Hanya di Jawa Tengah dan Yogyakarta mungkin minum teh pasti manis. Saat kamu beranjak ke daerah Jawa Barat atau Jakarta, teh akan selalu terasa tawar alias tanpa gula.

Sahabat, tahu kah kamu jika ternyata teh tawar memiliki segudang manfaat. Tentunya manfaat yang baik untuk kesehatan.

Teh tawar bukan hanya soal kebiasaan atau budaya, namun memang sebuah gaya hidup sehat. Teh sendiri memang memiliki banyak manfaat. Jika tidak dicampur dengan zat lain seperti gula atau susu pada teh tarik, maka teh akan tetap terjaga kemurniannya.

Apa saja manfaat teh tawar bagi kesehatan? Simak yuk

1Baik untuk Gigi

www.diets-usa.com

Unsur Flouride ( F ) yang cukup tinggi pada Teh, dapat membantu dalam mencegah tumbuhnya karies pada gigi serta dapat memperkuat gigi

Belum lagi, teh juga memiliki kandungan flavanoid yang berfungsi meningkatkan asam email gigi dan anti bakteri. Ini pulalah yang membuat konsumsi teh sangat efektif untuk mengurangi bau mulut.

2Mencegah Tekanan Darah Tinggi

glarehouse.com

Teh mengandung zat bersama Epigallocatechin dan epicatechin gallat. Zat ini merupakan varian dari catechin, tenyata mampu bertindak mengendalikan angiotensin trasferase, yaitu enzim penyebab tekanan darah tinggi.

Lebih lanjut dapat pula disimpulkan bahwa dengan kemampuan catechin untuk mencegah tekanan darah tinggi, mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan menangkal radikal bebas, maka catechin juga bisa mengurangi resiko penyakit kardiovascular.

3Kurangi Stress

completemindandbody.co.uk

Konsumsi teh secara teratur juga terbukti dapat mengurangi hormon kortisol yang dapat menyebabkan stres.

Namun demikian, ini dapat terjadi jika konsumsi rutin terjadi sedikitnya 6 pekan dengan minimal 3 cangkir teh setiap harinya. Dengan jumlah yang demikian, 20 persen kortisol dapat terkurangi sehingga peminum teh akan terhindari dari stress.

4Menyegarkan Tubuh

sinarharapan.co

Teh mengandung sejenis kafein yang berbeda dengan kopi, maka Teh juga dapat merangsang sistem syaraf tubuh kita sehingga pengambilanoksigen kedalam tubuh lebih lancar.

5Membuat Tubuh Langsing

www.healthyfoodelements.com

Banyak yang telah membuktikan bahwa mengkonsumsi 3-4 cangkir teh tawar sehari dapat sangat membantu menurunkan berat badan secara signifikan.

Ini berhubungan dengan kandungan teh yang bebas kalori, kecuali jika dicampur dengan zat-zat lain semisal gula dan krim atau susu. Dibanding mencoba alternatif lain yang tidak alami, mahal dan bukan tak mungkin berbahaya, cara ini tentu cukup solutif dan efektif.

6Memperkuat Daya Tahan Tubuh

novawijaya86.blogdetik.com

Teh mengandung vitamin C dan E. Dengan adanya vitamin C dan vitamin E, maka Teh dapat juga membantu memperkuat daya tahan tubuh.

Maka tak heran jika orang sakit disarankan minum teh agar daya tahan tubuhnya bisa kembali dan lekas kembali fit

7Membantu Mencegah Tumor

www.dewa-dewi.com

Kandungan polifenol dan antioksidan dalam teh amat bermanfaat dalam mencegah pun mengobati penyakit kanker dan tumor. Karena itu, konsumsi teh tawar secara rutin dapat amat bermanfaat utamanya untuk keperluan pencegahan.