Banyak tempat yang belum pernah diketahui manusia, tidak seorangpun benar -benar telah mengelilingi bumi dan mengetahui semua tempat di bumi. Nah, sebenarnya masih sangat banyak tempat indah yang tersembunyi.

Beberapa tempat ini mungkin tidak pernah kamu ketahui keberadaannya, bahkan kamu mungkin tidak akan percaya bahwa tempat-tempat ini ada.

1Great Blue Hole

architecturendesign.net

Tempat indah yang satu ini berada di lepas pantai Belize, Brazil. Sejak tahun 1996, Great Blue Hole telah diakui sebagai situs warisan budaya UNESCO. Tempat ini dikatakan sebagai gua kapur bawah laut yang terbentuk sejak 150.000 tahun lalu.

2Blue Lagoon

architecturendesign.net

Laguna ini mengandung air yang berasal dari 2.000 meter di bawah permukaan. Sebuah sumber air panas di Islandia yang telah menjadi lokasi wisata. Mengapa warnanya biru? Karena di laguna ini terkandung silica dan berbagai mineral serta jenis Alga yang berwarna biru.

Namun, kamu mungkin tidak akan mengira bahwa warna air di laguna ini sebenarnya tidaklah biru. Jika kamu mengambil air kemudian menaruhnya pada gelas bening, warna airnya adalah putih seperti susu.

guidetoiceland.is
guidetoiceland.is

Hal lain yang bisa kamu temukan di laguna ini adalah suhu airnya. Suhu air rata-rata di laguna ini adalah sekitar 37-40⁰C. Jumlah seluruh air di laguna ini mencapai 6 juta liter. Kedalaman laguna ini hanya mencapai 1,6 meter.

Yang mencengangkan, setiap 40 jam air di tempat ini secara alami ‘memperbarui diri’, berganti dengan air yang baru. Laguna ini seolah dapat membersihkan dirinya sendiri.

3Waitomo Glowworm Caves

ficbook.net

Nah, kamu mungkin bisa merencanakan untuk menyusuri gua ini, cukup dekat kok, ada di New Zealand. Cacing yang menyala biru ini bernama Arachnocampa luminosa, spesies endemik yang hanya ada di New Zealand.

4Grand Prismatic Spring

architecturendesign.net

Sumber air panas ini ada di dalam kawasan Midway Geyser Basin, Yellowstone National Park, Teton County, Wyoming, Amerika Serikat. Warna prisma merah, oranye, kuning, hijau, dan biru disebabkan oleh warna bakteri archaea dan air yang kaya mineral.

Diameter sumber air panas ini kira-kira 110 meter dengan kedalaman 40 hingga 50 meter. Air yang tertampung di dalamnya sekitar 2.100 liter dengan suhu air setinggi 70⁰C.

5Lake Hillier

hoasenchaua.com

Tempat indah yang satu ini juga cukup dekat dengan Indonesia, berada di Australia bagian barat. Warna merah muda pada air danau ini disebabkan oleh mikro alga bernama Dunaliella salina. Alga ini dapat memproduksi karotenoid, zat warna yang juga ada dalam wortel.

6Skaftafell Ice Cave

theitravelgroup.com

Gua yang indah ini berada di kawasan Vatnajökull National Park, Öræfi, Islandia bagian selatan. Gua ini pertama kali ditemukan pada tahun 1967. Gletser di dalam gua ini berubah menjadi gletser es bertekanan tinggi yang tidak mengandung sedikitpun gelembung udara.

Kondisi ketiadaan udara dalam es yang membeku dalam tekanan tinggi ini memungkinkan es ini menyerap seluruh cahaya tampak yang ada di dalam gua. Jadilah atap es yang membeku berwarna biru menyala, sungguh menakjubkan.

7Rainbow Mountains

huffingtonpost.com

Kawasan pegunungan warna warni pelangi ini masuk dalam wilayah Zhangye Danxia Landform Geological Park, China. Lapisan permukaan pegunungan yang berwarna terjadi karena tekanan pada batu dengan berbagai mineral berbeda.

huffingtonpost.com
huffingtonpost.com

Tekanan pada batuan ini diperkirakan terjadi pada 24 juta tahun yang lalu, penyebabnya adalah patahan lempeng tektonik. lokasi Rainbow Mountains ini telah diakui oleh UNESCO sebagai situs warisan budaya dunia sejak tahun 2010.