Jaman di era tahun 90 an ,kita tidak tahu apa yang namanya facebook, apa yang namanya youtube, apa itu instagram. Bahkan untuk menghidupkan komputer saja kita tidak bisa. Kita melihat televisi saja rasanya sudah puas banget.

Yang kita tahu waktu  itu hanya bermain tradisional, bermain secara nyata bersama kawan kawan kita, main kartu dragon ball, main petak umpet, atau juga main kelereng di halaman tetangga.

Beberapa teknologi di bawah ini mungkin sedikit bikin kita ber nostalgia, yuk check this!

1Disket

hipwee.com

Tentu kita yang lahir di tahun 80 an, pas pelajaran komputer di sekolah kita pasti disuruh beli alat ini oleh guru kita. Well, kita dulu sudah anggap alat ini canggih banget sampai saking pentingnya alat ini, kita menyimpannya kudu hati hati. Tidak boleh kena air lah, tidak boleh kena ini itu.

Disket itu alat untuk menyimpan file buatan kita, paling banyak dan paling sering dikset itu untuk menyimpan hasil ketikan, ya cuma ketika saja :).

2Overhead Projector

hipwee.com

Bagi kamu yang sekolahnya agak maju, agak lho ya. Pasti ingat ini ketika guru menjelaskan pelajaran di sekolah. Guru kita cuma menulis di sebuah plastik bening trus ditaruh diatas  itu  alat, hidup lampu sorotnya , keluar itu tulisan .

Jaman itu alat ini justru bikin kita mengantuk, lampunya sangat terang, buat matanya tidak tahan terhadap cahaya pasti cepet lelah, hasilnya pada tidur kalau pelajaran pakai alat beginian.

3Gimbot

hipwee.com

Salah satu game terbaik di masa itu. Game ini rata-rata hanya dimiliki oleh anak yang orang tuanya ekonomi menengah ke atas. Game yang cukup digemari anak-anak dan pemuda ada beberapa pilihan game, mulai dari menata susunan, perang tank atau juga bola pantul.

4Tamagotchi

droid-life.com

Hayo..kamu yang suka pelihara binatang pasti ingat salah satu mainan ini. Salah satu mainan yang cukup canggih di masa itu. Mainan memelihara hewan di dalam alat.

5Windows 95

hipwee.com

Ini dia eyangnya windows, mulai dari sini windows terkenal dan terus berkembang. Windows ini  operasinya harus menggunakan “DOS”. Sistem operasinya cukup rumit, buat pelajar yang malas mengikuti pelajaran komputer dijamin bakal tidak akan pernah bisa menggunakan itu sistem.

6Laser Disc

hipwee.com

Ini juga salah satu alat legendaris, alat ini merupakan cikal bakal adanya DVD atau CD player. Dulu kita nonton film atau video harus pake alat ini. Cukup mahal harganya di waktu itu.

7mIRC

filehorse.com

Kamu pasti kan tersenyum melihat gambar diatas, tentunya karena aplikasi chat jaman dulu, mungkin juga aplikasi chat pertama di dunia ini. Pakai bahasa inggris, lemot, pakai kode nama , pokoknya ribet rasanya, tapi aplikasi ini juga buat kita merasa gaul, merasa akrab,hemmm..padahal tidak banget.

8Ensiklopedia Encarta

hipwee.com

Ini nenek moyangnya wikipedia ,hehe. Sekarang tinggal ketik di eyang google, muncul semua pengetahuan yang kita inginkan. Teknologi memang bikin simpel dan cepat.

9Discman

hipwee.com

Ayo masukkan kasetnya, pencet ini dan itu trus dengerin lagu. Kamu yang masih punya alat ini masih bisa digunakan tidak? atau tidak punya kasetnya?

10Alfalink

hipwee.com

Tik tik tik, bunyinya klasik,ayo diartikan disini ya kawan, apa artinya I love U?

110809 – 89 – 4 kali (Telkomnet Instan)

slideshare.net

Ini kadang super lemot , perlu setengah jam untuk dapatkan aksesnya.

12Pager

hipwee.com

Ini bisa dibilang gadget tahun 90 an. Pager merupakan salah satu alat telekomunikasi yang dulu pernah sangat booming. Sampai ada yang membuat lagu tentang pager, padahal alat ini cuma bisa menerima pesan dan tidak bisa menerima pesan. Kamu masih punya tidak kawan?

13Palm Pilot

hipwee.com

Alat ini bukan tergolong smartphone, dengan memosi yang sagnat kecil alat ini cuma digunakan orang agar dia tidak lupa dengan pekerjaan kantornya. Lebh tepatnya alat ini bisa membantu memanajemen waktu pekerjaan kantor.