Harga tanah terutama di perkotaan semakin melambung tinggi. Dapat memiliki rumah kecil sudah merupakan anugerah yang indah. Namun sayangnya rumah kecil memiliki keterbatasan untuk menyimpan barang-barang keluarga.

Sebagai contoh sayang untuk membuang mainan dan pakaian si kecil dengan harapan dapat digunakan adiknya kelak. Begitu juga dengan barang-barang yang akan mengingatkan momentum indah dalam keluarga pasti sayang untuk dibuang.

Sebenarnya akan lebih baik jika kamu benar-benar memilah mana barang yang masih akan disimpan dan mana barang yang sudah seharusnya dibuang. Terlalu banyak menyimpan barang-barang tidak terpakai juga tidak baik.

Namun, jika memang masih banyak barang yang sayang jika dibuang, tak ada salahnya kamu memodifikasi ruangan penyimpanan di dalam rumah. Modifikasi ruang penyimpanan diperlukan agar rumah tidak terkesan sumpek dan berantakan.

cdn.architecturendesign.net
architecturendesign.net

Modifikasi ini memerlukan sedikit sentuhan kreativitas sehingga terlihat unik dan rapi. Jadi kamu tak perlu lagi berpikir berat untuk membeli tanah yang lebih luas dan menghabiskan banyak biaya.

Beberapa tips dibawah ini dapat menginspirasimu untuk menciptakan tempat menyimpan yang kreatif.

1Bawah Kasur

architecturendesign.net

Sebenarnya ide menyimpan barang-barang dibawah kasur sudah ada sejak kita masih kecil. Sayangnya ide ini biasanya tidak dibarengi dengan sentuhan kreativitas. Alhasil ruang penyimpanan di bawah kasur malah menjadi sarang tikus dan serangga.

Modifikasi ruang sempit di bawah kasur dengan membuat semacam laci yang dilengkapi beberapa rak. Selain aman dari menjadi sarang tikus, pembuatan rak juga membuat barang-barang lebih rapi disimpan dan lebih mudah diambil.

2Bawah Tangga

architecturendesign.net

Tangga untuk akses ke ruangan atas dan ke bawah dari suatu rumah biasanya dibuat berbelok dan tidak lurus. Hal ini penting untuk menjaga keselamatan penghuni yang akan bolak-balik ke atas dan ke bawah.

Di bagian belokan tangga inilah terbentuk sebuah ruangan kecil. Kamu dapat memodifikasinya menjadi rak-rak untuk menyimpan barang-barangmu.

Jika kamu tidak mahir dalam memodifikasinya, mintalah tukang kayu untuk datang ke rumahmu dan mendesain ukuran serta bentuk rak yang cocok.

Jangan lupa lengkapi rak dengan pintu yang bisa dikunci sehingga kebersihan dan keamanan barang-barangmu akan lebih terjaga.

cdn.architecturendesign.net
architecturendesign.net

Jika kondisi bawah belokan tangga rumahmu tak cukup luas untuk dibuat ruangan, kamu dapat memodifikasinya menjadi ruang penyimpanan yang bisa di buka dan di tutup seperti gambar di atas.

Ruangan penyimpanan seperti ini harus benar-benar di desain tetap aman meskipun diinjak penghuni rumah setiap harinya.

3Samping Tangga

architecturendesign.net

Tembok di samping tangga jarang dimanfaatkan. Padahal kamu dapat memasang rak yang menempel di tembok. Warna dari rak juga dapat dipilih menyesuaikan dengan warna tembok rumah.

Namun hal yang perlu dipertimbangkan adalah jangan menyimpan barang-barang yang terlalu besar di rak ini sehingga dapat menghalangi akses ke atas dan ke bawah.

4Rak Bertingkat

architecturendesign.net

Sebuah rumah yang menghendaki luasnya bertambah biasanya dibuat dibuat bertingkat. Sama halnya dengan ruang penyimpanan yang tak memiliki luas yang cukup. Kamu dapat membuatnya bertingkat.

Susunlah barang-barang yang akan aku simpan di dalam rak bertingkat ini sesuai kebutuhan. Tempatkan barang-barang yang sering digunakan ditempat yang mudah di jangkau.

Kamu dapat menempatkan barang-barang yang jarang di pakai di bagian atas rak yang sedikit sulit untuk dijangkau.

Jagalah kondisi barang-barangmu agar tetap aman saat disimpan. Misalkan untuk barang yang jarang digunakan, disimpan dengan menutupinya dengan plastik.

Jangan sampai barang-barang tersebut penuh debu dan usang saat akan digunakan. Sesekali di saat liburan, bersihkan ruang penyimpanan agar barang-barang tetap aman dan tak banyak debu.

SHARE