksi ini akan semakin sering terjadi dan semakin intens menjelang persalinan. Selain itu, jenis nyeri yang ditimbulkan Braxton hicks juga dapat terjadi karena kuatnya pergerakan janin yang semakin berkembang.

Nyeri perut akibat preeklampsia adalah kondisi dimana terjadi peningkatan tekanan darah dan ditandai dengan tingginya kadar protein dalam urin.

Gejala preeklampsia dapat berupa rasa nyeri yang muncul pada bagian ulu hati (perut atas), diikuti dengan sakit kepala, gangguan penglihatan, mual dan muntah serta pembengkakan pada wajah, tangan, dan kaki.

Kondisi ini sering terjadi menjelang masa persalinan. Akibatnya, pertumbuhan bayi dapat terganggu, air ketuban lebih sedikit, dan plasenta yang lepas sebelum waktunya.

Nyeri perut akibat penyakit tertentu juga bisa saja muncul pada usia kehamilan yang masih sangat muda, belum sampai 4 pekan, misalnya.

Selama kehamilan, ada beberapa penyebab nyeri perut dapat terjadi, namun tidak berhubungan dengan kondisi kehamilan tersebut, misalnya karena peradangan usus buntu atau pecahnya kista akibat penekanan yang terjadi dalam rahim.

Carilah pertolongan medis jika wanita hamil mengalami nyeri perut seperti gambaran di atas. Untuk membedakan nyeri perut yang patut diwaspadai dengan nyeri perut yang wajar seperti akibat konstipasi dan gas dalam perut, perhatikan gejala dan tingkat nyeri serta frekuensi nyeri itu muncul.

Nyeri perut yang berbahaya tidak hilang sekalipun wanita hamil telah beristirahat dan akan semakin sering muncul seraya waktu berlalu. Jika tidak segera ditangani, komplikasi serius dapat terjadi.

Ancaman keguguran ini bukan hal main-main. Ada ibu hamil dengan kondisi kehamilan yang lemah, atau kehamilan yang berbahaya. Ketika kehamilan ini memiliki resiko yang tinggi terhadap ancaman keguguran, sebaiknya hindari hubungan seks sama sekali.

Konsultasikan tentang kekuatan si janin pada dokter. Karena kehamilan yang lemah bisa saja berubah setelah usia kehamilan beberapa minggu, dan janin menjadi kuat.

Pada beberapa kehamilan yang beresiko, hubungan seks -sekalipun tanpa memasukkan sperma ke dalam vagina atau sudah menggunakan kondom- akan tetap menimbulkan resiko, seperti flek atau rasa mulas.

Flek ini bisa berbahaya untuk kehamilan. Karena adanya flek menandakan bahwa ada masalah dengan janin. Sedangkan rasa mulas bisa menandakan adanya kontraksi rahim dini sehingga bisa menyebabkan terjadinya keguguran atau lahir prematur

Ada lagi placenta previa. Placenta previa merupakan salah satu kelainan kehamilan, dimana ari-ari menutupi jalan lahir bayi. Plasenta ini menghalangi serviks, menyebabkan terjadinya pelebaran serviks prematur, dan beresiko mengalami persalinan prematur.

Placenta previa sendiri dibagi menjadi beberapa kondisi, yaitu placenta previa lateralis (bila hanya sebagian pembukaan jalan lahir tertutup oleh plasenta),

placenta previa marginalis (kondisi pinggir plasenta berada tepat pada pinggir pembukaan jalan lahir), dan placenta previa letak rendah (plasenta berada 3-4 cm di atas bagian pinggir pembukaan jalan lahir).

22Menjaga Kehamilan Muda

huffingtonpost.com

Menjaga kehamilan muda sangat penting, apalagi untuk ibu dengan kehamilan pertama mereka. Awal kehamilan harus sangat diperhatikan karena pada periode ini, janin masih sangat rapuh dan reisko keguguran masih sangat besar.

Prosentase keguguran pada awal periode kehammilah sangatlah tinggi, bisa mencapai 40%. Beberapa keguguran berhubungan dengan abnormalitas seperti leukemia, faktor hormonal dan lain sebagainya.

Ibu yang terlihat sangat sehat bukan nerarti terhindar dari berbagai masalah yang dapat menyebabkan keguguran.

Salah satu tips menjaga kehamilan muda yang terpenting adalah yang berhubugan dengan konsumsi makanan dan minuman kita.

Pada masa ini, janin masih sangat lemah, maka makanan atau minuman yang cukup merusak atau kurang bisa memberikan suplai vitamin dapat menggangu pertumbuhan janin.

Nutrisi menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga awal kehamilan. Ibu sangat memerlukan beberapa nutrisi tambahan seperti zat besi. Kekurangan zat besi akan bisa berakibat fatal untuk janin seperti abortus atau keguguran atau kelahiran prematur.

Ya, bukan hanya resiko keguguran, kekurangan nutrisi pada awal kehamilan dapat berakibat pada kodisi fisik bayi saat dilahirkan. Maka dari itu, ibu harus sangat memperhatikan asupan makanan sejak trimester pertama.

Tips menjaga kehamilan muda yang kedua adalah menghindari semua bahan jahat yang bisa berdampak buruk pada janin. Merokok adalah salah satu tindakan yang dapat sangat merusak janin.

Bukan hanya ibu yang merokok, tetapi ibu sebagai perokok pasif juga bisa merasakan dampaknya. Begitu juga dengan obat-obatan.

Bahan kimia yang terdapat pada obat-obatan akan berdampak negatif pada janin secara signifikan. Karenanya, pastikan untuk menghindari berbagai macam obat, termasuk obat ringan.

Ibu harus dapat menyeimbangkan antara istirahat dan beraktivitas. Istirahat menjadi hal yang sangat penting, tetapi tidak disarankan untuk terlalu banyak tidur atau istirahat karen akan membuat badan merasa tidak nyama.

Pada periode ini, ibu akan mengalami banyak rasa tidak nyama di tubuh dan berktivitas ringan dapat menjadi solusi. Untuk menunjang vitalitas, ibu hamil muda masih bisa berolahraga ringan.

Pada perkembangan kehamilan di trimester pertama memang bukan hal yang mudah untuk menerima asupan makanan dan minuman padahal janin sangat membutuhkan nutrisi untuk perkembangannya.

Nutrisi diperlukan dalam menjaga janin sehingga terhindar dari keguguran yang biasanya rawan terjadi di trimester ini.

Kurangi terlebih dahulu makanan dan minuman yang mengandung kafein selain itu perhatikan makanan yang mengandung pengawet, bahan kimianya sangat berbahaya untuk perkembangan janin.

Asupan yang harus seorang wanita hamil hindari selanjutnya adalah keju apalagi keju putih yang akan menyebabkan keguguran yang spontan.

Bagi wanita karir pada trimester pertama memang mengalami hal yang perlu penyesuain mengingat perubahan fisik dan psikologis yang mempengaruhi pekerjaan. Sebaiknya menghindari pekerjaan yang terlalu berat.

Pekerjaan dengan kategori berat bisa diartikan menyita waktu istirahat selain itu beberapa pekerjaan yang akan membuat merasa terbebani memicu stress.

Kondisi dengan keadaan stress sebaiknya dihindari selama kehamilan apalagi di trimester pertama yang akan memicu hormon yang akan berkontrasksi dengan rahim akan meningkatkan keguguran pada kehamilan di usia muda.

Pada usia kehamilan muda, emosi akan tiba-tiba naik ataupun turun dikarenakan adanya pengaruh hormon yang tidak seimbang selama kehamilan.

Mengelola emosi merupakan cara yang terbaik dalam trimester pertama apalagi untuk yang memiliki riwayat penyakit hipertensi sebelum kehamilan sebaiknya harus pandai pandai mencari cara untuk rileksasi dalam menjaga kehamilan.

Meskipun sebuah keharusan dalam berkonsultasi kesehatan selama kesehatan akan tetapi pada kehamilan pertama seakan sulit membedakan perubahan normal dan abnormal yang harus segera di konsultasikan atau tidak.

Wanita hamil harus segera konsulasi dengan dokter apabila tubuh mengalami pendarahan pada vagina, mual dan muntah yang berlebih, demam tinggi dan keputihan ditandai abnormal.

23Yang Harus Dilakukan Suami Ketika Istri Hamil Muda

huffingtonpost.com

Jangan pernah meremehkan tugas istri dalam mengandung bayi. Banyak tekanan yang akan timbul dan terkadang ini akan membuat istri stress dan tentunya akan berdampak pada janin yang sedang dikandung oleh istri.

Sebisa mungkin suami tahu apa yang harus dilakukan ketika istri hamil. Suami harus menggunakan masa emas ketika istri hamil. Ini akan membuat seorang pria tampak ideal dan menjadi suami idaman serta mengurangi tingkat stress pada istri.

Suami juga jadi bisa dekat secara batin dengan istri dan anak. Peran suami selama kehamilan yang pertama adalah memberikan perhatian yang melimpah pada istri. Suami harus sering mengajak ngobrol atau menyentuh istri.

Banyak istri yang merasa sedih dan tidak diperhatikan karena mereka sedang hamil. Ini akan berdampak pada kesehatan ibu dan juga calon bayi. Istri pasti akan menganggap bahwa dirinya tidak lagi cantik sehingga suami sudah tidak perhatian lagi kepada istri.

Ini juga akan menjadi dampak yang buruk bagi kelangsungan hidup berumah tangga bersama istri. Oleh karena itu suami harus mau memperhatikan dan menjadi seorang pengamat yang aktif.

Seorang suami bisa juga selalu mengajak ngobrol anak yang ada di dalam kandungan atau juga membacakan beberapa ayat suci dalam kitab suci atau Al quran yang pasti akan membuat bayi merasa lebih tenang.

Sebagai seorang suami, perlu tahu bahwa bayi sudah bisa mendengarkan sejak usia 20 minggu. Maka sebagai calon ayah harus ikut berpartisipasi dalam segala kegiatan yang akan dilakukan istri dan calon bayi.

Jika perlu suami harus membeli buku-buku kehamilan untuk istri. Rajin-rajinlah mengatakan sayang kepada istri dan calon bayi.

Peran suami yang kedua adalah menjadi suami yang SIAGA. Apa itu SIAGA? SIAGA adalah siap antar dan jaga istri. Suami bisa mulai mengurangi beban pekerjaan dikantor dan benar-benar mencurahkan perhatian kepada istri.

Seorang suami harus mendampingi istri terutama disaat pergi ke dokter memeriksakan kehamilan dan pada saat menjelang proses melahirkan bayi.

Suami juga harus memberitahu istri untuk selalu minum vitamin, makan makanan yang bernutrisi, banyak beristirahat dan anjuran lainnya. Ini akan membuat istri merasakan bahwa sangat perhatian kepada istri.

Suami bisa mulai mendengar detak jantung calon bayi pada trimester pertama. Pada trimester yang kedua sudah bisa mengetahui jenis kelamin si jabang bayi.

Pada trimester yang terakhir suami bisa menanyakan proses kelahiran yang terbaik bagi istri dan anak. Seorang suami harus berani mendampingi istri ketika melahirkan

Peran suami selama kehamilan yang ketiga adalah selalu menjaga kesehatan sang istri. Suami harus mau memberitahukan istri agar mengikuti pola hidup yang sehat dengan menghindari berbagai kegiatan yang sangat berbahaya untuk kandungan.

Jika merokok, jangan lanjutkan kegiatan berbahaya tersebut. Asap rokok sangat tidak baik untuk janin bayi. Suami harus berhati-hati dengan kebiasaan yang akan berdampak buruk bagi janin dan istri.

Suami harus mau menerima semua keluhan istri ketika istri merasa capek, pusing dan lain sebagainya, bisa membawa kedokter atau sekedar membantu memijat istri ketika sedang merasa lelah.

Memijat istri akan membuat istri merasa nyaman, dan membuat hubungan yang baik dengan istri, bisa sambil mengajak bercanda sehingga istri akan semakin rileks.

Peran suami yang keempat adalah selalu mau melayani istri, harus mau membantu istri yang sedang hamil.

Bawakan tas dan segala keperluan ketika bepergian, hrus mau memasak dan melakukan pekerjaan rumah yang sudah tidak mungkin lagi dikerjakan oleh istri.

Peran suami selama kehamilan yang terakhir adalah dengan sering membicarakan tentang bayi. Suami harus mau membicarakan soal kamar bayi, semua peralatan bayi dan uang yang dimiliki.

Banyak cara untuk menghemat uang dengan meminjam peralatan di tempat saudara seperti meminjam kereta bayi, selimut, gendongan dan lain sebagainya. Kini juga banyak toko rental peralatan bayi yang banyak ditawarkan.

Sebagai suami, harus mau menjaga istri ketika dalam masa kehamilan ataupun tidak. Setelah melalui masa kehamilan, suami tetap harus memperhatikan istri dan tidak mengubah semua perilaku dan perhatian terbaik yang diberikan kepada istri tercinta.

Ketika masa awal kehamilan, istri terkadang menjadi tidak terkontrol pola makannya. Apa lagi saat sedang “Ngidam” semua kemauannya harus ada, harus dituruti, dan sekarang juga.

Permasalahan timbul ketika istri menjadi tidak suka terhadap makanan tertentu apalagi jika yang tidak disukai adalah nasi.

Maka suami harus mencari alternatif makanan lain agar perut istri tetap terisi dan cukup gizinya agar kesehatan bumil tidak tertanggu.

Jaga istri agar menghindari mengangkat beban berat atau melakukan pekerjaan yang menguras tenaga. Dengan kondisi kehamilan yang masih muda, janin dalam kandungan belum cukup kuat.

Jika istri melakukan kegiatan atau pekerjaan yang terlalu berat dikhawatirkan dapat terjadi keguguran bayi yang dikandungnya.

Suami juga harus menghilangkan gengsi “laki-laki” nya dengan bersedia membantu pekerjaan istri sehari-hari. Membantu dan menemani istri memasak didapur, mencuci piring.

Jangan biarkan istri sendirian di dapur, istri bukan pembantu dan suami bukan majikan yang meninggalkan istri di dapur sendiri sedangkan suami duduk santai menonton televisi.

Dengan membantu pekerjaan rumah istri dan bekerja bersama-sama dengan istri, istri akan merasa lebih dihargai dan lebih bahagia. Mood istri menentukan rasa masakan lho, katanya masakan terenak adalah masakan istri yang diberi bumbu cinta.

Ketika malam, luangkan beberapa menit menjadi terapis Spa bagi istri. Pijiti istri. Saat hamil, dan perut yang semakin besar, istri akan lebih mudah capek. Berikan pijatan ringan agar istri kembali rileks dan tetep merasa bahagia.

 

 

Sikap dan emosi istri berbeda-beda satu dengan yang lain, beruntung jika saat kehamilan istri kita tetap berprilaku seperti biasa, tanpa ada hal-hal aneh dan unik selama kehamilan.

Hal unik istri selama kehamilan biasanya tidak akan terlalu terasa bagi istri, satu hal yang dirasakan suami adalah kebahagiaan yang tiada terkira dimana dia sebentar lagi akan memiliki anak dan dipanggil Ayah. Indah sekali.

Nah, inilah gejala awal kehamilan yang pada umumnya terjadi pada kaum wanita yang sedang hamil muda. Tentu tidak semua wanita mengalami semua gejala di atas.

Juga apa-apa saja yang harus diwaspadai, dan dilakukan seorang suami sebagai bentuk dukungan agar psikologi wanita hamil lebih baik dan tidak merasa diabaikan.

Oh ya, ketika tiba-tiba kamu mengalami ada sesuatu yang tidak biasa terjadi pada tubuhmu, maka segeralah menghubungi dokter atau bidan, agar memahami lebih jelas apakah kamu sedang hamil atau tidak.

SHARE