bangsaid.blogdetik.com

Tanpa Kamu Sadari 6 Kebiasaan Ini Bisa Membuatmu Tambah Gemuk

Posted on

Dalam kehidupan sehari-hari kita menjalanai beberapa aktivitas yang sama dan sering di ulang-ulang. Misalnya makan, minum, tidur, mandi, dan lain sebagainya.

Kegiatan tersebut bisa dibilang merupakan kebiasaan. Kebiasaan yang tidak bisa kita lewati dalam kehidupan sehari-hari.

Akan tetapi tanpa kita sadari ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat tubuh menjadi gemuk. Apa sajakah itu? Mari kita simak ulasan berikut.

Makan buru-buru atau Kebiasaan Makan Cepat

missyoan.files.wordpress.com

Bangun kesiangan atau hampir terlambat menghadiri suatu agenda, akibatnya kamu yang ingin makan jadi makan dengan cepat atau buru-buru.

Tahukah kamu bahwa merasa kenyang atau tidak bukanlah ditentukan oleh lambung, melainkan otak kita yang menentukan.

Orang yang makan dengan cepat atau terburu-buru  membuat otak kita lambat dalam bekerja untuk ‘melaporkan’ apakah tubuh sudah merasa kenyang atau belum.

Sinyal dari tubuh ke otak mengalami keterlambatan 20 menit. Jadi kita akan merasa kenyang 20 menit setelah makan.

Lantas apa hubungannya dengan gemuk? Dengan makan cepat tidak memberikan kesempatan bagi otak untuk memberikan stimulus kenyang, maka kamu akan terus makan karena belum merasakan tanda-tanda akan kenyang.

Akibatnya makanan dan lemak semakin tertimbun di dalm tubuh dan membuat tubuh menjadi tambah gemuk.

Tidak Biasa Sarapan dan Jam Makan Berantakan

ketapang.deliserdangkab.go.id

Kita memiliki jam biologis bagi tubuh dalam mencerna makanan. Kita mungkin sering tidak sempat, melewatkan atau tidak terbiasa sarapan.

Hal tersebut dapat mempengaruhi tubuh, karena tubuh memiliki jam biologis yang telah diperhitungkan sesuai dengan proses metabolisme tubuh.

Denise Burner, mantan Presiden American Society of Bariatric Phiysicians dan spesialis obesitas mengungkapkan jika sarapan dan jam makan teratur terlewatkan, maka kelaparan yang tidak karuan akan dialami manusia.

So, jika itu terjadi nafsu makanmu akan meningkat dan tubuh dengan mudah menjadi gemuk.

Suka Makan Mie Instan Dua Sekaligus

carasehat123.blogspot.com

Ini dia makanan favorit anak kos, mi instan. Tidak hanya anak kos saja sih, kebanyakan orang juga suka mengkonsumsi mi instan.

Untuk membuat mi instan tidak membutuhkan waktu yang lama, praktis dan mudah. Akan terasa lebih mantap jika mengkonsumsi dua sekaligus.

Padahal ini berbahaya, bahan-bahan yang ada dalam mie akan mengembang dan butuh waktu lama untuk mencernanya. Maka bisa membuatnya mengendap menjadi lemak di dalam tubuh.

Mengkonsumsi Junk Food Berlebihan

lagizi.com

Memang enak dan praktis mengkonsumsi makanan cepat saji. Selain praktis juga mengenyangkan. Akan tetapi kandungan lemak jenuh dan garam yang tinggi membuat tubuh kita tambah gemuk.

Habis Makan Langsung Tidur

satoetoedjoehdelapan.blogspot.com

Apa yang kamu rasakan setelah makan? Kenyang dan tiba-tiba kantuk menyerang, yak kan?

Itu adalah hal alamiah karena tubuh kita akan merasakan rileks ketika diberi asupan. Akan tetapi kebanyakan orang terbuai oleh rasa kantuk dan menuruti untuk tidur.

Tidur setelah makan justru memperlambat proses pencernaan yang menyebabkan kembung. Hal itu mengakibatkan pada kenaikan berat badan.

Sebaikanya tunggulah hingga 2 jam setelah makan agar proses pencernaan kembali normal.

Nikmatnya Makan Gorengan

intisari-online.com

Makan gorengan yang masih hangat dan ditemani dengan cambal cocol, aduh, betapa nikmatnya. Anpa disadari kita telah menghabiskan banyak gorengan.

Kita tentu tahu bahwa makanan berminyak dapat mebat timbangan berat badanmu semakin naik.

Masih banyak kebiasaa lain yang dapat membuatmu gemuk. Selain menjaga pola gaya hidup, coba lakukan olahraga agar tubuh sehat.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *