Bola voli adalah suatu olahraga permainan bola yang dimainkan oleh dua tim yang berlawanan. Setiap tim terdiri dari masing-masing enam orang pemain. Permainan bola voli dimainkan dengan menggunakan tangan, adapun boleh menggunakan seluruh tubuh asalkan bola tidak menyentuh tanah terlebih dahulu

Bola voli mempunyai beberapa variasi, ada 3 macam bola voli yang sering dimainkan oleh orang, yang pertama adalah bola voli full lengkap, yang kedua bola voli mini yaitu 3 on 3 dan bola voli pantai yang masing-masing tim terdiri dari dua orang pemain.

Pada dasarnya tehnik dan permainan ketiga jenis bola voli tersebut sama, sama peraturannya dan sama tehniknya, hanya saja yang membedakan jumlah orang yang bermain di dalamnya dan skor yang menjadi kesepakatan antara kedua tim dalam permainan.

Untuk olahraga voli sendiri dinaungi FIVB (Federation Internationale de Volleyball) sebagai induk organisasi internasional. Sementara di Indonesia dinaungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia). Dimana olahraga bola voli sudah menjadi bagian dari olahraga nasional yang terus dikembangkan di Indonesia.

Olahraga ini sudah banyak digemari di seluruh lapisan masyarakat, tidak hanya anak-anak, pemuda, bahkan bapak-bapak dan para ibu juga banyak yang gemar olahraga ini. Di sekolah-sekolah juga dijadikan salah satu olahraga extra kurikuler yang cukup menjadi extra favorit di kalangan para pelajar.

Olahraga ini bisa dikatakan olahraga yang asik dan seru, tapi bukan berarti asal-asalan main saja atau gak latihan langsung bisa, olahraga voli juga butuh tehnik dasar, butuh banyak latihan, stamina yang prima dan ketahanan tubuh yang kuat.

Selain itu olahraga voli ini akan lebih cocok dan tepat bagi mereka yang mempunyai tubuh tinggi, karena berkaitan dengan net atau pembatas dalam permainan, tapi bukan berarti yang pendek tidak bisa dan tidak boleh bermain, mereka yang bertubuh pendek juga banyak yang bisa dan juga bermain di tim besar, bahkan kemampuan permainan mereka juga bagus, tidak kalah dengan yang bertubuh tinggi.

Bagi kamu yang ingin mahir olahraga bola voli, kamu harus bisa tehnik dasar dahulu, karena tanpa itu akan susah dan lama untuk menguasainya.Berikut di bawah ini akan dijelaskan beberapa tehnik dasar permainan dan  olahraga bola voli yang perlu kamu tahu.

1Teknik Servis

anggaputra.com

Tehnik servis merupakan tindakan pertama kali yang harus dilakukan untuk memulai permainan sebuah dalam bola voli. Tim pertama memukul bola ke arah bidang lawan sampai terus bermain hingga siapa yang dapat poin. Setiap pemain bola voli harus menguasai teknik servis ini, agar dapat mencetak point untuk masing-masing tim.

Servis ini juga menentukan jalannya permainan, ketika tehnik servis nya menukik tajam dan kencang akan membuat tim lawan kesulitan menerima bola, biasanya gagal bola akan melenceng jauh karena pasing yang tidak sempurna, saat itulah tim yang servis akan mendapatkan poin secara cuma-cuma dan ini sangat menguntungkan tim servis.

Kalau tidak begitu permainan pasing lawan akan sempoyongan dan tidak bisa bermain dengan tepat. Maka dari itulah tehnik servis yang baik diperlukan untuk olahraga bola voli agar menang melawan tim lawan.

Pengertian tehnik itu sendiri adalah suatu upaya pelaksanaan suatu gerak secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam setiap permainan, pengenalan teknik sangat penting. Alasannya, teknik merupakan kunci keberhasilan suatu permainan

Teknik servis itu sendiri ada tiga macam yaitu servis dengan ayunan lengan dari bawah, servis dengan ayunan lengan dari samping dan servis dengan ayunan lengan dari atas.

Pertama, Servis dengan ayunan lengan dari bawah, servis ini juga bisa disebut underhead service, caranya sebagai berikut.

Berdiri menghadap ke lapangan, salah satu kaki di depan, dan salah satu tangan memegang bola di depan badan dengan sikut ditekuk, lambungkan bola yang dipegang setinggi pundak, bersamaan dengan ayunan lurus tangan yang lain ke belakang.

Perhitungkan waktu perkenaan bola dan tangan, ayunkan tangan lurus ke depan dan pergelangan tangan ditegangkan, perkenaan tangan pada bagian belakang bawah bola, setelah memukul, pindahkan berat badan ke depan, caranya dengan melangkahkan kaki belakang dan segera masuk kelapangan

crystamunth.blogspot.com
crystamunth.blogspot.com

Kedua, teknik servis dengan ayunan lengan dari samping

Servis dengan ayunan tangan dari samping disebut juga slider floating overhand. Cara melakukannya sebagai berikut.

Berdiri menyamping arah servis, kedua kaki sejajar, salah satu tangan memegang bola, dan tangan untuk memukul dalam posisi menggenggam, kemudian lambungkan bola setinggi bahu, ayun lengan pukul dengan gerak melingkar ke arah bola samping.

Perkenaan tangan dan bola berada di depan pundak lengan yang memegang bola. Keadaan lengan tetap lurus. Setelah melakukan pukulan, gerakan lengan dibawa lurus ke depan, berat badan dipindahkan ke depan, dan segera memasuki lapangan.

Setelah bola berada kira-kira setinggi pinggang lengan kanan diayunkan lurus ke depan untuk memukul bola.

Yang ketiga tehnik servis dengan ayunan lengan dari atas.

Servis dengan ayunan tangan dari atas disebut juga floating overhand serve. Cara melakukannya sebagai berikut.

Berdiri menghadap arah pukulan, salah satu kaki di depan, bola dipegang sesuai kaki depan, tangan yang lain lurus ke atas, kemudian lambungkan bola ke atas-depan kepala, tangan yang memukul bola dilecutkan dari bagian atas kepala. Bola dipukul pada bagian tengah-belakang bola. Pindahkan berat badan ke depan mengikuti arah bola dan segera masuk ke lapangan.

Latihan Servis

Latihan servis membutuhkan lengan yang kuat, paling tidak lengan tangan kanan lebih kuat dari lengan tangan kiri, karena tangan kanan itulah yang digunakan untuk memukul bola sekuat-kuatnya.

Ada beberapa cara latihan servis yang bisa dijadikan pedoman untuk latihan, sebagai berikut.

Yang pertama mengayun bola dari bawah, cara melakukannya adalah sebagai berikut.

Berdiri di belakang garis serang, menghadap ke net, ayunkan bola dari samping badan, kemudian lemparkan dan lakukan secara berulang-ulang agar terbiasa.

Yang kedua melempar bola melalui atas kepala, cara melakukannya adalah sebagai berikut.

Berdiri di belakang garis serang, tubuh menghadap ke net, lemparkan bola melalui atas kepala dengan tangan lurus, lemparan harus melintasi net dan lakukan secara berulang-ulang agar terbiasa.

Yang ketiga menservis bola, cara melakukannya adalah sebagai berikut.

Lakukan teknik servis dari bawah di belakang garis serang hingga melintasi net. Lakukan secara berulang. Setelah lancar lakukan servis dari bawah dengan tambahan jarak, penambahan jarak dilakukan secara bertahap hingga kamu dapat melakukannya dari belakang garis servis.

kajianpustaka.com
kajianpustaka.com

Tehnik dasar yang berikutnya yang harus dikuasai oleh seorang pemain voli adalah tehnik passing, dimana tehnik ini bisa dikatakan inti dari permainan voli, karena passing adalah gerakan dasar agar permainan dan olahraga voli berjalan dengan baik.

Tehnik pasing itu sendiri pengertiannya adalah tehnik mengoperkan bola kepada tim sendiri, dimana passing ini harus benar-benar dilakukan dengan baik karena jika tidak dilakukan dengan baik, permainan itu akan amburadul.

Passing juga merupakan strategi permainan untuk menyerang lawan, penyerangan ini harus diawali dengan passing yang baik, sehingga di akhir pukulan keras atau smash akan mantap dan mematikan antisipasi tim lawan.

Tehnik passing terbagi menjadi dua macam, yaitu tehnik passing bawah dan tehnik passing atas.

Untuk tehnik passing bawah biasanya dilakukan untuk mengoper bola-bola pendek, dimana bola pendek ini adalah jarak antara teman dalam satu tim tidak berjauhan, jadi jika jarak dekat lebih tepatnya menggunakan passing bawah.

Tehnik passing bawah dilakukan dengan cara  berikut.

Berdiri menghadap arah datangnya bola, salah satu kaki di depan, kedua lutut ditekuk, dan badan agak dicondongkan ke depan, kedua tangan saling berpegangan, salah satu punggung telapak tangan berada pada telapak tangan yang lain.

Untuk posisinya tangan kiri memegang tangan kanan, sehingga posisinya tangan kanan di atas, jangan sebaliknya, karena dengan ini kekuatan akan sempurna, jika tangan kiri yang ada di bawah mungkin bisa saja, tapi bagi yang dominan kekuatan tangan di kanan akan kesulitan untuk mengatur arah bola.

Ketika bola datang, ayunkan kedua lengan dari bawah, sumbu gerakan dari persendian bahu, dan sikut lurus, perkenaan bola pada bagian atas pergelangan tangan. Setelah melakukan gerak operan, langkahkan kaki belakang ke depan untuk mengambil posisi siap.

Cara melatih tehnik passing bawah sebagai berikut.

Pertama passing bawah di tempat, yang dilakukan dengan cara berikut

Buatlah lingkaran dengan diameter 1,5 meter dan kamu masuk pada lingkaran tersebut, lakukan teknik passing bawah, latihan dilakukan di dalam lingkaran, upayakan supaya kamu dan bola tidak keluar dari lingkaran.

Kedua passing bawah sambil berjalan, yang dilakukan dengan cara berikut

Lakukan teknik passing bawah sambil berjalan ke depan, lakukan pada jarak 5 meter. Upayakan bola tidak terpisah, lakukan latihan secara berulang-ulang agar terbiasa.

Untuk tehnik passing atas dilakukan untuk mengoper bola jauh atau bola tinggi, biasanya tehnik ini dilakukan ketika jarak teman dalam 1 tim agak berjauhan, tapi dalam jarak dekat pun juga bisa.

Tehnik passing atas ini berbeda dengan passing bawah, kalau passing bawah mengandalkan kepalan tangan, kalau passing atas dengan kekuatan telapak tangan

Berikut cara menggunakan tehnik passing atas.

Berdiri menghadap arah datangnya bola, kedua kaki dibuka selebar bahu dengan salah satu kaki di depan, lutut agak ditekuk lalu kedua tangan diangkat di depan-atas dahi, jari-jari tangan menghadap ke atas membentuk cekungan.

Ketika bola tepat berada di depan-atas dahi, lakukan gerakan mendorong sampai sikut lurus, perkenaan bola pada ruas jari pertama dan kedua, dorongan lengan harus dibantu dengan lecutan pergelangan tangan untuk menghasilkan gerakan memantul. Setelah bola didorong dengan bantuan lecutan pergelangan tangan hingga sikut agak lurus, pindahkan berat badan dengan melangkahkan kaki ke depan, dan kembali dalam posisi siap.

Untuk cara melatih tehnik passing atas sebagai berikut

Yang pertama adalah dengan melambungkan bola dengan dua tangan, cara melakukannya adalah sebagai berikut.

Posisi badan berdiri sambil memegang bola di depan badan dengan dua tangan. Lambungkan bola di depan badan, kemudian tangkap kembali dengan dua telapak tangan di atas dahi. Lakukan latihan selama 30 detik, kemudian hitung lambungan yang kalian peroleh.

Yang kedua adalah mempassing atas bola dengan cara melakukannya sebagai berikut.

Posisi badan berdiri sambil memegang bola di depan-atas dahi dengan dua tangan, telapak tangan menghadap ke atas, passing-kan bola ke atas, lambungan harus lurus ke atas dan dapat diterima kembali dengan kedua tangan dan lakukan secara berulang-ulang agar terbiasa.

Tehnik pasing atas ini membutuhkan kekuatan jari, dimana jari harus benar-benar di posisi yang benar, ketika tidak benar justru akan membuat jari sakit atau seperti keseleo, karena jari akan menahan laju dan mengarahkan bola.

2Teknik Smash

volimaniak.com

Tehnik dasar bola voli yang berikutnya adalah tehnik smash atau pukulan keras, dimana gerakan ini merupakan gerakan untuk mematikan tim lawan dengan pukulan yang kuat, keras dan menukik tajam.

Smash ini tidak hanya menjadi kunci untuk mematikan langkah lawan tapi juga untuk menyudahi perlawanan tim lawan,  agar mendapatkan poin dan bisa menang.

Untuk tehnik smash perlu beberapa yang harus diperhatikan, yaitu langkah awalan, saat lonjakan atau lompatan, saat memukul bola dan saat pendaratan.

Berikut cara melakukan tehnik smash

Berdiri serong 45 derajat dengan jarak 3-4 meter dari net, lakukan dua langkah biasa ke depan, pada langkah kedua diperlebar, kemudian kaki dirapatkan.Setelah kaki dirapatkan, lakukan gerakan meloncat sambil melecutkan tangan yang akan memukul ke atas-belakang kepala, kemudian lakukan gerak memukul.

Pukulan dilakukan pada titik tertinggi loncatan, setelah memukul, lakukan pendaratan dengan kedua kaki, lutut harus mengeper untuk menjaga keseimbangan lalu kemudian, kembali ke posisi siap berdiri di awal untuk smash tadi.

Gerakan ini termasuk gerakan yang eksplos, untuk itu perlu sekali melatih gerakan smash ini, berikut cara melatih tehnik smash.

Yang pertama adalah memukul tanpa bola, cara melakukannya adalah sebagai berikut.

Berdiri di belakang garis serang, lakukan awalan dua langkah, lakukan tolakan dan lompatan setinggi mungkin. Lakukan secara berulang-ulang agar terbiasa

Yang kedua adalah memukul bola yang dilempar oleh teman satu tim, cara melakukannya sebagai berikut.

Satu orang berdiri di samping net sebagai pelambung bola, pemain yang men-smash bola yang dilempar dengan teknik yang benar. Lakukan secara bergantian dan berulang-ulang agar terasa mudah dan terbiasa.

3Teknik Block

tutorialolahraga.com

Tehnik dasar terakhir dalam bola voli adalah tehnik block atau menahan. Tehnik ini merupakan suatu usaha untuk menahan serangan atau smash dari lawan agar bola dapat tertahan tidak berhasil melewati jaring sehingga lawan tidak akan mendapatkan point.

Untuk keberhasilannya ditentukan oleh para pemain yang melakukan block dengan membaca arah pukulan atau smash dari lawan. Tanpa bisa membaca arah pukulan maka akan mudah lawan melancarkan serangan dengan smashnya.

Berikut cara melakukan tehnik block

Berdiri menghadap net, kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua lutut ditekuk, kedua tangan bersiap di depan dada, dan pandangan memerhatikan arah datangnya bola.

Tolakkan kedua kaki sambil meluruskan kedua tangan lurus ke atas, sikap kedua tangan lurus, jari-jari tangan direnggangkan dan kedua telapak tangan aktif mengikuti arah pukulan lawan saat pendaratan dilakukan dengan kaki sedikit melebar dan kembali siap ke posisi semula

Block ini juga merupakan gerakan pertahan yang melompat tinggi dan mengandalkan kekuatan telapak tangan, maka dari itu perlu adanya latihan yang berulang agar telapak tangan kuat dan benar dalam tehniknya.

Berikut cara melatih tehnik block.

Yang pertama adalah ketika melompat di depan net dan cara melakukannya adalah sebagai berikut.

Berdiri satu langkah di belakang net, kedua tangan diluruskan ke atas dengan telapak tangan menghadap ke depan, lakukan lompatan sepanjang net dan lakukan secara berulang-ulang agar terbiasa

Yang kedua adalah saat membendung bola yang dilempar dan cara melakukannya adalah sebagai berikut.

Cara melakukannya sama seperti latihan sebelumnya,terdapat satu orang pelempar bola dari seberang net dan lakukan secara berulang-ulang agar terbiasa.

Untuk jenis block itu sendiri ada 2 macam yaitu; blok tunggal adalah membendung bola yang dilakukan oleh satu orang pemain dan blok ganda adalah membendung atau menahan bola agar tidak melewati jring yang dilakukan oleh dua orang pemain atau lebih.

dikatama.com
dikatama.com

Yang harus diperhatikan dalam melakukan blok ganda ialah memadukan langkah kaki dan kerjasama dalam menentukan waktu lompatan dalam menghalangi bola melewati jaring.

Sikap dalam melakukan blok yang benar adalah dengan jongkok bersiap untuk melompat kemudian baru melompat dengan kedua tangan rapat dan lurus ke atas.

Ketika sudah mendarat hendaknya langsung menyingkir dan memberi kesempatan kepada kawan satu tim untuk bergantian melakukan blok.

4Latihan Dasar Tambahan

dikatama.com

Dalam latihan olahraga bola voli memang perlu latihan secara rutin dan khusus tidak bisa hanya latihan sesekali atau beberapa kali saja, olahraga ini butuh ekstra latihan yang terjadwal dan dilakukan dengan keseriusan.

Adapun latihan itu ada beberapa yang perlu dilakukan khususnya bagi pemula

Latihan Fisik

Latihan fisik ini juga diperlukan dalam olahraga bola voli, seperti olahraga-olahraga yang lain, dalam hal ini seorang yang berlatih olahraga voli harus sering mengolah fisiknya agar prima.

Adapun beberapa hal yang harus dilakukan adalah latihan berlari kecil, latihan peregangan otot, latihan menjaga atau meningkatkan stamina, latihan menjaga kekuatan tangan dan latihan menjaga ketahanan kaki.

Latihan fisik ini bertujuan agar terbiasa dengan kondisi fisik yang prima, dan para pemain bisa melakukan sendiri saat sebelum olahraga voli. Selain itu, latihan fisik ini juga bertujuan mengurangi cedera bagi para pemain, karena jika seorang pemain voli ketika waktu bermain tanpa peregangan, maka rentan cedera akan besar atau paling tidak, permainannya tidak maksimal, seperti lonjakan kurang tinggi, tangan mudah capek dan kaki cepat pegal.

Latihan fisik ini dilakukan oleh seorang pemain voli minimal seminggu 2 kali jika tidak ada jadwal bermain, tapi jika ada jadwal bermian paling tidak seminggu 3 kali.

Untuk para pemula yang bukan pemain atau baru latihan olahraga voli dasar bisa dilakukan 1 minggu sekali saja, atau bisa dilakukan ketika mau bermain, biasanya disebut peregangan atau pemanasan.

Latihan Passing Berpasangan Tanpa Net

Latihan passing berpasangan dengan teman tanpa net harus sering kali dilakukan baik bagi pemula atau pemain profesional. Sangat penting latihan ini karena dari latihan inilah semua latihan dasar bisa menjadi baik dan akan terbiasa passing dengan teman dalam satu tim.

Untuk pemain pemula ini harus dilakukan secara berulang-ulang bersama teman, baik dengan passing bawah ataupun pasing atas.

Saat passing tersebut usahakan latihan dengan beberapa kecepatan dan kekuatan, passing dengan kekuatan yang biasa dan yang full kekuatan, dengan keduanya dilatih maka kita akan tahu bagaimana mengatur bola ketika menerima passing yang cepat dan passing yang biasa.

Latihan Smash Tanpa Net

Latihan berikutnya yang harus dilakukan dengan tanpa net adalah smash, walau sudah dijelaskan bagaimana tehnik smash gaya diatas, tapi smash tanpa net ini berbeda.

Smash tanpa net ini dilakukan tanpa harus melompat tinggi, tapi cukup memukul  saja, bisa dengan santai atau dengan kekuatan. Smash tanpa net ini dilakukan bertujuan agar terbiasa mengarahkan smash dengan tepat atau sesuai yang diharapkan dan bisa juga buat latihan bagi teman lain untuk belajar mengantisipasi smash dari lawan.

Lakukan ini bersama teman secara bergantian agar teman bisa berlatih smash maupun passing menerima serangan dari lawan.

Latihan pergerakan Tanpa Bola

Latihan pergerakan tanpa bola juga harus dilakukan bagi seorang pemula, karena ini juga merupakan bagian dari olahraga bola voli.

Pergerakan ini bisa dilatih dengan berlari kekanan dan kekiri, dilakukan dengan cepat atau lambat boleh-boleh saja. Dengan gerakan ini otot kaki akan semakin kuat dan akan berguna ketika bermain dalam permainan tersebut bola agak kacau atau tim kita kerepotan menghadapi bola-bola yang jatuh di luar prediksi.

Hal ini juga akan membuat kita menjadi egresif terhadap jatuhnya bola, banyak diantara pemain bola voli itu yang kurang agresif, akhirnya bola yang seharusnya mudah diantisipasi malah jatuh dan membuat tim mendapatkan poin.

Latihan Komunikasi Fisik

Yang terakhir adalah latihan komunikasi fisik, yaitu komunikasi yang dilakukan oleh bahasa tubuh atau fisik dalam 1 tim. Komunikasi fisik ini penting dilakukan dan harus dipahami oleh setiap pemain bola voli.

Biasanya banyak poin cuma-cuma yang diberikan ke lawan hanya karena salah paham dalam komunikasi, bola yang mudah  dan berada di tengah-tengah antara orang dan orang biasanya jatuh tanpa adanya antisipasi.

Orang dan orang yang berada di dekatnya bingung siapa yang akan mengantisipasi dan akhirnya jadilah bola mudah jatuh dengan enaknya.

Maka dari itu perlu adanya kepahaman dalam bahasa tubuh ini, kita bisa latihan dengan melihat gerakan teman, ketika bola jatuh di antara kita dan teman sudah sedikit mengayunkan tangan untuk menerima itulah tanda bola akan di handle oleh teman kita, tapi ketika tidak ada gerakan sedikitpun seharusnya kita segera melakukan gerakan.

Bahasa tubuh ini selain mengayunkan tangan mungkin juga bisa pertanda entah mengucapkan kata kecil, melakukan gerakan tangan ataupun yang lainnya, intinya kita harus paham betul, seperti apa teman kita dalam memberi tanda dan setiap orang biasanya akan berbeda dan antisipasinya pun juga akan berbeda.

Yang perlu menjadi catatan adalah belajar dalam semuanya tehnik dasar maupun tehnik tambahan ini perlu proses, perlu keseriusan dan perlu kedisiplinan, karena tanpa itu semua tehnik tidak akan dapat dilakukan dengan baik.

Jika dibaca semuanya mungkin juga akan terbayang banyak dan ribet, tapi jika dipraktekkan justru tidak, lakukan itu dengan tertib sama pelatih dan sering lakukan latihan fisik di rumah sendiri, di sela-sela waktu atau di pagi hari.

Demikian empat teknik dasar dan tehnik tambahan yang harus diketahui dan dikuasai agar kamu bisa bermain olahraga bola voli dengan baik, siapa tahu juga kamu bisa menjadi pemain hebat, bisa masuk tim besar dan ikut berperan menjadi juara dalam tim dalam pertandingan bola voli.

semoga bermanfaat bagi para pemuda calon juara masa depan bangsa.