Kalau kamu ingin punya tempat ponsel yang sesuai dengan seleramu, mulai dari warna, motif, ukuran, tidak perlu sulit mencari di mana tempat yang menjual barang tersebut. Buat saja sendiri.

Kamu bisa menggunakan kain flannel sebagai bahan untuk membuat wadah ponsel dengan model seperti yang kamu inginkan. Kain flannel cukup murah dan mudah diperoleh. Kamu bisa memilih akan menggunakan dakron sebagai isi kain flannel atau tidak.

Dakron berfungsi agar jika kreasimu sudah jadi, ia akan terasa empuk seperti bantal dan terasa lebih padat. Kamu bisa berkreasi membuat flat case flannel. Apa itu?

Flat case adalah kantung penyimpanan yang terbuat dari kain flanel. Awalnya, kain flanel memang lebih dikenal untuk membuat boneka, tapi lama-kelamaan banyak yang menjadikan kain ini sebagai bahan kreasi lain.

Flat case banyak digunakan untuk menyimpan alat tulis, kaca mata, ponsel, dompet, dan masih banyak lagi.

1Tempat Kacamata dan Pena

it.avatar-nusantara.com

Sambil melihat gambar, kamu bisa mulai belajar membuat kreasi ini. Sebelumnya, siapkan 2 kain flanel (masing-masing ukuran 9 x 6 cm dan 15 x 6 cm) dengan satu jenis warna. Potong ujung kain 15 x 6 menjadi setengah lingkaran.

Siapkan juga 2 kain flanel (9 x 6 cm dan 15 x 6 cm) untuk lapisan dalam, biasanya putih. Tak masalah jika kamu ingin warna lain, sesuai selera. Potong ujung kain 15 x 6 menjadi setengah lingkaran untuk ukuran satu tempat ponsel.

Untuk membentuk bonekanya, siapkan kain flanel berwarna cokelat muda, putih, dan merah muda. Kamu bisa memilih menambahkan ornamen lain seperti wortel atau manik-manik, jika tidak pun tidak apa-apa..

Jangan lupa siapkan bahan lain, yaitu 1 kancing (untuk 1 tempat ponsel), jarum jahit, benang jahit berwarna merah, gunting, spidol hitam. Nah, sekarang kita bisa mulai membuatnya.

Pertama, kamu harus membuat ornamen kecil bentuk hewan terlebih dahulu. Potong kain flannel membentuk karakter hewan yang kamu suka. Oh ya, agar mempermudah, sebelumnya kamu sudah harus membuat pola hewannya.

Gunakan spidol hitam untuk membuat mata. Ingat ya, bagian ornamen terletak di depan. Setelah ornamen selesai, satukanlah bagian depan dengan inner putih. begitu pula bagian belakang dengan inner putih. satukan semua bagian dengan jarum.

Jahitlah tepi-tepi kain secara perlahan agar hasilnya rapi. Pasanglah kancing pada bagian atas kain utama bagian depan. Lalu, ukurlah dan sesuaikan lebar dan besar lubang kancing pada bagian atas ujung pada kain penutup.

2Tempat Ponsel Model Kamera

it.avatar-nusantara.com

Untuk membuat tempat ponsel dengan model kamera ini kamu harus sangat berhati-hati dan sabar. Pasalnya, pembuatan yang satu ini memang cukup menguras konsentrasi, tenaga, dan kesabaran. Sebelum mulai menjahit, banyak detil kecil yang harus kamu siapkan.

Nah, sekarang sediakan 2 kain flanel berwarna abu-abu, ukuran 14 x 7. Ukuran case disesuaikan dengan ponselmu. Bentuk ujung kain flannel tidak lancip atau tumpul.

Sediakan juga 1 flanel putih, 1 flanel hitam, 1 kancing warna hitam, jarum jahit, benang jahit warna abu-abu, putih dan hitam. Jangan lupa siapkan gunting. Kamu bisa memilih menggunakan stick glue dan glue gun atau tidak.

Lihat gambar sebagai contoh ya. Cara membuatnya yaitu pada bagian pertama, kamu harus mengerjakan bagian depan dulu. Siapkan pernik-pernik untuk membuat tampilan kamera pada 1 lembar kain flanel.

Untuk menempelkan masing-masing pola flannel, kamu bisa menjahit sekeliling pernik atau menempelkannya dengan lem. Saat menggunakan lem berhati-hatilah karena lem cepat sekali kering dan dia bisa melebar ke luar saat kain ditempel.

Gunakan lem saja pada ujung kain pernik. Tak perlu sampai seluruh bagian. Setelah bagian depan sudah jadi, tempelkan bagian belakang dengan menggunakan jarum.

Ini akan membuat kain tidak bergeser saat kamu akan menjahit ujungnya. Gunakan benang warna abu-abu untuk menjahit ujung dari flat case kamu.

3Tempat Ponsel Abu-abu

blog.nekobiz.com

Siapkan 2 kain flanel warna abu-abu tua,ukuran 14 x 7 cm. Sama seperti sebelumnya, ukuran flannel disesuaikan dengan ukuran ponselmu. Bentuklah kain flanel menjadi berujung tumpul.

Lalu sediakan 1 kain flanel warna ungu ukuran 14 x 7 cm, jarum jahit, benang jahit warna abu-abu tua, mesin jahit, gunting, pola yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginanmu, cutter, dan pensil.

Cara membuatnya sama seperti pada pembuatan flat case sebelumnya, kamu harus mengerjakan bagian depan terlebih dahulu. Ambil 1 kain flanel warna abu-abu tua. Tempelkan pola pada kain, gambar pola dengan pensil.

Potonglah garis pola menggunakan cutter. Cutter-mu harus sangat tajam, agar bekas sayatan tidak meninggalkan serat-serat. Kalau memungkinkan gunakan juga alas kaca saat memotong.

Jika sudah, gabungkan bersama flanel warna ungu dan abu-abu tua untuk bagian belakang. satukan dengan jarum jahit agar tidak bergeser.

Terakhir, jahitlah bagian tepi-tepi kain menggunakan mesin jahit. Jika kamu tidak punya mesin jahit, bisa menggunakan jahitan tangan seperti pada contoh-contoh sebelumnya.

Ternyata, harga jual flat case ini di internet sekitar $17 – $20. Wah, jelas jauh lebih hemat kalau kamu membuatnya sendiri. Selain bisa disesuaikan dengan seleramu, kamu juga bisa sambil mengisi waktu luang sekaligus melatih kreativitas.

4Tempat Ponsel Lovely Red Heart

kecekece.com

Siapkan 2 kain flanel berwarna mocha, berukuran 14 x 7 cm. Ukuran dan warna flannel disesuaikan dengan ponselmu. Bentuklah kain flanel menjadi berujung tumpul. Sediakan gunting, jarum jahit, mesin jahit, benang jahit warna krem dan merah bisa disesuaikan, cutter, pola, dan pensil

Pertama, kamu bisa kerjakan dulu bagian depan. Ambil 1 lembar kain flanel mocha untuk bagian depan. Jika kamu memakai kertas pola, maka tempelkan pada kain dan gambar. Namun, kalau ingin langsung digambar tanpa pola juga bisa saja.

Potonglah mengikuti garis pola. Kamu bisa menggunakan cutter atau gunting. Pastikan juga, baik gunting maupun cutter harus sama-sama tajam ya. Agar hasilnya tidak berserat.

Jahitlah manual dengan menggunakan benang merah membentuk hati di sekeliling pola hati. Tempelkan bagian depan dengan flanel warna merah dan warna mocha lainnya untuk bagian belakang. Gunakan jarum jahit untuk menyatukan ketiga kain ini.

Jahitlah tepi-tepi kain menggunakan mesin jahit dengan rapi. Kamu bisa melakukannya dengan manual jika tidak punya mesin jahit.

5Tempat Ponsel Baby Owl

timilove.com

Siapkan beberapa lembar kain flanel dengan warna sesuai seleramu. Siapkan juga benang jahit, gunting, jarum jahit, mesin jahit, spidol hitam.

Cara membuatnya yang pertama yaitu potong 2 kain flanel untuk bagian depan dan belakang case kamu. Ukurannya 14 x 7 cm. Ukuran kain flannel bisa disesuaikan dengan ukuran ponselmu. Potong tumpul ujung-ujung kain. Sisihkan dulu.

Kamu harus membuat pernik-perniknya dulu sebelum diaplikasikan. Untuk mata, buatlah 2 lingkaran diameter 2,5 – 3 cm yang disesuaikan dengan lebar case, dengan flanel warna putih.

Buatlah 2 lingkaran diameter 2 – 2,5 cm (sesuaikan dengan lebar lingkaran putih) dengan flanel hitam. Buatlah 2 lingkaran diameter 0,5 – 1 cm dengan flanel putih.

Untuk membuat sayap, gunakan sisa kain flanel. Potonglah dengan pola seperti pada gambar atau bisa sesukamu.

Untuk membuat hidung, potong kecil flanel kuning untuk membentuk hidung seperti gambar. Kamu bisa menggunakan spidol untuk membuat hidung, jika tidak menggunakan kain. Lalu pasanglah bagian hidung dan dada. Rekatkan dengan jahitan manual.

Pasang sayap pada kedua sisi case, lalu rekatkan dengan jahitan manual (jahitan tangan). Kamu juga bisa menjahit sisi case dengan mesin jahit jika ingin praktis dan cepat selesai.

flickr.com
flickr.com

Jika ingin membuat case dengan kesan tradisional atau khas Indonesia, kamu bisa mencoba menggunakan kain batik.

Selamat mencoba