Salah satu kebutuhan makhluk hidup yang harus dipenuhi adalah makan dan minum. Makan dan minum merupakan rutinitas manusia yang dilakukan setiap hari.

Idealnya seseorang makan sehari tiga kali, pagi sebelum beraktivitas, siang, dan malam. Namun, ada beberapa orang yang mungkin tidak melakukan makan sehari tiga kali. Itu pilihan mereka, mereka tentu tahu kondisi tubuh masing-masing.

Ada yang sangat menyukai makan, akan tetapi ada juga yang kurang suka makan. Bagaimanapun alasannya, makan adalah sebuah kebutuhan yang tidak mungkin kita tinggalkan.

Karena sejatinya, makhluk hidup itu juga membutuhkan makan dan minum agar bisa memperoleh energi dan gizi yang dapat menunjang kehidupan.

Rasulullah SAW adalah suri tauladan kita, beliau selalu memberikan tuntunan yang baik dan sunahnya bermanfaat bagi kehidupan umat muslim. Bahkan untuk hal yang sering kita lakukan sehari-hari yakni makan dan minum.

Pola makan dan hidup Rasulullah yang sehat dan teratur membuat beliau memiliki tubuh yang tangguh dan kuat.

Bisa kita ketahui dari kisah-kisahnya, Rasulullah jarang sakit, beliau juga mampu bertarung di medan perang dengan begitu gagah dan kuat.

Selain didukung dari konsumsi makanan yang sehat, ternyata beliau juga menerapkan tata cara makan dan minum yang benar dan terjaga.

Nah, berikut tuntunan tata cara makan dan minum ala Rasulullah.

1Berdo’a Sebelum Makan Atau Minum

sameapk.com

Tahukah kamu bahwa air itu hidup dan dapat memberikan respon atas perlakukan yang diberikan kepadanya?

Adalah Dr.Masaru Emoto, ilmuwan dari Jepang yang melakukan penelitian terhadap air. Beliau berhasil mendapatkan foto kristal air pertama di dunia bersama sahabatnya Kazuya Ishibashi, seorang ilmuwan yang ahli dalam mikroskop.

Foto tersebut diperoleh dengan cara membekukan air pada suhu -25oC dan difoto dengan alat berkecepatan tinggi.

Hasilnya, air ternyata mampu merespon terhadap getaran rasa baik berupa kata, gambar, serta musik baik secara positif ataupun secara negatif,  getaran air tersebut dapat merambat ke molekul air tubuh manusia, kemudian mempengaruhi perilaku manusia. Menajubkan bukan?

Sebuah hadits menyebutkan, “Apabila seorang kalian ingin makan, hendaknya dia membaca ‘bismillah’. Dan jika ia lupa membaca di awalnya, hendaknya di membaca ‘bismillah fii awwalihi wa aakhirihi.” (HR. At-Tirmidzi dan Ahmad. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih Sunan At-Tirmidzi no. 1513).

2Makan dan Minum Sambil Duduk

kang-iil.blogspot.com

Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah sekali-kali seseorang dari kalian minum sambil berdiri, barang siapa lupa hendaklah dia memuntahkannya.” (HR. Muslim)

Jika minum saja tidak boleh sambil berdiri apalagi dengan makan. Dilihat dari etika dan kesopanan makan dan minum sambil berdiri sangatlah tidak patut.

Selain itu, ternyata makan dan minum sambil berdiri sangat berbahaya bagi tubuh. Sebuah penelitian membuktikan bahwa air putih yang kita minum saat duduk akan disaring oleh sfringer (suatu struktur berotot yang bisa membuka membuka dan menutup).

Jika kita minum dengan cara berdiri, maka air yang kita minum langsung masuk tanpa disaring. Hal itu bisa menyebabkan penyakit ginjal yang berbahaya.

Maka dari itu sebaiknya kita makan dan minum sambil duduk, selain terlihat sopan juga berdampak baik bagi kesehatan tubuh.

3Awali dengan Makan Buah

andrieherlinariza.files.wordpress.com

Kebiasaan banyak orang di sekitar kita adalah mengkonsumsi makanan berat dulu baru ditutup dengan makan buah.

Firman Allah SWT, “Dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, dan daging burung dari apa yang mereka inginkan.” (Q.S Al Waqi’ah ayat 20-21)

Dalam ayat tersebut Allah SWT menyebutkan buah-buahan dahulu baru daging. Maksudnya kita dianjurkan untuk mengkonsumsi buah terlebih dahulu baru kemudian makanan berat.

Menurut hasil penelitian dr.Muhammad Suwardi, bahwa buah yang dikonsumsi sebagai makanan penutup hidangan akan menjadi sampah dalam tubuh karena tidak dicerna secara alami di lambung.

Buah tersebut ikut berkumpul bersama makanan selama berjam-jam dalam kubanagn asam lambng yang pekat.

Selain itu, menurut sebuah penelitian buah yang dikonsumsi dalam keadaan perut yang belum terisi apapun baik bagi kesehatan karena campuran air liur dan buah dapat menadi obat pencegah penyakit kanker.

4Tidak Meniup Makanan Atau Minuman

plus.google.com

Sebuah penelitian membuktikan bahwa saat air (H2O) bertemu dengan karbondioksida (CO2) yang dihembuskan dari mulut maka akan menghasilkan senyawa asam karbonat (H2CO3).

Mengerikan, jika senyawa tersebut masuk di dalam tubuh manusia maka bisa mengakibatkan penyakit jantung.

Jauh sebelum penelitian ini dilakukan ternyata Rasulullah telah menerapkan cara makan dengan tidak meniupnya.

Dalam sebuah hadits disebutkan, “Dari Abu Qatadah ra., Rasulullah SAW bersabda, Apabila kalian minum janganlah bernafas di dalam gelas, ketika buang hajat, janganlah menyentuh kemaluan dengan tangan kanan.” (HR. Bukhari 153).

5Makan Dengan Tangan, Tiga Jari

gaulfresh.com

Rasulullah memberikan contoh ketika makan beliau makan dengan tangan.

Hal ini disebutkan dalam sebuah hadits, “Dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah bersabda, jika salah seorang diantaramu makan, maka hendaklah ia menjilati jari-jemarinya, sebab ia tidak tahu dari jemari mana munculnya keberkahan.” (HR. Muslim).

Ternyata kebiasaan Rasulullah tersebut sangat baik bagi kesehatan. Sebuah penelitian yang dilakukan pada Oktober 2010, membuktikan bahwa makan menggunkan tangan lebih menyehatkan karena dalam tangan terdapat enzim RNAse yang dapat mengikat bakteri.

Sehingga tingkat aktivitsnya sangat rendah saat masuk bersama makanan ke saluran pencernaan tubuh.

6Melakukan Puasa Untuk Menjaga Kesehatan

www.masjidraudhatuljannah.com

Dr. Ahmad al-Qadhi, Dr. Riyadh al-Bibabi dan rekannya di Amerika melakukan penelitian terhadap sejumlah muslim yang berpuasa selama bulan Ramadhan untuk diambil sampel darahnya.

Hasil penelitian mengungkapkan pengaruh positif puasa yang cukup signifikan terhadap kekebalan tubuh.

Subhanallah, itulah kebiasaan sehat Rasulullah tentang makan dan minum. Beliau memiliki pola hidup yang sehat dan tertata.

Dengan mengikuti kebiasaan Rasulullah di atas, kita tidak hanya mendapatkan tubuh yang sehat tapi juga pahala dan ridha dari Allah SWT jika kita mengamalkannya karena niat mencari ridhaNya.

Semoga kita bisa menjadi umat yang taat kepada Allah SWT dan mengikuti sunah-sunah Rasulullah, agar kita dapat hidup dalam keberkahan dan bermanfaat.