Tahukah kamu, apa perbedaan antara teluk dan semenanjung?

Ya, teluk adalah bagian perairan yang menjorok ke daratan. Sehingga ketiga sisinya dibatasi oleh daratan. Sedangkan semenanjung atau disebut juga tanjung adalah bagian daratan yang menjorok ke wilayah perairan.

Pada umumnya, teluk dimanfaatkan untuk tempat menambatkan kapal karena gelombangnya sangat tenang. Sehingga sering digunakan pula sebagai kawasan pelabuhan. Di Pulau Jawa, rupanya teluk tidak saja dimanfaatkan sebagai pelabuhan.

Namun ada sebagian diantaranya yang memiliki keindahan alam yang luar biasa sehingga menjadi tempat tujuan wisata para pelancong, dari dalam dan luar negeri. Bahkan teluk-teluk berikut ini dikenal sebagai primadona tujuan wisata di Pulau Jawa.

1Teluk Hijau, Banyuwangi

travellie.com

Memiliki nama lain Teluk Ijo atau Green Bay, teluk ini menjadi destinasi wisata unggulan di Banyuwangi. Di sana kamu bisa menyaksikan pasir putih yang dikelilingi oleh hutan hijau dan air laut yang juga berwarna kehijauan. Pantas saja jika diberi nama Teluk Hijau.

Dahulu, teluk ini hanya dapat dinikmati dari kejauhan dari Taman Nasional Meru Betiri. Namun belakangan, para wisatawan banyak yang tertarik untuk menjejakkan kaki ke sana. Dari atas bukti memang teluk ini terlihat begitu menawan.

Tapi, jika kamu  berkunjung ke sini, tetap perlu berhati-hati. Karena ombak di kawasan pantai ini tergolong ganas.

2Teluk Penyu Cilacap

prakosoandhika.blogspot.com

Dulunya teluk ini memang dikenal sebagai tempat bertelur ratusan penyu pada musim mereka bertelur. Sehingga masyarakat di sekitarnya memberi nama pantai ini Teluk Penyu.

Namun, disebabkan oleh lalu lintas kapal yang padat membuat para penyu beralih lokasi bertelur ke wilayah Pulau Bali dan Lombok.

Teluk Penyu memiliki luas sekitar 18 hektar dengan pemandangan yang masih asri dan udara yang sejuk. Di tempat ini juga terdapat Benteng Pendem sebagai salah satu peninggalan sejarah jaman kolonial. Memang menjadikan pantai di Cilacap ini layak dikunjungi.

3Teluk Awur, Jepara

youtube.com

Pantai ini juga menjadi lokasi favorit para wisatawan jika berkunjung ke Jepara. Berada di desa Teluk Awur, pantai ini terletak sekitar 4 kilometer dari pusat Kota Jepara.

Pantai ini banyak ditemui pohon mangrove yang berfungsi menahan abrasi gelombang laut sekaligus sebagai teduhan.

Kawasan ini masih sepi dari lalu lintas kapal. Sehingga kebersihan dan kejernihan airnya masih tetap terjaga.

Pada waktu-waktu tertentu  juga diselenggarakan even tradisional sebagai upaya menjaga kearifan lokal. Biasanya pada waktu tersebut banyak wisatawan dari luar negeri yang datang berkunjung.

4Teluk Popoh, Tulungagung

indonesiawow.com

Pemandangannya indah dan hawanya sejuk. Teluk yang berada di bagian selatan wilayah Kecamatan Besuki, Tulungagung ini memang sudah lama menjadi destinasi wisata masyarakat Tulungagung dan sekitarnya.

Di sana kita bisa sekedar bermain di pantainya yang berpasir putih, menyewa perahu untuk berkeliling, memancing atau menyusuri jalanan setapak menuju kawasan pantai yang berhadapan langsung dengan laut bebas.

5Teluk Kletekan, Malang

indah-haya.blogspot.com

Tempat yang satu ini cocok sekali untuk kamu yang menyukai olahraga snorkeling. Kekayaan bawah lautnya begitu kaya dan indah dipandang. Walaupun berdekatan dengan pesisir laut selatan, ombak di Teluk Kletekan cenderung lebih tenang dan aman.

Teluk yang berada di Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang ini memiliki air laut yang begitu jernih. Memudahkanmu untuk menikmati pemandangan bawah lautnya. Lingkungan di sana juga masih asri dengan kondisi udara yang masih bebas dari polusi.

Sayangnya, perjalanan menuju ke sana masih terbilang cukup panjang. Namun tenang saja. Sesampainya di sana, rasa lelahmu sepanjang perjalanan akan terbayar dengan keindahan panorama pantai dan bawah lautnya.