Siapa yang tidak tahu tentang kiamat. Kiamat merupakan hari akhir, hari dimana muka bumi ini akan di hancurkan. Seluruh umat manusia meninggal kemudian dibangkitkan lagi untuk menjalani penimbangan atas amal perbuatan yang mereka kerjakan selagi hidup di dunia dulu.

Kiamat merupakan salah satu dari rukun iman. Itu berarti sebagai umat islam kita wajib untuk mengimani adanya hari kiamat atau hari akhir. Bahwa hari kiamat itu akan terjadi walaupun tidak akan pernah ada yang tahu kapan kiamat akan terjadi.

Tetapi Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah mengabarkan kepada seluruh umat-Nya tentang tanda tanda akan terjadinya hari kiamat. tanda tanda tersebut ada yang merupakan tanda kecil ( kiamat sughra ) dan tanda besar ( kiamat kubro ).

Berikut merupakan beberapa tanda kiamat besar :

1Munculnya Dajjal

flickr.com

Dajjal merupakan seorang manusia keturunan dari anak cucu Nabi Adam yang muncul serta mengaku sebagai tuhan. Menurut cerita dia akan keluar dari timur (Iran). Lalu dia akan berjalan di muka bumi dan memasuki seluruh negeri.

Akan tetapi dajjal tidak dapat memasuki wilayah Masjidil Aqsha, Tursina, Makkah, dan Madinah karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala memerintahkan para malaikat untuk menjaga setiap pintu masuknya.

Munculnya dajjal merupakan fitnah yang sangat besar bagi kaum muslimin. Dalam sebuah hadist shohih dikatakan bahwa ada surga dan neraka bersamanya. Nerakanya adalah surga dan surganya adalah neraka.

Dia mampu menyuruh langit untuk menurunkan hujan. Menyuruh bumi untuk menumbuhkan tumbuhan. Pembedaharaan bumi mengikutinya. Dia bisa melewati bumi dengan sangat cepat.

Rosulullah saw menjelaskan bahwa dajjal merupakan seorang laki laki, muda, berkulit merah, buta sebelah matanya, tidak punya anak, dan tertulis “kafir” diantara kedua matanya yang dapat dibaca oleh setiap muslim.

2Keluarnya Yajuj dan Ma’juj

falah.tv

Yajuj dan ma’juj merupakan keturunan dari Nabi Adam. Mereka adalah laki laki yang sangat kuat sehingga tidak ada seorangpun yang dapat melawan mereka. Keduanya akan membuat kerusakan yang sangat besar di muka bumi.

Kemudian Nabi Isa yang turun ke bumi untuk memerangi dajjal serta pengikutnya akan berdoa untuk kebinasaan mereka, lalu mereka akan mati dengan ijin Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Yajuj dan Ma’juj merupakan kabilah dari keturunan Yafits bin Nuh. Mereka muncul setelah dinding penghalang yang dibuat oleh Dzulqarnain jebol. Mereka berbuat berbagai macam tindakan yang keji dan memakan tanaman apa saja yang mereka temui dan minum danau Thabariyah.

3Terbitnya Matahari dari Barat

agusmediaonline.blogspot.com

Tanda kiamat besar yang sudah banyak diketahui oleh umat manusia adalah terbitnya matahari dari sebelah barat. Hal ini merupakan perubahan kondisi alam yang pertama sebelum Allah Subhanahu Wa Ta’ala memerintahkan bumi untuk mengeluarkan seluruh isi perutnya.

Pada waktu itu seluruh manusia akan keluar dan merasa sangat takut kemudian berbondong bondong untuk bertobat. Akan tetapi hal itu tidaklah bermanfaat lagi iman mereka yang beriman pada saat itu. Karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah menutup pintu tobat.

4Keluarnya Api yang Menggiring Manusia

ir.voanews.com

Akan muncul api yang sangat besar dari Yaman kemudian tersebar di muka bumi lalu menggiring manusia menuju padang mahsyar.

Seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadist shahih:

Dari  Anas bin Malik, sesungguhnya Abdullah bin Salam ketika masuk islam, ia bertanya kepada Nabi tentang beberapa masalah. Diantaranya: apakah pertama tama tanda hari kiamat? Nabi menjawab, Adapun pertama tama tanda  hari kiamat adalah adanya api yang menggiring manusia dari Timur ke Barat. ( HR. Bukhari )