Ingin berlibur ke tempat yang menarik tapi waktu liburanmu singkat? Bandung adalah destinasi wisata yang tepat.

Tidak hanya menawarkan kesejukan saja, Bandung juga memiliki banyak tempat wisata dengan panorama indah.

Salah satunya yakni Gunung Tangkuban Perahu. Letak wisata eksotis ini sekitar 20 km dari Kota Bandung, Jawa Barat. Gunung tersebut menyimpan seribu kecantikan alam beserta legenda di dalamnya.

Menurut legenda, Gunung Tangkuban Perahu terbentuk karena kekuatan gaib dari tendangan seorang pemuda bernama Sangkuriang.

Kisahnya bermula tatkala Sangkuriang batal menikah dengan Dayang Sumbi lantaran tidak sanggup memenuhi syarat pernikahannya.

Dayang Sumbi meminta dibuatkan perahu sebelum fajar menyingsing. Tapi, ternyata permintaan itu hanya akal-akalan Dayang Sumbi untuk menolak lamaran Sangkurian yang ternyata putra kandungnya sendiri.

Sangkuriang pun marah dan melampiaskan kemarahannya dengan menendang perahu hingga terbalik. Akhirnya, perahu tersebut menjadi sebuah gunung yang dinamakan Tangkuban Perahu. Artinya, perahu terbalik.

Namun, itu hanyalah legenda yang tidak bisa dibuktikan secara ilmiah. Pada dasarnya, bentukan gunung tersebut merupakan proses alamiah. Memang kebetulan bentuknya menyerupai perahu terbalik.

Gunung Tangkuban Perahu ini memiliki ketinggian 2084 mdpl dan merupakan gunung aktif. Beberapa kali pernah meletus kemudian menghasilkan sembilan buah kawah.

Terlepas dari legenda maupun proses pembentukannya, gunung ini menyuguhkan pemandangan kawah yang sangat indah. Ada tiga kawah yang sering dikunjungi wisatawan, yaitu Kawah Ratu, Domas, dan Upas.

Bagaimana detil keelokannya? Yuk, simak bersama!

1Kawah Ratu

anekawisatanusantara.blogspot.com

Kawah Ratu merupakan kawah yang paling cantik di kawasan Tangkuban Perahu. Kamu akan menemukan sebuah prasasti di pelataran parker. Selain itu, dari sini kamu sudah bisa melihat panorama Kawah Ratu.

Nampaknya sangat mudah menuruni kawah ini tapi pengunjung dilarang untuk turun ke bawah. Gas beracun di kawah tersebut sangat berbahaya.

toyotaindonesiamanufacturing.co.id
toyotaindonesiamanufacturing.co.id

Sangat disarankan berkunjung ke tempat ini tatkala cuaca sedang sangat cerah.

Nantinya, kamu akan menyaksikan lekukan kawah yang sangat cantik. Kalau lelah berjalan kaki, di kawasan Tangkuban Perahu tersedia kuda.

Berkeliling dengan kuda juga menyenangkan, guys. Apalagi sembari menikmati pemandangan kawah yang mengagumkan.

2Kawah Domas

wisatawanalam.blogspot.com

Jarak Kawah Domas dan Ratu memang tidak jauh. Sayangnya, kawah ini tidak banyak didatangi pengunjung.

Penyebab Kawah Domas jarang dikunjungi mungkin karena papan namanya terlalu kecil sehingga tidak terlihat. Mungkin juga karena pemandangannya tidak semenarik Kawah Ratu.

Tapi, Kawah Domas bisa menjadi alternatif kedua tujuan wisata di Tangkuban Perahu.

Meski tidak seramai Kawah Ratu, kawah ini mempunyai sumber air panas yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kulit.

liautama.com
liautama.com

Pengunjung boleh merendam kaki mereka di kubangan air kecil yang sumbernya dari mata air panas tersebut. Bagi yang punya masalah dengan kulit, bisa mencoba berendam di sini.

3Kawah Upas

iqbalputra.wordpress.com

Ingin melihat eksotisnya lembah dan pohon-pohon kayu yang mati? Cobalah datang ke Kawah Upas.

Kamu bisa menikmati keindahan Tangkuban Perahu dari sisi Kawah Upas. Jalan menuju ke tempat ini mudah karena tidak perlu mendaki.

Kalau ingin mengunjungi Kawah Upas, kamu dapat melalui jalur Parompong. Perjalanan yang akan kamu tempuh kurang lebih tiga jam.

Tapi, jangan khawatir, perjalanananmu pasti terasa menyenangkan karena melewati hamparan perkebunan teh yang memukau.

ardianizme.blogspot.com
ardianizme.blogspot.com

Setelah itu, kamu akan memasuki kawasan hutan. Tidak usah takut tersesat karena ada jalan setapak yang mengantarkanmu ke arah Kawah Upas.

Tiga jam perjalanan terbayar sudah dengan keindahan Kawah Upas. Bau belerang terkadang masih menyengat dari dasar kawah.