Memasuki abad 21, teknologi semakin berkembang sangat cepat. Penemuan teknologi baru memungkinkan manusia untuk lebih mudah menyelesaikan semua urusan.

Sayangnya, penemuan teknologi baru ini tak selamanya membuat manusia aman dari risiko yang mungkin saja muncul di kemudian hari.

Adanya teknologi baru, bisa juga mengancam dan membahayakan manusia. Berikut ini 5 teknologi baru yang canggih sekaligus menakutkan dan bisa disalahgunakan.

1Google Glass

cnet.com

Sebentar lagi, google akan menjual kacamata pintar bernama Google Glass. Kacamata ini dibekali beragam kecanggihan yang malah membuatnya menakutkan bagi sebagian orang.

Misalnya, fungsi merekam video, menjepret foto, cukup dengan perintah suara. Atau kemampuan untuk mengenali wajah seseorang, cukup dengan memandang. Hal itu dianggap orang sebagai perangkat mata-mata yang diproduksi oleh google.

Bahkan, ada beberapa restoran yang melarang pemakaian Google Glass dengan alasan mengganggu privasi pengunjung. Padahal, perangkat itu saat ini belum dijual bebas.

Kekhawatiran lainnya, Google Glass bisa merusak mata. Google sudah memberi peringatan bahwa perangkat ini tidak boleh dipakai anak usia di bawah 13 tahun karena akan mengganggu penglihatan mereka.

2Hadron Collider

wired.com

Hadron Collider adalah sebuah mahakarya manusia yang sangat menakutkan. Teknologi ini merupakan akselerator partikel dengan energi tertinggi dan terbesar di dunia, yang diciptakan oleh CERN, lembaga ilmu pengetahuan di Eropa.

Hadron Collider membentang sepanjang 27 kilometer, di kedalaman 175 meter yang berlokasi di Jenawa, Swiss. Pembuatannya ditujukan untuk memecahkan pertanyaan fisika tentang kelahiran alam semesta.

Hadron Collider mampu menciptakan partikel energi powerful. Bahkan punya kapasitas untuk menciptakan sebuah lubang hitam yang bisa merusak planet bumi.

Hadron Collider beberapa kali sempat mengalami masalah. Maka, ditakutkan jika tidak dikendalikan dengan baik bisa menimbulkan bencana besar bagi kelangsungan kehidupan di planet bumi. Wah, seram ya!

3Mobil Otomatis

tekno.kompas.com

Mobil yang bisa berjalan sendiri tanpa bantuan pengemudi ini bukan lagi mimpi atau sekadar khayalan. Google sudah mengujicoba mobil yang bisa menemukan jalurnya sendiri.

Memang, mobil otomatis ini setidaknya punya manfaat bagi orang yang lelah mengemudi. Cukup serahkan pada komputer dan radar mobil.

Orang-orang tuna daksa atau tuna netra pun dapat memetik manfaatnya. Karena mereka tetap bisa menggunakan mobil dan sampai ke tempat yang diinginkan tanpa perlu bantuan orang lain.

Tapi, ada kekhawatiran terjadi error dalam sistem sehingga bisa menyebabkan kecelakaan. Meski sistem keamanannya diklaim sudah mumpuni, tetap saja ada kemungkinan atau risiko yang harus ditanggung.

4Printer 3D

pcmag.com

Teknologi berupa printer bukan hanya bisa mencetak tulisan atau gambar di atas kertas. Namun juga dalam bentuk barang yang bisa dilihat dan disentuh dari berbagai sisi, melalui printer 3D.

Printer 3D adalah mesin yang mampu membuat obyek solid 3 dimensi dalam berbagai bentuk yang berasal dari model digital.

Kini, harga printer 3D semakin murah dan semakin banyak perusahaan yang membuatnya. Hal yang menakutkan adalah, printer sepert ini berpotensi disalahgunakan untuk membuat senjata api.

5Pesawat Tanpa Awak

militer123.blogspot.com

Perkembangan teknologi pesawat tanpa awak atau drones juga tak kalah pesat. Ya, pesawat ini bisa beroperasi secara mandiri tanpa pengemudi di dalamnya. Cukup berbekal remote kontrol.

Kelompok militer pun sudah banyak yang mengoprasikan pesawat tanpa awak, seperti Amerika Serikat yang menggunakannya di medan perang Afghanistan.

Kekhawatiran terhadap teknologi pesawat tanpa awak ini adalah jika pesawat tersebut dibekali dengan senjata dan digunakan untuk maksud yang melenceng dari tujuan negara.

SHARE