Arus kemacetan di puncak Bogor menjadi sorotan pemberitaan media saat libur panjang maupun long weekend. Hampir semua warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (JABODETABEK) memiliki pemikiran yang sama.

Bogor adalah tempat yang menawarkan kesejukan untuk melepas penat aktivitas sehari-hari di kota besar. Kota Hujan ini memang menawarkan banyak wisata baik wisata alam, wisata air, wisata budaya, dan wisata kuliner.

www.megoo.co.id
www.megoo.co.id

Ada berbagai pilihan tempat wisata untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta. 4 tempat wisata edukatif di Bogor berikut ini tak hanya membuat keluargamu senang, namun juga menambah pengetahuan anak-anak.

1Taman Safari

www.stylepinner.com

Taman Safari Indonesia berada di Desa Cibereum, Kecamatan Cisarua, Bogor. Taman Safari bisa dibilang kebun binatang terbaik di Indonesia. Manajemen pengelolaannya yang baik membuatnya mendapatkan berbagai penghargaan.

Tak seperti kebun binatang pada umumnya dimana hewan-hewan dikerangkeng di dalam kandang dan terlihat tidak nyaman. Di taman safari hewan-hewan hidup bebas berkeliaran di tempat yang di setting mirip dengan habitat aslinya.

Anak-anak dapat berinteraksi secara langsung dengan setidaknya 2500 satwa langka dari dalam mobil atau bis di area taman safari yang memiliki luas 168 hektar ini.

Berbagai fasilitas mendukung wisata keluarga juga tersedia seperti kereta gantung, baby zoo, Wild-Wild West, swimming with dolphin, naik Gajah Sumatera, Taman Burung, dan lain-lain.

Jika kamu ingin menikmati suasana yang lain, datanglah di akhir pekan atau long weekend untuk menikmati Safari Malam.

2Wisata Budaya Kampung Sindang Barang

www.infojalanjalan.com

Masih ingat dengan tokoh Kabayan yang sangat kental dengan budaya Sunda? Mungkin saat ini kamu sulit menemukan sosok seperti Kabayan.

Sunda merupakan suku penduduk asli di Jawa Barat. Namun seiring banyaknya pendatang, budaya Sunda mulai tergerus oleh zaman.

Di Kampung Sindang Barang kamu dapat menemukan budaya Sunda yang masih dipertahankan oleh penduduk desa. Mereka memegang teguh budaya yang diwariskan dari generasi-generasi sebelum.

Desa Sindang Barang berlokasi di Desa Pasar Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Sayangnya kamu harus menggunakan kendaraan pribadi karena tak ada angkutan umum yang dapat menjangka desa ini.

Suasana asri pedesaan masih sangat terasa saat kamu berkunjung di Kampung Sindang Barang. Udara sejuk dengan pemandangan kaki Gunung Salak membuatmu sejenak melupakan suasana kota yang riuh dengan kemacetan.

3Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

www.tentangnisha.wordpress.com

Satu lagi wisata edukasi di Bogor yang memberikan kesegaran. Taman Nasional Hutan Gunung Gede Pangrango merupakan konservasi flora khas pegunungan sekaligus mempertahankan habitat asli yang indah dan alami.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango diresmikan pada tahun 1980. Taman ini menawarkan kesejukan alam yang berada di dua puncak gunung yaitu Gunung Gede dan Gunung Pangrango.

www.yusupesuy.wordpress.com
www.yusupesuy.wordpress.com

Kamu dapat menemukan setidaknya 200 spesies Anggrek di lahan seluas 21.975 hektar. Selain Anggrek ada juga 150 spesies Paku-Pakuan, dan 870 spesies tumbuhan bunga.

Tidak hanya flora, kamu juga dapat menemukan spesies fauna yang terancam punah seperti Anjing Ajag (Cuon alpinus), Lutung Surili (Presbytis comata), Owa Jawa (Hylobates moloch), dan Macan Tutul (Panthera pardus).

Edelwis Jawa (Anaphalis javanica) menjadi maskot taman nasional ini.

4Museum Zoologi

www.patrickstarry.blogspot.com

Beberapa orang memang tak menyukai berlibur ke museum. Tempatnya membosankan dan hanya begitu-begitu saja.

Namun, museum satu ini mungkin akan memberikan kesan yang berbeda. Kamu dan keluargamu dapat melihat berbagai hewan-hewan yang diawetkan.

Adapun spesies hewan yang diawetkan sangat banyak koleksinya. Ada satwa yang sering kamu jumpai, satwa yang jarang ditemui di kebun binatang, satwa yang berasal dari negeri yang jauh, sampai satwa yang sudah punah.

Beberapa koleksi yang berada di museum ini adalah 30.000 spesies mamalia, 140.000 spesies ikan, 30.000 spesies burung, dan lain sebagainya.

SHARE