Kalau kamu suka dengan hal-hal yang serba minimalis, mungkin kamu akan tertarik membuat kamar tidur yang minimalis. Terutama jika memang ruangan tidur yang kamu miliki berukuran tidak besar.

Mendesain kamar tidur beruangan kecil memang susah-susah gampang. Tidak hanya urusan menghemat biaya dekorasi tetapi juga harus yang menghasilkan keseimbangan dan keindahan. Hal tersebut tentu membutuhkan perencanaan yang matang.

Nah untuk membantu kamu mendesain kamar tidur minimalis, berikut adalah bocoran tips dan trik yang harus kamu tahu.

1Memilih Wallpaper Kamar

www.rumahidealis.co

Untuk mendekorasi kamar dengan ukuran kecil kamu bisa memilih wallpaper dengan corak sederhana dan warna yang tidak terlalu mencolok. Karena ini akan membuat suasanya tenang dalam kamar dan sejuk.

Wallpaper ternyata juga jauh lebih murah dari pada cat tembok. Kamu tidak perlu repot berlumuran cat untuk memberikan warna baru pada kamarmu.

Tetapi jika kamu penyuka keramaian kamu boleh saja memilih warna dan corak wallpaper yang sesuai dengan keinginanmu. Yang terpenting adalah kamu menyukainya. Sudah itu saja. Hehe.

2Mengatur Pencahayaan Kamar

www.seekmi.com

Pencahayaan yang baik adalah salah satu hal penting dalam mendesain kamar. Karena cahaya adalah hal pokok yang diperlukan dalam setiap kamar. Tidak hanya cahaya dari lampu namun cahaya matahari juga sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan udara dalam kamar.

3Memiih Meja Belajar dan Rak Buku

www.rumahminimalis36.com

Ada baiknya jika kamu ingin meletakkan meja belajar atau meja kerja dalam kamarmu, pilihlah meja yang langsung memiliki rak untuk menyimpan buku. Karena rak dan meja jenis ini tidak memakan banyak tempat.

Kemudian kamu bisa belajar dengan nyaman dan tidak perlu jauh berpindah posisi untuk meraih buku-bukumu karena mereka berada diposisi yang dekat denganmu.

Bagaimana? Menarik bukan?

4Memanfaatkan Dinding Kamar

www.ideaonline.co.id

Jika kamu tidak menemukan meja belajar yang langsung dilengkapi dengan rak buku, kamu bisa memanfaatkan dinding kamar menjadi rak-rak buku sederhana yang mempesona.

Penggunaan rak yang bisa juga ditempel di dinding atau biasa dikenal dengan floating shelf akan dapat membantu kamu menyimpan buku-buku, make up, atau bahkan aksesoris lainnya seperti bingkai foto dan kenang-kenangan dari teman.

Pembuatan floating shelf tidak perlu membutuhkan biaya yang besa. Kamu juga bisa membuatnya dengan menggunakan papan tebal maupun disertai dengan penyangga agar papan tidak mudah jatuh.

5Memanfaatkan Sudut Ruangan

archive.kaskus.co.id

Nah, biasanya kamu akan mengabaikan lokasi terpencil yang satu ini. Sudut ruangan memang biasanya jarang tersentuh olehmu, karena itu kamu bisa memanfaatkan lokasi kecil ini untuk meletakkan kotak sampah atau bola basket.

Kamu juga bisa mengisinya dengan meja kecil untuk meletakkan tas, laptop, atau barang-barang minimalis lainnya.

6Menggunakan Kasur atau Ranjang yang Minimalis

desainrumah.me

Ini bisa menjadi pilihan untuk kamu, dengan syarat kamu adalah jomblo. Kan ngga mungkin kalau kamu sudah menikah menggunakan kasur minimalis yang hanya bermuatan satu orang. Hehehe. Kasur atau springbed dengan ukuran mini ini tidak memakan banyak tempat.

Sehingga sangat cocok digunakan dikamar yang berukuran kecil.

7Memilih Tirai Jendela

desaininteriorkamartidur.blogspot.com

Kamu tentu sangat senang jika kamar tidurmu dilengkapi dengan jendela. Selain menjadi pencahayaan dari sinar matahari jendela biasanya juga menjadi tempat mencari inspirasi. Hehe.

Nah, untuk itu kamu harus memilih tirai jendela yang sesuai dengan seleramu. Tentu harus senada dengan warna wallpaper yang sudah kamu pilih. Agar kamarmu tidak terlihat seperti jemuran. Wkwkw.

8Memindahkan Barang yang Tidak Diperlukan

www.testingindonesia.com

Barang-barang yang sekiranya tidak diperlukan dalam kamar tidurmu bisa kamu pindahkan ke gudang atau ke tempat lain. Karena barang-barang tersebut hanya akan membuta kamarmu menjadi lebih sempit dan berantakan.

Nah, itulah tadi beberapa trik membuat kamar tidur minimalis yang nyaman dan menarik. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here