Integritas dan kesederhanaan Muslich Bambang Luqmono (MBL) ternyata betul-betul nyata dan bukan pencitraan. Selama bertahun-tahun menjadi hakim, dia selalu naik sepeda onthel ke kantor.

Hakim tinggi Muslich Bambang Luqmono (MBL) adalah seseorang yang menjadi ketua majelis kasus Nenek Minah melenggang masuk bursa hakim agung.

MBL dikenal sederhana, tidak punya kendaraan mewah, bahkan belum mempunyai rumah sendiri hingga saat ini.

Barangkali, kita bisa belajar banyak kepada beliau mengenai kesederhanaan dan kebersahajaannya. Yuk!

Back

1. Kebiasaan Sejak Kuliah

Kebiasaan MBL naik sepeda onthel dimulai saat kuliah di Yogyakarta. Tidak tanggung-tanggung, jarak antara tempat tinggalnya di Kebumen menuju Yogyakarta dia tempuh dengan naik sepeda onthel.

Setelah menjadi sarjana dan diterima sebagai hakim, MBL tidak melupakan kesederhanaan itu.

Meski sudah berpindah-pindah di 10 wilayah Indonesia sebagai hakim, dia selalu menggunakan sepeda onthel untuk transportasi ke kantornya.

Tiap kali pindah tugas, yang dia cari pertama kali di tempat barunya adalah sepeda onthel karena tidak mungkin membawa-bawa sepeda onthel dari tempat tugas satu ke tempat tugas lainnya.

Salah satu kesederhanaan MBL yaitu memakai sepeda ontel ke kantornya. Seperti terlihat saat bertugas di Pengadilan Negeri (PN) Purwokerto atau di Pengadilan Tinggi (PT) Palangkaraya.

anekainfounik.net
Back