Temanmu Ada yang Mengidap Kleptomania? Yuk Bantu Dia Segera Sembuh dengan Langkah-langkah Ini

Posted on

Kleptomania adalah sebutan bagi penyakit yang digolongkan penyakit psikologis dengan ciri-ciri suka mengambil barang yang bukan miliknya dengan alasan ‘hanya menginginkan’ saja.

Jika sebutan pencuri atau perampok adalah mengambil barang milik orang lain yang bukan merupakan miliknya dengan alasan butuh dan untuk sesuatu, tidak dengan para Klepto.

Mereka hanya sekedar suka dan ingin, walau sebenarnya tidak terlalu membutuhkan barang tersebut. Dan setelahnya mereka juga tidak tahu barang tersebut mau diapakan.

Ada beberapa Klepto yang mengambil barang bukan miliknya justru untuk dijadikan hadiah kepada orang-orang terkasihnya, da juga yang sekedar ingin mengoleksinya saja.

Apapun alasannya, penyakit yang satu ini cukup membahayakan. Selain sangat tidak baik bagi si penderita sendiri, penyakit ini juga merugikan orang lain pastinya.

Nah, jika kamu merasa memiliki teman yang jelas-jelas telah menjadi seorang Klepto, jangan dibiarkan saja ya? Yuk ajak dia sembuh dan berubah dengan langkah-langkah berikut ini.

Selidiki Barang Apa yang Selalu Membuatnya Tertarik

kiki widyasari meneropong
http://alualuna.wordpress.com

Biasanya para Klepto menyukai barang tertentu. Ada yang menyukai barang berwarna tertentu, ada yang tertarik dengan uang, dan sebagainya.

Nah, jika teman dekatmu ada yang Klepto dan dia menyadari, ajak berbincang secara hangat dan baik-baik, jauh dari siapapun, dan tanyakan tentang hal ini secara terbuka.

Banyak dari para Klepto sesungguhnya juga tersiksa dengan penyakit yang mereka derita ini, sehingga kemungkinan besar mereka akan terbuka pula saat ada teman yang siap membantunya.

Setelah kamu selidiki dan tahu tentang barang yang slalu jadi incarannya, coba kamu bantu dia untuk menghindari barang-barang tersebut agar kebiasaannya hilang sedikit demi sedikit.

Ajak Dia Menahan Diri

Bakuman-Live-Action-Imagem-Destaque
http://ptanime.com

Cara menahan diri yang paling tepat adalah dengan menjauhkannya dari tempat-tempat perbelanjaan untuk sementara waktu, dan kalau memang kamu cukup waktu temani dia, jika memang dia hendak pergi ke tempat-tempat tersebut.

Ajak Dia Berkegiatan Positif

bakti-sosial-ramadhan-2012-3
http://musefestival.wordpress.com

Untuk menghilangkan ketidakbermanfaatan yang dilakukannya, ajak temanmu tersebut untuk melakukan kegiatan positif yang pelan-pelan bisa menjauhkannya dari kebiasaan mengambil barang yang bukan miliknya.

Misal ajak dia untuk ikut kegiatan sosial, ikut organisasi masyarakat, ikut pengajian atau kegiatan keagamaan lain, dan masih banyak lagi. Hal-hal positif pasti akan menjauhkannya dari hal-hal negatif.

Jika Masih Berlanjut, Ajak Menemui Ahlinya

Finding-Neverland-DI
http://www.sky.com

Ahli di sini adalah orang yang mampu memberikannya masukan dan terapi secara psikologis. Tidak hanya psikolog atau psikiater, bahkan ustadz/ah atau guru agama pun bisa juga menjadi ahli.

Mungkin dia memiliki gangguan kejiwaan tersebut karena pernah mengalami trauma atau bagaimana, dan kita tak tahu karena dia masih sulit terbuka kepada kita secara menyeluruh.

Setelah diserahkan pada ahlinya, jangan lupa untuk membantu temanmu tersebut dengan do’-do’a terbaikmu secara maksimal ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *