Uang rupiah memiliki beragam gambar yang berhubungan dengan Indonesia. Pada umumnya, gambar yang tertuang dalam uang, baik logam ataupun kertas, adalah tempat-tempat wisata di Indonesia.

Misalnya saja Candi Borobudur dalam uang kertas pecahan Rp 10 ribu, Bandara Sukarno-Hatta untuk uang kertas pecahan Rp 50 ribu, atau Candi Prambanan untuk uang kertas pecahan Rp 10 ribu.

Selain lokasi wisata, juga mulai dari tokoh pahlawan, tempat-tempat bersejarah, flora dan fauna, hingga budaya dan kegiatan yang ada di masyarakat suatu daerah.

Penasaran dengan gambar menarik apa saja yang pernah muncul dalam uang rupiah? Berikut tandapagar.com hadirkan uang rupiah dari masa ke masa.

1Bandara Soekarno – Hatta

http://www.brilio.net

Bandar udara ini diberi nama  tokoh proklamator kemerdekaan Indonesia, Soekarno dan Mohammad Hatta, yang sekaligus merupakan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia pertama.

Bandar udara ini dirancang oleh arsitek Perancis Paul Andreu, yang merancang Bandar Udara Charles de Gaulle di Paris, Perancis. Salah satu karakteristik besar bandara ini adalah gaya arsitektur lokalnya, dan kebun tropis di antara lounge tempat tunggu.

2Bunga Bangkai

http://www.brilio.net

Bunga bangkai atau Amorphophallus adalah nama marga tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae). Bunganya pada waktu-waktu tertentu mengeluarkan bau bangkai yang keras, sehingga umum dinamai sebagai bunga bangkai.

Dari sekitar 25 spesies yang tumbuh di Indonesia, 18 di antaranya endemik: delapan spesies menyebar terbatas di Sumatera, lima di Jawa, tiga di Kalimantan, dan satu spesies endemik Sulawesi.

3Candi Prambanan

http://www.brilio.net

Candi Prambanan atau Candi Loro Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi.

Candi ini adalah termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara.

4Cengkeh

http://www.brilio.net

Cengkeh adalah tanaman asli Indonesia, banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa, dan sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia.

Cengkeh ditanam terutama di Indonesia (Kepulauan Banda) dan Madagaskar. Selain itu juga dibudidayakan di Zanzibar, India, dan Sri Lanka.

Cengkeh juga digunakan sebagai bahan dupa di Republik Rakyat Tiongkok dan Jepang. Minyak cengkih digunakan di aromaterapi dan juga untuk mengobati sakit gigi.

Daun cengkeh kering yang ditumbuk halus dapat digunakan sebagai pestisida nabati dan efektif untuk mengendalikan penyakit busuk batang Fusarium.

5Istana Negara

http://www.brilio.net

Sebagai pusat pemerintahan negara, kini Istana Merdeka digunakan untuk penyelenggaraan acara-acara kenegaraan, antara lain Peringatan Detik-detik Proklamasi, upacara penyambutan tamu negara, penyerahan surat-surat kepercayaan duta besar negara sahabat, dan pelantikan perwira muda (TNI dan Polri).

Bangunan seluas 2.400 m2 itu terbagi dalam beberapa ruang. Yakni serambi depan, ruang kredensial, ruang tamu/ruang jamuan, ruang resepsi, ruang bendera pusaka dan teks proklamasi. Kemudian ruang kerja, ruang tidur, ruang keluarga/istirahat, dan pantry (dapur).

6Danau Toba, Sumatera Utara

http://www.brilio.net

Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir.

Danau Toba terbentuk saat ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu dan merupakan letusan supervolcano (gunung berapi super) yang paling baru.

7Gunung Sitoli, Nias

http://www.brilio.net

Gambar di uang memperlihatkan seseorang yang sedang melompati batu, sebuah budaya di Nias.

8Gunung Rinjani

http://www.brilio.net

Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl.

9Burung Dara

http://www.brilio.net

Burung dara cukup populer di Indonesia. Pasalnya, perawatannya mudah. Burung dara atau merpati banyak dijual di pasar burung di indonesia.

10Pulau Tidore, Ternate

http://www.brilio.net

Pulau Tidore adalah sebuah pulau yang berada di Maluku Utara Indonesia. Terletak sebelah barat Pulau Halmahera.

Letak pulaunya yang sangat dekat dengan Ternate, perjalanan ke Tidore sendiri hanya memakan waktu sekitar 30 menit menggunakan speedboat dari Ternate. Di pulau ini dulu juga terdapat Kesultanan Tidore.

11Menara Masjid Kudus

http://www.brilio.net

Masjid dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549 Masehi atau tahun 956 Hijriah ini menggunakan batu Baitul Maqdis dari Palestina sebagai batu pertama.

Masjid ini terletak di desa Kauman, kecamatan Kota, kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Mesjid ini berbentuk unik, karena memiliki menara yang serupa bangunan candi. Masjid ini adalah perpaduan antara budaya Islam dengan budaya Hindu.

12Tari Dayak

http://www.brilio.net

Kesenian tari tradisional masyarakat dayak yang berhubungan dengan latar belakang budaya yang masih terpelihara di antara sub suku bangsa Dayak secara umum.

13Pura Ulun Danu, Bedugul

http://www.brilio.net

Sebuah candi air besar di Bali, Indonesia – candi utama air lainnya menjadi Pura Ulun Danu Batur.

14Candi Borobudur

http://www.brilio.net

Candi ini sebenarnya digunakan untuk upacara persembahan untuk dewi Dewi Danu, dewi air, danau dan sungai. Danau Bratan merupakan salah satu danau penting dalam hal irigasi.

15Rumah Gadang dan Wayang

http://www.brilio.net

Rumah adat Minangkabau yang merupakan rumah tradisional dan banyak di jumpai di provinsi Sumatera Barat, Indonesia.

Rumah ini juga disebut dengan nama lain oleh masyarakat setempat dengan nama Rumah Bagonjong atau ada juga yang menyebut dengan nama Rumah Baanjuang