Salah satu daerah yang punya potensi wisata menarik, indah, dan sejuk adalah Bandung. Banyak wisatawan domestik yang memilih kota tersebut sebagai tujuan berlibur. Meski sudah berkali-kali berkunjung ke kota Bandung, selalu saja ada alasan untuk kembali.

Kalau kamu sudah punya rencana berlibur bersama keluarga maupun teman-teman, tapi masih belum menentukan lokasi tujuan, maka kota ini bisa jadi salah stau pilihan tepat untuk menyegarkan badan dan pikiran.

Nah, tempat-tempat apa saja di Bandung yang tak hanya menarik tapi juga eksotis dan saying untuk dilewatkan?

1Tebing Keraton

travel.grivy.com

Berada di kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Tebing Keraton berlokasi di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung, Jawa Barat.

Jika selama ini saat berada di Bandung, kamu bisa melihat pemandangan rumah-rumah dan lampu-lampu kota, saat berada di Tebing Keraton, kamu bisa menikmati pemandangan hutan yang rimbun, hijau, dan asri.

Untuk bisa tiba ke sana, kamu hanya perlu pergi ke kawasan Dago Pakar. Saat berada di kawasan Tebing Keraton, untuk bisa sampai ke puncaknya, kamu bisa memilih naik ojek, menyewa motor, atau berjalan kaki.

2Lembang Floating Market

tempatwisatadibandung.info

Floating Market atau pasar terapung ialah sebuah pasar yang proses transaksinya berada diatas perahu artinya si pedangang menjajakan barang dagangannya diatas perahu.

Objek wisata Floating Market identik dengan Bangkok, tapi di Indonesia banyak sekali di Kalimantan. Khusus Floating Market Lembang dibuka sejak tahun 2012 dan langsung menjadi magnet bagi wisatawan.

3Hutan Cikole

piknikasik.com

Kawasan Wisata outbond di Cikole Lembang, Bandung merupakan lokasi yang sesuai untuk kegiatan gathering, outing, atau sekadar berkemah bersama keluarga.

Hutan Wisata di tengah hutan pinus dan hutan damar di ketinggian 1500 d.p.l di daerah Tangkuban Perahu ini menawarkan suatu konsep baru berwisata di alam terbuka – wisata outbound di Cikole Lembang Bandung.

4Kebun Teh Malabar

m.keepo.me

Perkebunan Teh Malabar dibangun pada tahun 1890 di ketinggian 1550 m di atas permukaan laut. Lokasinya berada 45 kmdi selatan Bandung dengan hawa sedang 16 sampai 26oC.

Perkebunan ini diberkahi dengan pemandangan yang indah dari hamparan pegunungan yang diliputi oleh tanaman teh yang menghijau.

Teh dari perkebunan ini sudah lama dikenal orang di dunia. Selain pabrik teh, wisatawan juga dapat menyaksikan peninggalan sejarah kebun Malabar berupa rumah dan makam pendiri kebun ini, yaitu K.A.R Boscha.

5Stone Garden, Giri Mulya

travel.grivy.com

Tebing Keraton kini menjadi primadona wisata di Bandung. Bagi pecinta fotografi mungkin tempat ini akan menjadi tujuan destinasi utama untuk ber-geowisata atau wisata bumi.

Seperti namanya, stone garden. Taman ini tidak dipenuhi bunga-bunga yang indah seperti mawar, tulip, bunga matahari atau bunga-bunga indah lainnya.

Hamparan tanah itu diisi oleh formasi batuan tak beraturan yang indah dan membentuk taman alam yang sangat mempesona.

6Goa Pawon

dyahpamelablog.wordpress.com

Goa Pawon merupakan salah satu situs purbakala yang memiliki arti penting bagi orang sunda karena di goa ini ditemukan kerangka manusia purba yang konon merupakan nenek moyang orang sunda.

Namun sayang, popularitas Goa Pawon kalah oleh objek-objek wisata lainnya semisal Tangkuban Perahu, Kawah Putih, ataupun Situ Cibutur yang lokasinya padahal berada di dekatnya.

7De Ranch

sebandung.com

De Ranch adalah salah satu tempat wisata alam di Bandung. Dikemas dengan konsep ala “koboi” lengkap dengan wisata berkudanya.

Di tempat ini, banyak sekali permainan outbound untuk anak-anak maupun untuk dewasa. Selain itu, kita juga bisa melihat sapi-sapi yang siap diperah susunya.

Untuk anak-anak disediakan paket khusus belajar berternak kuda dan sapi, dan bagaimana cara memerah susu sapi.

8Curug Citambur

infojalanjalan.com

Curug Citambur tepatnya berada di Desa Karang Raya, Kecamatan Pagelaran, Kab Cianjur. Curug Citambur memiliki ketinggian sekitar 100 meter, dan juga di bawah Curug Citambur masih ada undakan alias curug lagi sekitar 10 meter, Berada di ketinggian sekitar 900M dpl.

Terletak di antara perbatasan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Cianjur, tepatnya di desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, kamu harus menempuh jarak sekitar 80 km dari kota Bandung atau sekitar 40 km dari Ciwidey.

9Trans Studio

travelcak.com

Trans Studio Bandung merupakan wahana wisata di dalam ruangan yang terbesar di Indonesia, termasuk terbesar di dunia.

Di dalam Trans Studio Bandung tersedia 20 wahana permainan serta beraneka ragam bentuk hiburan yang berada di dalam 3 kawasan besar dengan memiliki tema yang unik dan berbeda.

10Kawah Putih

anekatempatwisata.com

Kawah putih Ciwidey Bandung merupakan sebuah tempat wisata di jawa barat ( Bandung ) yang terletak di kawasan Ciwidey yang menjadi salah satu tempat favorit bagi para turis yang bertujuan berwisata di bandung.

Kawah putih merupakan sebuah danau kawah yang berasal dari hasil letusan gunung Patuha yang terjadi pada abad 10 – 12 atau sekitar tahun 1000 – 1200 Masehi. Kawah putih berada di ketinggian sekitar 2.434 di atas permukaan laut.