Saat punya kesempatan untuk berlibur ke luar negeri pasti hal yang kamu cari adalah sesuatu yang tidak ada di Indonesia. Salah satunya tentu saja salju, namun beranikah kamu berlibur di padang salju?

Tempat di mana salju menutupi seluruh kota, mulai dari atap rumah, halaman, gedung-gedung, bahkan danau juga membeku karena suhu yang sangat dingin. Kalau kamu tertarik, berikut referensi tentang beberapa tempat dengan suhu dingin paling ekstrim di dunia.

1Roger Pass, Montana

panoramio.com

Dearah ini adalah daerah pegunungan dengan ketinggian sekitar 1.330 meter di atas permukaan laut. Tempat ini pertama kali ditemukan pada 29 Mei 1881, sekarang tempat ini dijadikan situs sejarah nasional Kanada.

Lokasi ini umumnya digunakan untuk berlibur dan bermain ski gunung. Suhu paling ekstrim yang pernah terukur di tempat ini mencapai minus 57 ⁰C.

2Prospect Creek, Alaska

news.uaf.edu

Beberapa tahun sebelumnya, daerah ini merupakan kawasan pertambangan gas. Ini adalah kawasan liar di mana kamu bisa menemukan beruang hitam hingga beruang coklat di daerah ini.

Daerah ini berada pada ketinggian 196 meter di atas permukaan laut, tidak terlalu tinggi untuk sebuah daerah pegunungan. Namun kamu akan berpikir ulang jika ingin kesini, suhu dinginnya mencapai level yang sangat ekstrim, minus 62 ⁰C.

3North Ice, Greenland

forum.xcitefun.net

Daerah ini pernah menjadi daerah penelitian es oleh British North Greenland Expedition pada tahun 1952 hingga 1954. Dengan ketinggian 2.341 di atas permukaan laut, daerah ini punya suhu ekstrim yang berbahaya.

Ekpedisi penelitian yang dipimpin oleh kapten James Simpson itu mencatat suhu di tempat ini mencapai minus 66,1 ⁰C.

4Verkhoyansk, Russia

visityakutia.com

Sejak tahun 1860-an hingga awal abad ke-21, tempat ini dijadikan lokasi penjara tahanan politik. Jaraknya sekitar 2.400 km dari kutub utara. Pada tahun 2002 penduduk kota ini hanya 1.434.

Suhunya? Jauh lebih dingin dari suhu freezer lemari pendingin kamu. Suhu di Verkhoyansk ini mencapai minus 69,8 ⁰C

5Plateau Station, Antarctica

traverse.npolar.no

Daerah ini merupakan lokasi penelitian milik Amerika Serikat. Pembangunan di tempat ini pertama kali dimulai pada 13 Desember 1965. Penelitian yang dilakukan salah satunya untuk mengukur ketebalan es di sini.

Suhunya akan membuatmu tidak akan pernah ingin mencoba ke tempat ini. Suhu ekstrim yang berbahaya hingga minus 84 ⁰C dapat membuat tubuhmu seketika beku dalam beberapa menit saja.

6Vostok Station, Kutub Selatan

en.wikipedia.org

Daerah ini pertama kali ditemukan oleh Soviet pada tahun 1957. Berlokasi di kutub selatan, tempat ini kini merupakan satasiun penelitian yang dimiliki oleh Rusia.

Beberapa penelitian yang dilakukan adalah tentang pengeboran inti es dan magnetometri. Pengeboran inti es pernah dilakukan sedalam 3.770 meter pada tahun 2012. Kedalaman yang menakjubkan dari lapisan es di daerah ini.

Pada tahun 1983, suhu terdingin yang pernah dicatat di Vostok mencapai  minus 89,2 ⁰C.

7Dome Argus, Kutub Selatan

theconversation.com

Ini bukanlah tempat berpenghuni atau dearah wisata ekstrim seperti sebelumnya. Di kutub selatan, beberapa tempat lapang yang tidak dijadikan lokasi penelitian diberikan nama-nama spesifik.

Misalnya Dome A dan Dome Fmerujuk pada salah satu daerah tinggi di kutub selatan. Dome A lebih umum disebut Dome Argus, sedangkan Dome F kerap disebut dengan istilah Dome Fuji.

Diatara kedua dearah inilah tercatat lokasi dengan suhu terendah paling ekstrim pada tahun 2010. Suhu di suatu lokasi dekat Dome Argus pada 10 Agustus 2010 terukur mencapai minus 93,2 ⁰C.

Daerah ini deat dengan Vostok. Pada tahun 2013 dilakukan pengukuran kembali dan suhu yang tercatat oleh pengukuran satelit tetap pada level yang sama, hanya sedikit lebih rendah, minus 93 ⁰C.