Dieng memang menyimpan sejuta keindahan alam. Dataran tinggi yang terletak di Jawa Tengah ini sejatinya merupakan gunung api raksasa yang memiliki beberapa kepundan kawah.

Sebagaimana Yellowstone, Dieng termasuk kawasan vulkanik aktif. Hebatnya, Dieng adalah dataran tinggi terluas kedua setelah dataran tinggi Nepal. Luar biasa bukan?

Dataran Tinggi Dieng berada di ketinggian 200 mdpl serta masuk dalam kompleks Gunung Sumbing dan Sindoro. Kecantikan alam Dieng sungguh menakjubkan. Beragam wisata disajikan, mulai dari wisata alam hingga budaya.

Menurut kepercayaan orang Jawa, Dieng merupakan gunung tempat persemayaman para dewa dewi. Itulah sebabnya, Dieng harus dijaga dari kerusakan karena ulah manusia.

Kalau kamu berkunjung ke Dieng, wajib mengunjungi tempat-tempat terindah ini. Apa saja tempat tersebut? Yuk, simak bersama!

1Bukit Sikunir

aliyustraveller.blogspot.com

Ingin melihat Golden Sunrise paling sempurna? Bukit Sikunir adalah destinasi paling tepat untuk kamu kunjungi. Bukit Sikunir terletak di Desa Sembungan, yakni desa tertinggi di Pulau Jawa. Wow! Fantastis bukan?

Belum banyak wisatawan yang mengetahui keindahan menakjubkan dari terbitnya matahari di Bukit Sikunir. Padahal, bukit tersebut menyimpan lanskap alam yang ajaib dan menjanjikan ketenangan jiwa.

Cobalah berkunjung ke sana saat Bulan Juli dan Agustus, tepat pada musim kemarau. Saat itu kamu akan menikmati sunrise terindah tiada duanya. Datanglah tatkala dini hari, sebelum ayam berkokok dan fajar menyingsing.

Agar tidak ketinggalan, kamu bisa menginap di hotel atau penginapan yang disediakan di Bukit Sikunir. Rugi lho, kalau kamu sampai tidak sempat melihat kecantikan ajaib dari Golden Sunrise.

2Kawah Sikidang

aralove1dlwwy.blogspot.com

Dataran Tinggi Dieng memiliki banyak kawah aktif. Salah satunya adalah Kawah Sikidang. Luasan kawah sekitar 200 m2. Kawah ini banyak dikunjungi wisatawan karena pemandangannya yang eksotis.

Jika ingin melihat kawah dari dekat, kamu bisa berpijak di tanah datar di bibir kawah. Di sana kamu akan melihat gumpalan asap keluar dari kawah.

Kawang Sikidang mengandung belerang yang tinggi sehingga kamu harus berhati-hati ketika berada di pinggirannya.

youtube.com
youtube.com

Tapi, jangan khawatir karena pemerintah setempat telah membuat pembatas kayu agar pengunjung tidak terlalu berdekatan dengan kawah.

3Telaga Warna

pesonawarnaindonesia.blogspot.com

Telaga warna merupakan obyek wisata di kawasan Dieng yang sangat unik. Telaga ini berbeda dari telaga kebanyakan yang warna airnya hanya satu. Kalau telaga warna, warna airnya bisa berubah-ubah.

Terkadang warnanya merah, hijau, biru, putih, dan lembayung. Berdasarkan mitos, telaga warna ini dijadikan tempat pemandian bidadari bernama Dewi Nawang Wulan.

Selain itu, telaga warna sering digunakan menjadi tempat pencarian jati diri manusia, sehingga terdiri dari lima warna.

Dalam istilah Jawa, warna tersebut adalah lima unsur manusia yang diberi nama Sadulur Papat Kalima Pancer. Tapi, sebenarnya, perubahan warna di telaga warna disebabkan oleh kandungan sulfur yang tinggi di dalamnya.

Saat sinar matahari memancar dan mengenai telaga maka akan memantulkan warna lain yang berbeda-beda.

Penasaran dengan telaga warna? Ayo, kunjungi Dieng segera!

4Puncak Gunung Prau

mangacew.com

Bagi pecinta alam, mendaki Gunung Prau saat pergi ke Dieng adalah sebuah tantangan menarik. Jika dilihat dari kejauhan, Gunung Prau ini sudah terlihat sangat menawan.

Meskipun gunung ini tidak terlalu popular, namun Gunung Prau memiliki lanskap alam yang indah.

betazuchdi.wordpress.com
betazuchdi.wordpress.com

Keunikan Gunung Prau karena adanya spot pendakian yang dinamakan bukit teletubbies. Bukit ini mirip sekali dengan bukit yang ada di film teletubbies.

SHARE