Apa yang kamu bayangkan jika ditanya tentang kota tujuan wisata di Eropa? Mungkin lebih banyak yang mengidamkan untuk berkunjung ke kota-kota ternama seperti Paris, Barcelona, Roma, atau London.

Tak banyak orang yang melirik kota-kota di Eropa Timur. Padahal destinasi wisata disana banyak yang bilang tak kalah menarik dibanding kota-kota di Eropa Barat dan Eropa Tengah.

Salah satu yang paling menonjol adalah kota Budapest di Hungaria.Kota Budapest memang dinobatkan sebagai kota wisata di Eropa Timur, bahkan dianggap sebagai Parisnya Eropa Timur.

Julukan lain kota ini gerbang masuk Eropa Timur, agaknya karena Kota ini terhubung dengan semua jalan utama dan jalur kereta api Eropa, dan juga berbatasan langsung dengan negara Eropa Tengah, Austria.

Banyak pilihan destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi, seperti Kastil Budha, Heroes Square, Jembatan Szechenyi, Sinagog Dohany Street, dan tempat-tempat lainnya.

Semua lokasi menyajikan keindahan tersendiri. Arsitektur bangunan yang eksotik, dibalut keindahan alam, pastinya semua ingin mengabadikan setiap sudut keindahan kota ini.

Berikut ini beberapa gambar terbaik yang akan membuat kamu jatuh hati pada kota Budapest.

1Gedung Parlemen Hungaria di Atas Kaca

wallsank.com

Lihatlah gambar dibawah gedung, tampak seperti pantulan kaca bukan? Namun aslinya pantulan itu berasal dari sungan Danube yang terletak persis di depan gedung.

Memang saking jernihnya sungai ini, hingga membuat pantulan cahayanya sempurna. Selain itu sorot lampu dari dalam gedung juga menambah kesan yang menarik.

Gedung parlemen di Hungari ini merupakan gedung parlemen terbesar kedua di Eropa setelah House of Parliament di London.

Sejak tahun 2000 Magyar Szent Korona atau mahkota suci milik raja-raja Hungaria disimpan di sini. Lokasinya terletak di hadapan sungai Danube di sisi Pest.

2Sungai dan Jembatan Berkemilauan

francisjtaylor.co.uk

Dua wilayah yang terpisah oleh sungai Danube, dihubungkan oleh banyak jembatan yang cukup berdekatan.

Saat semua jembatan dan batas sungai bersinar di malam hari, pemandangan yang luar biasa yang akan memukau semua mata.

ilyastravelphtos.worpress.com
ilyastravelphtos.worpress.com

Ada banyak jembatan di sungai ini, namun yang paling terkenal adalah Jembatan Szechenyi dan chain bridge.

3Kastil Buda Merapat Bersama Rakyat

curiouslines.com

Selain dari perpaduan warna yang cantik, kesan lain dari gambar tersebut,  yakni kastil raja yang dekat dengan rakyatnya. Seakan-akan kerajaan tidak berjarak dari rumah-rumah rakyat biasa.

Amati rumah penduduk disekeliling kastil, semua tampak menyatu. Seperti tata kota di zaman klasik. Apalagi banyak bangunan rumah di Budapest yang juga masih bergaya klasik.

Kastil ini sendiri dibangun pada abad 14 dan 15. Tempat ini merupakan istana pertama yang dibangun dengan gaya Gothik dengan dipengaruhi oleh ornamen arsitektur Baroque.

4Sunrise dan Awan Hitam Menyelimuti Budapest

rizsavi.com

Seorang fotografer berhasil mengambil gambar sunrise dari atas bukit. Uniknya selain sunrise yang tertangkap kamera, awan hitam pekat nampak juga menyelimuti Budapest.

Kalau kamu penggemar film-film fantasi, mungkin akan berimaginasi layaknya kejahatan dan kegelapan akan menimpa penduduk kota.

5Tata Kota yang Artistik

wallpaperup.com

Nampak jalan melingkar menuju Jembatan cain yang mengarah ke Gedung Parlemen. Taman di tengah-tengah lingkaran dengan desain yang artistik, seperti tiga mata yang saling memandang.

Tata lampu kota di sepanjang jalan dan jembatan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

6Arsitektur Interior yang Kaya Budaya

wikimedia.org

Dalam gambar tersebut, tampak pengunjung yang berada dalam gedung opera. Bersiap-siap menyaksikan pertunjukan opera. Saat itu bisa jadi orang akan merasa seperti kembali ke abad-abad masa silam.

Arsitektur bangunan-bangunan di Budapest memang kaya akan ragam budaya. Mulai dari gaya klasik Roma, Turki, ghotik, hingga yang bergaya romantik semuanya ada disini.